Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Indonesia Potensi Kena Batu jika Hacker Lokal Serang Rusia

Indonesia Potensi Kena Batu jika Hacker Lokal Serang Rusia
Menurut Pratama, serangan siber dari Rusia ke Indonesia bisa merusak infrastruktur digital di Indonesia.

"Ini bisa memancing berbagai pihak juga untuk ikut menyerang infrastruktur di tanah air," ujar Pratama kepada CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut Pratama menilai pemerintah Indonesia perlu melakukan pendekatan kepada kelompok peretas dalam negeri, agar tidak ikut campur dalam proxy perang siber tersebut.

Dia juga mengingatkan pemerintah Indonesia melalui Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengantisipasinya dalam situasi apapun termasuk menjaga sistem keamanan siber di Indonesia.

"Indonesia harus mendahulukan national interestnya jangan sampai terjebak dukung mendukung, yang pada akhirnya juga akan merugikan kita sendiri," katanya.

Dia mengatakan berbagai peretasan ke Rusia oleh sejumlah hacker sebagai wujud simpatik kepada Ukraina. Di satu ini aktivitas itu membahayakan sebuah sistem negara asal mereka.

"Karena serangan siber bisa dengan mudah dilakukan pengingkaran oleh entitas negara," tandasnya.

Sebelumnya mendapatkan banjir trefik 'bodong' pada sejumlah situs, sehingga tak bisa diakses. Serangan itu imbas perlawanan dari jagat maya menggunakan teknik Distributed Denial of Service (DDoS).

Downdetector melaporkan banyak situs web di Rusia telah terganggu dan tidak bisa diakses. Kantor berita Rusia, Russia Today mengkonfirmasi situs serta situs Kremlin telah offline.

Kelompok itu menargetkan kantor berita Rusia, media swasta lokal, sistem pemerintahan, lembaga keuangan dan fasilitas penting lain. Serangan siber itu datang dari kelompok hacker anonymous yang terus merusak sistem komputer di Rusia.

Tetapi peretas mengklaim tak akan mengganggu fasilitas yang berhubungan langsung dengan warga Rusia, seperti pembangkit tenaga listrik. Perang siber ini diharapkan bisa melemahkan Rusia di dunia maya.

Terpisah, geng peretas ransomware Conti asal Rusia mengumumkan telah sepenuhnya mendukung pemerintah Rusia. Kelompok peretas itu juga menyebut akan balas dendam pada siapapun yang akan melakukan serangan siber ke Rusia.

"Tim Conti secara resmi mengumumkan dukungan penuh kepada pemerintah Rusia. Jika ada yang memutuskan untuk mengatur serangan siber atau aktivitas serangan apapun terhadap Rusia, kami akan menggunakan semua sumber daya kami untuk menyerang kembali infrastruktur penting musuh," ujar Conti menurut laporan Dark Tracer.

(can/mik)

Baca artikel CNN Indonesia "" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknolo...-serang-rusia.

Nanti kalau ikut-ikutan Anounmonyus Indonesia bisa kena padahal Indonesia nggak memihak blok barat dan Ukrina ataupun Rusia..
prabas
scorpiolama
pakisal212
pakisal212 dan 9 lainnya memberi reputasi
8
2.1K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.