Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • 10 Keunggulan BMW M1000RR yang Luncur di Indonesia, Superbike Seharga Rp 1,6 Miliar

juraganmixmogeAvatar border
TS
juraganmixmoge
10 Keunggulan BMW M1000RR yang Luncur di Indonesia, Superbike Seharga Rp 1,6 Miliar



BMW menjulukinya “superbike of superlatives”. Dia adalah BMW M1000RR yang sedari tahun-tahun lalu sudah dibahas dan kini masuk Indonesia lewat BMW Motorrad Indonesia (PT. Maxindo Moto Nusantara).

Sebagai sebuah BMW 1000RR, embel-embel M memang membuatnya naik di segala segi–karena dikembangkan dari ajang WSBK.Motor yang sekalinya masuk ke dalam negeri sudah dibeli orang ini dibanderol Rp 1,6 miliar.

Ada harga ada rupa, dan mari kita simak apa saja yang berubah di dalamnya. Kira-kira, total ada 10 hal baru yang pantas disimak.

MESIN BARU
Mesin empat silinder yang baru ini berdaya 207 HP pada putaran maks 13.500 rpm. Menurut mereka, kurva torsi juga dioptimalkan. Untuk bisa menghasilkan daya besar ini, BMW mengubahnya di sana-sini. Baca selanjutnya di bawah yah. Yang jelas, mesinnya ini sekarang 4 kg lebih ringan dibanding sebelumnya, juga lebih ramping.


BMW SHIFTCAM BARU
Namanya BMW ShiftCam dan ini merupakan sistem pengaturan bukaan katup dan ketinggian cam. Dengan ubahan baru, efeknya ada pada kebutuhan waktu pembukaan katup dan pengangkatan cam yang bahkan mereka janjikan berefek juga dalam rentang putaran mesin rendah dan menengah.




TIMING BARU, KATUP INTAKE TITANIUM
Selain perubahan desain, BMW juga melakukan banyak penyesuaian komponen untuk lebih mengoptimalkan bobot dan ruang. Ini termasuk konsep timing baru, katup intake titanium yang dibor berlubang dan kopling basah multi-cakram anti-hopping yang ditingkatkan dan diperkuat.


ABS & ABS PRO
Mereka menghadirkan sistem pantang mengunci roda ini dengan menyesuaikan pada riding mode. Sebab pilihan riding mode atau mode berkendaranya sendiri bermacam-macam. Ada RAIN, ROAD, DYNAMIC, RACE or RACE Pro-1 sampai 3. Jadi fungsi ABS-nya pun membuat pengedara lebih pede saat henti laju, di manapun mode riding yang dipilih.



SWITCH ASSISTANT PRO, PINDAH GIGIT TANPA KOPLING
Motor-motor BMW modern mengadopsi teknologi ini. Mereka bahkan menjanjikan bahwa rider bisa berpindah persneling dalam milidetik dengan stabilitas dan kinerja maksimum, baik di jalan atau di sirkuit. Mereka menggandengkannya dengan fungsi blipper dan penunggang berpindah gigi tanpa menekan kopling. Tujuannya supaya rider bisa berkonsentrasi penuh di jalan.


DYNAMIC DAMPING CONTROL (DDC) NEXT-GEN, PEMBARUAN DI SUSPENSI
Mereka mengembangkan Dynamic Damping Control (DDC). Kerja katup elektronik pada suspensinya kini sejajar dengan katup mekanis. Jika perlu,redaman dikurangi atau ditingkatkan dalam 10 milidetik melalui jalur bypass ini. Apakah itu di jalan raya atau sirkuit, penggunanya dijanjikan selalu dapat mengandalkan redaman yang sempurna. Lalu, pegas suspensi juga bisa disetel secara manual.




LENGAN AYUN ALUMINIUM “WSBK”
Lengan ayun aluminium WSBK menawarkan distribusi tenaga yang lebih baik dan reaksi yang lebih sedikit dari sasis saat berakselerasi seperti di ajang balap. Efeknya antara lain juga adalah menghemat ban. Di sini, posisi peredam kejutnya sekarang lebih jauh dari mesin dan sehingga mengurangi paparan panas. Selain itu, piston peredam yang lebih besar dipasang di sana demi menghasilkan tingkat redaman yang konstan di semua situasi berkendara.


ERGONOMIS
Bobot motor kini menjadi 197 kg yang artinya lebih ringan seiring ergonomi yang disempurnakan. Rangka, tangki, jok, buritan, dan pijakan kaki semuanya telah dimodifikasi untuk lebih mendukung kebebasan bergerak, dan membuat ridernya lebih banyak merasakan respons yang pas dan mendukung penutupan lutut yang lebih baik.


MODE BERKENDARA
Secara mendasar, ada empat mode berkendara, yakni RAIN, ROAD, DYNAMIC, dan RACE. Berkendara seperti sunmori di jalan raya, atau tiba-tiba musim hujan, kondisi yang lebih dinamis, bahkan saat dibawa ke sirkuit tentu masing-masing membutuhkan kemahiran pegendaranya. Namun, di kelas superbike ini, semua itu sudah siap pilih, plus satu paket khusus kebutuhan sirkuit dengan mode RACE Pro 1, RACE Pro 2, dan RACE Pro 3 yang masing-masing dapat disesuaikan secara individual ke engine (throttle), engine brake, traction control (DTC), wheelie-control (DTC), ABS dan ABS Pro yang tujuannya untuk mencapai performa terbaik di sirkuit.


DUDUKAN PLAT DAN SPION MUDAH DIBONGKAR
Ini simpel tetapi penting buat yang ingin main di sirkuit. Dengannya, rider dengan lebih cepat bisa mengubah motornya ini dari tunggangan untuk menjelajah ke mesin balap. Sebab, lampu belakang sudah terintegrasi ke dalam lampu sein LED, dan lampu plat nomor keduanya terpasang pada unit dudukan plat nomor.





Klik
INTERKOM SPEAKER TELEPON HELM COCOK UNTUK OJOL



jlamp
jlamp memberi reputasi
1
506
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.