dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
MbS Nilai Israel Sekutu Saudi, Isyaratkan Niat Normalisasi Hubungan
MbS Nilai Israel Sekutu Saudi, Isyaratkan Niat Normalisasi Hubungan
CNN Indonesia
Jumat, 04 Mar 2022 04:56 WIB


Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS) menilai Israel sebagai sekutu potensial Arab Saudi dan menganggap Tel Aviv bukan musuh. Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS) menilai Israel sebagai sekutu potensial Arab Saudi dan menganggap Tel Aviv bukan musuh. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)

Jakarta, CNN Indonesia -- Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS) menyebut Israel memiliki potensi menjadi sekutu Arab Saudi.

Padahal, selama ini Saudi tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel sebagai bentuk solidaritas penentangan atas pendudukan negara Zionis tersebut terhadap bangsa Palestina.

"Bagi kami, kami berharap konflik Israel-Palestina dapat terselesaikan," kata MbS dalam wawancaranya dengan The Atlantic seperti dikutip AFP pada Jumat (4/3).

"Kami tidak melihat Israel sebagai musuh, kami melihat mereka sebagai sekutu potensial dengan banyak kepentingan yang dapat kami kejar bersama. Tetapi, kami harus menyelesaikan beberapa masalah sebelum mencapai itu," paparnya menambahkan.

Arab Saudi berulang kali menegaskan akan tetap berpegang teguh pada posisi Liga Arab untuk tak menjalin hubungan resmi dengan Israel sampai konflik dengan Palestina selesai.

Tak seperti sang ayah, Raja Salman, MbS memiliki pandangan yang lebih terbuka dan moderat termasuk soal hubungan Saudi dengan Israel.

Dalam beberapa tahun terakhir, rumor kedekatan Saudi dan Israel pun terus menguat. Pejabat tinggi Saudi beberapa kali disebut menggelar pertemuan dengan pejabat Israel guna menjajaki potensi normalisasi.

Pada 2020, dua negara Teluk sekutu Saudi, Bahrain dan Uni Emirat Arab telah lebih dulu menjalin normalisasi hubungan dengan Israel di bawah kesepakatan Abraham yang ditengahi Amerika Serikat.

Hal itu membuat marah Palestina yang menganggap Bahrain dan UEA telah menikam dari belakang.

Baca artikel CNN Indonesia "MbS Nilai Israel Sekutu Saudi, Isyaratkan Niat Normalisasi Hubungan" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/interna...isasi-hubungan.


0
489
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.