Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anus.baswedanAvatar border
TS
anus.baswedan
Gila! KPU Ajukan Anggaran Biaya Pemilu Rp119 Triliun
Gila! KPU Ajukan Anggaran Biaya Pemilu Rp119 Triliun

Jakarta – Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra yang sebentar lagi akan mengakhiri jabatannya, mengajukan anggaran biaya Pemilu 2024 Rp119 triliun. Anggaran itu terdiri dari Rp86,3 triliun untuk pemilu dan Rp22,8 triliun untuk pilkada.

“Kami sampaikan anggaran ini masih bisa kami bicarakan dan rasionalisasikan. Tapi KPU berkomitmen mengembangkan sarana dan prasarana KPU di kabupaten, kota, provinsi,” ujar Ilham, Senin, (14/2).

Selain membangun infrastruktur, Ilham mengatakan pihaknya juga sedang mengajukan kenaikan honor untuk para petugas Pemilu 2024. “Tadi Pak Sekjen baru saja berkoordinasi dengan Badan Anggaran di DPR (soal kenaikan upah petugas). Semoga yang kami upayakan, semoga bisa segera diputuskan,” kata Ilham.

Sementara salah satu infrastruktur yang ingin dibangun KPU adalah penghitungan rekapitulasi suara berbasis digital. Ilham mengatakan teknologi tersebut sangat berkaitan dengan kondisi sinyal di lokasi penghitungan, sehingga membutuhkan infrastruktur yang memadai.

“Kami bukan bicara e-voting, tapi ini soal rekap bisa diakses seluruh petugas di lapangan. Pada Pemilu 2020 kemarin di level KPPS menjadi lebih ringan karena hanya tinggal scan dan tidak perlu menulis formulir untuk dibagikan ke saksi di TPS,” kata Ilham.

Ihwal anggaran Rp86 triliun untuk Pemilu 2024 itu sebelumnya pernah mendapat tanggapan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Ia mengatakan usulan anggaran tersebut terlalu besar jika dibandingkan dengan anggaran pemilihan umum di tahun-tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, anggaran Pemilu 2019 adalah Rp 25,59 triliun; sementara anggaran Pemilu 2014 adalah Rp 15,62 triliun.

Namun, dia melanjutkan, pemerintah masih memiliki tugas penting untuk memulihkan perekonomian nasional yang sempat minus. “Ini yang mungkin berbeda dengan pemilu tahun sebelumnya, sehingga efisiensi dalam penganggaran pemilu betul-betul kami pertimbangkan,” ujar Tito Karnavian.

https://forumterkininews.id/gila-kpu...rp119-triliun/
gmc.yukon
petani.syusyu
indrastrid
indrastrid dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
75
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.