Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anus.baswedanAvatar border
TS
anus.baswedan
Ganjar: Kalau Ada yang Bilang Wayang Suruh Dibakar, Diajari Wayangan Dulu


Jakarta - 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut berkomentar mengenai wayang yang belakangan ini ramai diperbincangkan. Ganjar mengatakan wayang adalah warisan budaya Indonesia khususnya Jawa yang perlu dipertahankan.

Dilansir detikJateng, Selasa (22/2/2022), pernyataan Ganjar itu diunggah dalam akun Instagram pribadinya hari ini. Video yang diunggah itu berjudul 'Soal Wayang'.

Ganjar mengatakan ingat pada mendiang Bupati Tegal Enthus Susmono, yang juga berprofesi sebagai dalang. Dia mengatakan Enthus mampu menyebarkan kebaikan agama lewat wayang.

"Saya ingat Bupati Tegal almarhum Mas Enthus. Beliau itu dalang lho. Tapi pada saat mendalang, budayanya ada. Tapi ketika kemudian harus menyebarkan agama dengan kebaikan lewat wayang juga ada," ujar Ganjar Pranowo dikutip, Selasa (22/2).

Baca juga:Ganjar: Yang Nyuruh Membakar Wayang, Perlu Diajari Wayangan Dulu

Ganjar menekankan wayang patut dipertahankan. Dia menambahkan, jika ada yang menyuruh wayang dibakar, patut untuk diperkenalkan lebih jauh dengan budaya wayang.

"Wayang sampai kapan pun akan kita pertahankan. Jadi nek ana sing ngomong wayang kon ngobong ki ya hehe.. diajari wayangan sik (Jadi kalau ada yang bilang wayang suruh dibakar itu ya hehe... diajari wayangan dulu," kata Ganjar.

"Biar tahulah bagaimana kayak Sunan Kalijaga dulu masuk juga gitu," imbuh Ganjar.

Baca juga:Ujaran Kebencian Memusnahkan Wayang, Ki Joko Edan Dukung Polisikan Khalid Basalamah

Selain mengunggah video, Ganjar Pranowo menyertakan tulisan bahwa wayang telah diakui oleh Unesco. Dia kemudian mengajak masyarakat mengenal wayang.

"Wayang kulit telah diakui Unesco sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi dan warisan budaya yang indah dan berharga," tulis Ganjar.

"Namun pengakuan dunia itu tak berarti jika kita sendiri tak peduli pada keberadaannya. Yuk belajar wayang, mengenali setiap karakternya, serta meneladani sikap dan pikiran baik dari tokoh-tokohnya," sebutnya.

https://news.detik.com/berita/d-5953...angan-dulu/amp
muhamad.hanif.2
tiny.too.an
tiny.too.an dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
909
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.