• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bosan Pakai Chrome? Inilah 7 Browser Terbaik Alternatif Google Chrome di Android

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Bosan Pakai Chrome? Inilah 7 Browser Terbaik Alternatif Google Chrome di Android


Android sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di dunia dipakai oleh sebagian orang untuk berselancar atau browsing di dunia maya. Aplikasi browser yang sudah tersemat dalam smartphone Android keluaran terbaru adalah Chrome yang dirancang oleh Google dan saat ini masih menjadi browser paling banyak digunakan baik itu di perangkat mobile ataupun desktop. Ketika di awal-awal mungkin Chrome tidak begitu banyak penggunanya, tapi semakin ke sini semakin stabil dan jadi browser andalan setiap pengguna Android.

Akan tetapi ada juga sebagian pengguna yang tidak mau menggunakan Chrome dan lebih memilih untuk menggunakan browser lain dengan berbagai alasan. Nah, berikut ini adalah alternatif browser Android selain Google Chrome jika agan bosan dan ingin mencoba browser yang lainnya.

1. Opera


Nama Opera sudah terkenal sebagai browser sebelum Android ada karena dulu ada Opera Mini yang sering digunakan di ponsel berbasis Java dan Symbian.

Kelebihan Opera sebagai browser di Android adalah adanya penghemat data yang efisien, adanya pemblokir iklan dan sudah tersemat VPN bawaan di dalamnya. Jadi agan tidak perlu menginstal aplikasi VPN tambahan. Opera juga terkenal ringan, namun dari segi tampilannya kita mesi beradaptasi karena agak membingungkan kalau pertama kali menginstal.

2. Firefox


Firefox adalah browser yang sangat terkenal dari dulu sampai sekarang terutama ketika di era PC sebelum ada smartphone. Firefox untuk Android di dalamnya sudah tersedia berbagai ekstensi yang bisa ditambahkan, bisa sinkronisasi dengan Firefox uang ada di desktop, ada tool artikel rekomendasi. Namun Firefox ini tidak disarankan untuk Android dengan RAM yang kecil, harus paling tidak 4GB RAM.

3. Microsoft Edge


Semenjak Microsoft mengganti Internet Explorer menjadi Edge, mereka juga merilisnya di perangkat Android. Kelebihannya adalah kecepatannnya yang cukup cepat dan stabil serta tampilan yang bisa dikostumisasi. Sayangnya, search engine bawaannya adalah Bing yang milik Microsoft dan tidak dapat diganti sehingga repot harus masuk ke halaman depan Google dulu jika yang terbiasa searching menggunakan Google.

4. UC Browser


Dulu UC Browser terkenal dengan bebannya yang berat karena banyaknya iklan dan artikel dari UC News, sekarang semua itu sudah tidak ada dan membuat tampilan UC Browser jauh lebih bersih. UC Browser terkenal dengan kecepatannya dan juga kecepatan unduhannya yang dinilai lebih cepat daripada Google Chrome.

5. Mi Browser


Mi Browser adalah brower bawaan ponsel Xiaomi dan Poco, tapi bagi ponsel lain juga bisa diinstal browser ini karena tersedia di Play Store. Banyak pengguna Xiaomi dan Poco yang lebih suka menggunakan Mi Browser ketimbang Chrome karena dinilai lebih ringan walaupun bagi sebagian pengguna Xiaomi lain lebih nyaman menggunakan Chrome.

6. Samsung Internet Browser


Sama seperti Mi Browser, Samsung Internet Browser juga bisa diinstal di ponsel selain Samsung. Jumlah unduhannya di Play Store mencapai satu milyar unduhan karena pengguna Samsung sendiri sangat banyak dan masih jadi nomor satu di dunia. Bagi agan yang Androidnya bukan Samsung, tidak salahnya untuk mencoba browser ini.

7. DuckDuckGo Privacy Browser


Sesuai dengan namany, DuckduckGo adalah browser yang mengutamakan privasi para penggunanya dan tidak seperti di Chrome. Tampilannya simpel dan tidak ada gangguan macam-macam. Kekurangannya adalah tidak adanya fitur lanjutan dan tidak ada pilihan untuk pergantian fitur VPN.

Nah, gan. Mana browser yang sering agan pakai nih? emoticon-Big Grin

Referensi
muhamad.hanif.2
pard0
iblast867583
iblast867583 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
3.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.