Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tradarius1Avatar border
TS
tradarius1
Gawat! Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Bikin Harga BBM-Pangan Meroket
Gawat! Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Bikin Harga BBM-Pangan Meroket

Gawat! Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Bikin Harga BBM-Pangan Meroket


Jakarta - Keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menginvasi Ukraina disebut dapat mendorong harga bahan bakar minyak (BBM) hingga pangan melonjak. Sebab pasokan minyak, pangan, dan beberapa produk pertanian akan terganggu.

"Inflasi kemungkinan akan mencapai puncaknya pada tingkat yang lebih tinggi yang kami bayangkan beberapa hari lalu," kata Direktur Penelitian Makro Global di Oxford Economics, Ben May, dilansir dari CNN, Jumat (25/4/2022).

Saat ini, harga minyak global telah melonjak di atas US$ 105 per barel. Angka itu mencapai level tertinggi sejak 2014. Untuk di Amerika Serikat (AS), harga minyak mendekati US$ 100 per barel.

Kenaikan harga minyak ini tentu akan mendorong harga BBM meningkat. BBM di AS, harga rata-rata satu galon gas bensin menjadi US$ 3,54, naik dari US$ 3,33 satu bulan lalu.

Harga gas alam, yang digunakan untuk pemanas ruangan dan industri listrik, juga melonjak. Harga patokan di Eropa melonjak 29% menjadi US$ 127,80 per megawatt jam, menurut data dari Independent Commodity Intelligence Services.

Naiknya harga BBM juga akan berimbas ke perusahaan, terutama maskapai penerbangan. Itu mengancam harga tiket pesawat yang juga bisa naik.

Harga pangan global juga disebut sudah mendekati level tertinggi 10 tahun. Sekarang, konflik Rusia-Ukraina bisa memperburuk keadaan.

Sebab, Rusia adalah pengekspor gandum terbesar di dunia, sementara Ukraina adalah pengekspor gandum dan jagung yang signifikan. Mereka juga mengekspor minyak nabati. Kedelai yang sering diperdagangkan sejalan dengan jagung, juga terdorong lebih tinggi.

Sekarang pembeli kedelai hingga jagung seperti China beralih ke Eropa dan Amerika Serikat. Jika pertempuran berlarut-larut, persediaan terbatas di sana bisa menjadi lebih terbatas.

Sumber

https://finance.detik.com/berita-eko...pangan-meroket


Gawat betulll emoticon-Sorry emoticon-No Hope
muhamad.hanif.2
tepsuzot
tepsuzot dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
1K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.