Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maizsaAvatar border
TS
maizsa
Apakah Tetap Bertahan Diperusahaan Yang Ada Unsur Ribanya Atau Resign?
Hallo gan

Saya lagi bingung, sebelumnya perkenalkan gan saya FG baru lulus wisuda desember 2021 kemaren dan langsung dapet kerjaan januari.
Ane termasuk yang lulusan paling cepet dapet kerja karena ane sering nongki dikaskus banyak ngeliat curhatan orang/postingan soal pengangguran jadi pas ane masih semester 3 itu ane udah belajar buat antisipasi pas ane lulus biar cepet dapet kerja kisi-kisinya apa.

Ane orangnya walopun gak alim/taat tapi ane selalu berdoa gan biar nanti dapet kerjaan yang ringan tapi gajinya besar walopun pulang malam gapapa. Karena ane punya tanggungan orang tua yang harus ane hidupi juga.

Selepas ane lulus sidang dan dapat SKL itu ane langsung apply sehari puluhan perusahaan dan ane udah lebih dari 20 kali dapet panggilan dan tes kerja sampe ane ngerasa biasa aja kalo dapet panggilan kerja (kalo yang lain dapet panggilan pasti udah seneng banget) bahkan ane jadikan perusahaan kecil yang manggil ane itu sebagai bahan belajar interview sampe-sampe pas ane dinyatakan lolos dan lanjut ke sesi tes berikutnya ya ane bilang ke hrd gak bisa hadir krn udah ke terima kerja duluan dan akhirnya di blok. Sampe ane kerja pun masih ada aja hrd yang suka manggil ane gan.

Sebelumnya ane ngeliat temen ane yang udah lulus duluan itu rata2 bahkan hampir semua itu mereka digaji umr doang walopun sebelumnya mereka anak orang punya dan hape apel tapi pas kerja diperusahaan cuma dihargai umr saja dan kebanyakan temen ane ini kerjanya diperusahaan start up toko ijo, oren, kartu, wifi dll lah. Nah, ane juga banyak dapat tawaran panggilan sampe ke tahap gaji cuma ditawarin umr bahkan thp nya jauh dibawah umr which is jangankan ngirim ke ortu, nabung aja gak bakalan bisa gimana masa depan ane. Rata2 perusahaan yang ngegaji umr itu perusahaan indo bahkan sekelas bumn anak telkom saja ane ditawari umr gan.

Lalu, datanglah panggilan tes dari Perusahaan Asing yang berasal dari Jepang ini gan. Tau lah ya perusahaan jepang itu anti banget nge gaji karyawannya umr, pasti pada sejahtera semua kalo soal gaji mana kerjaannya nyantai dan kesejahteraannya terjamin. Nah, ane kerja diperusahaan jepang yang mobil gan dan pt ini memperbolehkan orang yang mau membeli mobil dengan cara kredit dan bahkan hampir semuanya kredit which is pasti ada unsur riba nya. Walopun di option pembelian itu ada metode syariahnya tapi tetep aja itu riba terselubung gan dan gak cuma perusahaan jepang aja melainkan sekelas perusahaan syariah seperti BMT saja ada unsur riba yang cuma diganti nama jadi margin.

Ane pikir bakal sulit nyari perusahaan yang bener2 gak ada pake unsur riba nya gan kecuali perusahaan lokal start up kek toko ijo/oren tp gaji nya kecil. Masih mending kalo gaji kecil tapi ini pressure dan kesejahteraannya kurang banget makanya banyak yang resign.

Ane berdoa sama Allah selepas lulus semoga cepet dapet kerjaan yang gajinya besar tapi ringan kerjaannya walopun pulang malam gak masalah dan kenapa dari sekian banyaknya perusahaan yang manggil ane itu di ijabahnya yang proses rekrutmen nya paling cepat cuma perusahaan jepang ini. Ane udah kenyang di php in sama hrd juga gan sebelumnya.

Walopun ane kerja diperusahaan yang gak bener2 ngandelin riba kek bank2 gitu tetep aja namanya kredit ada riba nya. Miris rasanya dengan perusahaan lokal ini yang ngegaji sarjana dibawah umr, ane gak tau lagi bisa sejahtera sama perusahaan mana selain jepang gan. Ane gak mau join ke bank juga.

Ane mikirin dosa riba nya ini. Ane berpikir apakah Allah akan "memaklum"kan ane?
Jangankan mobil gan, kerja diperusahana hape, kulkas dll saja udah pada kredit income pemasukan paling besarnya.

Dan ane sangat bahagia dikerjaan ane karena lingkungan temannya bener2 family dan asyik saling bantu gak ada yang namanya ngejilat, nusuk dari belakang ballalaa. Sebelumnya ane pernah kerja juga waktu kuliah diperusahaan garmen dan jauh banget kesejahteraannya gan.

Ane bingung sekaligus sedih.
Apakah ane harus resign dan cari yang bener2 syariah walopun dibawah umr?
vkry.fikri
septemberismine
septemberismine dan vkry.fikri memberi reputasi
0
1.6K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.