Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Belgia Menerapkan Pekerja Bekerja Selama 4 Hari dalam Seminggu.
Hello GanSis selamat beraktivitas di awal hari yang semoga apa yang direncanakan oleh GanSis baik-baik saja ya. GanSis kali ini Kreator mau membahas mengenai hal yang baru-baru ini menjadi perbincangan dunia dan khususnya di Indonesia. Info ini datang dari negara eropa yakni Belgia. Dimana Perdana Menteri Belgia mengeluarkan peraturan baru bagi pekerja yang ada di Belgia, yang mungkin menjadi sebuah angin segar bagi para pekerja di Belgia. Berbeda dengan negara +62 yang saat ini Menteri Ketenagakerjaan mengeluarkan peraturan yang kontroversi bagi serikat pekerja.


Sumber Gambar

Di Belgia justru Perdana Menteri membuat peraturan yang menyenangkan bagi serikat pekerja disana. Dilansir dari Business Insider, Sabtu (19/02/22) reformasi pasar tenaga kerja yang sudah disetujui oleh koalisi partai yang ada dalam pemerintahan Belgia memberikan hak bagi pekerja untuk menonaktifkan perangkat kerja dan mengacuhkan pesan terkait pekerjaan diluar jam kerja. Para pekerja selain dapat  mengabaikan atasan mereka diluar jam kerja berlaku para pekerja di Belgia  juga akan segera dapat memilih pola kerja mereka 5 hari kerja atau 4 hari waktu kerjayang sebagaimana sudah diatur dalam reformasi tenaga kerja yang sudah disetujui oleh Kongres dan Pemerintah Belgia.

Alasan kongres dan pemerintah Belgia menerapkan 4 hari kerja dalam seminggu merupakan harapan dari Perdana Menteri Belgia sendiri yakni Alexander de Croo yang mengatakan bahwa perjanjian ini diharapkan bisa membuat pekerja dan bisnis di Belgia menjadi kuat setelah dua tahun berkutat dengan Pandemi Covid 19. Kebijakan baru ini juga akan berdampak pada pekerja Gig Economy yang akan menerima perlindungan hukum yang lebih kuat dibawah aturan baru, sementara karyawan penuh waktu akan dapat bekerja dengan jadwal yang flexible sesuai dengan permintaan. Sebagai informasi buat GanSis Pekerja Gig Economy Gig digunakan untuk menyebutkan suatu proyek yang sedang dikerjakan dan mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah proyek yang diselesaikan. Pekerja gig economy umumnya tidak memiliki penghasilan tetap seperti pekerja pada umumnya. lebih ringkasnya Pekerja Gig Economy adalah pekerja yang bekerja di dunia hiburan dan kesenian.


Sumber Gambar

Belgia juga tengah mengusahakan mengedepankan Work Life Balance sebagian besar reformasi perburuhan baru Belgia nantinya akan berdampak pada keseimbangan kehidupan kerja karyawan baik di sektor publik maupun swasta. Rancangan paket reformasi yang disetujui oleh pemerintah federal negara itu akan memberikan karyawan kemampuan untuk dapat meminta waktu kerja selama 4 hari dalam seminggu. Dilansir dari juru bicara pemerintah Belgia mengkonfirmasi padaa Euro news next bahwa karyawan juga bisa meminta untuk bekerja 4 hari dalam satu minggu untuk jangka waktu enam bulan. Setelah itu mereka dapat memilih untuk melanjutkan pola kerja mereka atau kembali ke waktu normal bekerja yakni 5 hari dalam seminggu tanpa kosekuensi negatif.


Sumber Gambar

Ada hal menarik juga yang sudah dijelaskan diawal yakni, pada bulan Januari yang lalu. Pegawai negeri di Belgia yang bekerja untuk pemerintah federal Belgia diberi hak untuk memutuskan sambungan komunikasi dan memungkinkan mereka untuk mematikan perangkat kerja dan mengabaikan pesan setelah jam kerja tanpa pembalasan atau sanksi dari atasan. Saat ini semua pekerja di Belgia, termasuk mereka yang bekerja untuk perusahaan swasta, akan menerima hak yang sama seperti pegawai yang bekerja di kantor pemerintahan.

Nah GanSis itu tadi bagaimana pemerintah Belgia memikirkan kondisi pekerja di Belgia. Terlepas dari Belgia negara maju atau tidak tapi niatan yang diungkapkan oleh pemerintah Belgia memang patut di apresiasi. Kreator berharap pemerintah +62 juga bisa memperjuangkan hak-hak pekerja, hak mereka untuk hidup, hak mereka untuk berkumpul dengan keluarga, itu yang harus dipikirkan, tapi sih Kreator tidak mau muluk-muluk yang terpenting bagaimana program jaminan sosial bagi pekerja bisa diselesaikan dengan baik dan penerapannyapun diharapkan bisa dengan baik, jangan membuat aturan yang keras kebawah tapi tumpul ke pengusaha yang langgar aturan yang dibuat pemerintah. Harapannya semoga DPR dan pemerintah bisa kerja sama dengan baik terlebih fungsi pengawasan yang dimiliki DPR harusnya membuat DPR bisa lebih tegas dan pemerintah juga bisa lebih tegas kepada pengusaha yang semisal melanggar ketentuan aturan yang dibuat pemerintah.

Baiklah GanSis sekilas mengenai Belgia yang akan menerapkan waktu kerja 4 hari seminggu dalam jangka waktu 6 bulan dengan alasan yang cukup baik, semoga sih pemerintah +62 lebih peka lagi sih dengan keadaan pekerja dan pembentukan jaminan sosial yang bisa melindungi sepenuhnya pekerja. Sekian dan sampe ketemu di thread lainnya. Kreator mau ucapin Terimakasih.
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for Sumber dan Referensi:



palapanusa
a.w.a.w.a.w
j0rji
j0rji dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.9K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.