• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Formula E Kurang Terkenal dan Membosankan? Ini Dia 4 Alasannya Gan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Kenapa Formula E Kurang Terkenal dan Membosankan? Ini Dia 4 Alasannya Gan


Masalah Formula E tak henti-hentinya digaungkan di Indonesia terkait penyelanggaraannya yang begitu rumit di Indonesia dan bahkan harus ada pemeriksaan KPK segala. Pertanyaannya, apakah Formula E ini adalah ajanh yang terkenal, mendunia, dan banyak penggemarnya? Tentu saja tidak.

Sejak digelar pertama kalinya pada musim 2014/15, popularitas balap mobil listrik ini tak kunjung meluas layaknya Formula 1 atau MotoGP. Banyak yang menganggap kalau Formula E ini akan sama nasibnya seperti balapan A1 yang diberhentikan karena sepinya peminat.

Merupakan sebuah fakta jika Formula E ini pamornya kalah jauh dengan Formula 1 bahkan dari kelas di bawah F1 sekalipun. Jika di Indonesia F1 saja peminatnya tidak terlalu banyak, apalagi Formula E? Mungkin masyarakat kita lebih menyukai balapan MotoGP yang antusiasmenya sangat tinggi.

Lalu, kira-kira kenapa sih Formula E tidak populer dan kurang terkenal?

1. Mobil yang Lebih Lambat


Karena memakai listrik sebagai bahan bakar dan teknologinya masih terus dikembangkan. Maka kecepatan mobil Formula E ini lebih lambat dari F1 di mana mobil F1. Begitu juga dengan kecepatan rata-rata dan maksimalnya. Lihat sata tayangan balapan F1 di Youtube kemudian bandingkan tayangan balapan Formula E, jelas akan berbeda sekali kecepatannya.

2. Nama Para Pembalap


Jika kita mendengar F1 maka yang terlintas adalah para pembalap terkenal seperti Lewis Hammilton, Sebastian Vettel, Max Verstappen, Valteri Bottas, bahkan Fernando Alonso. Kalau Formula E? Kalau yang expert terhadap dunia balap mungkin pada tahu, tapi kalau orang awam belum tentu. Kalau di MotoGP beda lagi, pasti sebagian masyarakat Indonesia sudah pada tahu siapa saja rider terkenal di MotoGP.

3. Jalan Raya


Sebagian orang yang senang menonton kompetisi balapan, menilai kalau Formula E ini membosankan karena sirkuit yang digunakan adalah sirkuit jalan raya dan bukan sirkuit permanen yang sudah dirancang khusus untuk balapan. Memang, di F1 juga ada sirkuit jalan raya seperti di Monako dan Singapura. Tapi selebihnya para pembalap bertarung di arena balap yang sesungguhnya yaitu sirkuit.

4. Persaingan dengan F1


Walaupun sama-sama diselenggarakan oleh FIA (ya iyalah) tapi Formula E ini bersaing secara langsung dengan F1 yang notabenenya adalah sama-sama balapan mobil kursi tunggal terbuka. Maka mau tidak mau bersaing untuk mendapatkan penggemar di segmen yang sama dan ane rasa sampai saat ini F1 tetap yang paling diminati. Walaupun dulu ada yang bilang kalau Formula E ini akan lebih terkenal dari F1.

Nah, gan gimana nih komentarnya? emoticon-Big Grin

Quote:
l4r20
nomorelies
Croet
Croet dan 19 lainnya memberi reputasi
18
14.5K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.