• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Alasan Kenapa Novel Wattpad Kebanyakan Berkualitas Buruk dan Asal-Asalan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Alasan Kenapa Novel Wattpad Kebanyakan Berkualitas Buruk dan Asal-Asalan


Wattpad. Mendengar kata itu kita bisa membayangkan sebuah platform yang terbuka bagi siapa saja untuk menerbitkan karya sastranya baik itu novel, cerpen ataupun kumpulan puisi bahkan non fiksi. Banyak penulis yang tadinya amatir menjadi terkenal dan memiliki jutaan pembaca dan menghasilkan keuntungan. Sayangnya, karena platform ini terbuka bagi siapa saja, kualitas karyanya sering dipertanyakan bahkan bagi orang yang biasa membaca buku-buku berkualitas terbitan penerbis mayor terkemuka akan terkaget-kaget dengan konten yang ada di Wattpad ini.

Para pembaca seringkali mengeluhkan buruknya cerita yang selalu dipush dan diup di bagian depan halaman aplikasi. Sedangkan bacaan berkualitas sering kali terkubur dan kita harus menggalinya lebih dalam lagi dengan fitur pencarian.

Mungkin ada beberapa alasan kenapa kualitas novel atau cerita di Wattpadnl ini kebanyakan begitu buruk.

1. Ditulis oleh Mayoritas Remaja yang Belajar Menulis



Tak diragukan lagi jika para pengguna Wattpad mayoritasnya adalah para remaja yang berusia 13 sampai 19 tahun dan juga dewasa muda. Kebanyakan mereka adalah para gadis remaja yang menuangkan imajinasi atau hasrat dirinya ke dalam sebuah cerita. Kemudian banyak di antara mereka yang baru belajar menulis dan tata bahasanya berantakan dan kualitas Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang miris.

Tidak heran jika yang nangkring di top story adalah cerita-cerita fiksi remaja yang ditulis oleh penulis yang masih belasan tahun.

2. Tema yang Begitu-begitu saja


Formula cerita yang sukses di Wattpad selalu begitu-begitu saja dan dengan template yang sama. Anggota geng motor bertemu dengan good girl atau sebaliknya.

Murid pindahan yang disukai oleh cowok paling populer di sekolah. Pria CEO super kaya yang menikahi gadis miskin (ini adalah imajinasi atau hasrat yang benar-benar diinginkan penulis di dunia nyata). kimpoi kontrak, kisah rumah tangga yang begitu-begitu saja, dll.

Tema seperti itu sudah sangat banyak di Wattpad dan jadi yang paling laku. Sememtara cerita-cerita yang fresh malah tenggelam.

3. Masalah Plagiarisme


Masalah jiplak menjiplak karya kerap ditemui di Wattpad karena tidak ketatnya aturan dalam mengunggah karya. Sehingga kita bisa melihat cerita yang mirip satu sama lain. Plagiat di sini ada yang menjiplak karya penulis profesional di luar Wattpad dan yang paling parah menjiplak karya yang sudah ada di Wattpad. Ya, memang sudah parah kalau sudah masalah hak cipta.

4. Fans Penulis yang Toxic

Jika penulis sudah punya nama besar di Wattpad dan punya banyak penggemar fansnya akan menyerang para kritikus karya si penulis tersebut. Kalau tulisan ceritanya dikritik mereka akan tidak terima dan akan bilang hargai dong karya orang, emangnya lu bisa bikin novel?

Hal ini dapat dimengerti karena sekali lagi mayoritas pengguna Wattpad adalah para abg yang baru puber dan labil.

5. Banyak Cerita Berbau Mesum
Konten Sensitif


Sering kali kita akan melihat cerita yang berlabel 18 tahun ke atas dengan kata-kata seks yang cukup eksplisit. Cerita seperti ini sama sekali tidak ada isinya dan hanya memuaskan fantasi pribadi penulis dan pembaca. Parahnya lagi banyak cerita seperti ini ditulis oleh para remaja dan yang membacanya juga para gadis-gadis abg. Ya, memang cukup miris.


Ada lagi lagi yang mau nambahin poinnya gan? emoticon-Big Grin

Referensi
Diubah oleh cintadine 17-02-2022 09:03
emineminna
makiinun
bukan.bomat
bukan.bomat dan 14 lainnya memberi reputasi
15
9.2K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.