kardus2020Avatar border
TS
kardus2020
Anwar Abbas Anggap Razia Kondom Saat Valentine di Makassar Upaya Cegah Zina


Jakarta - Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pamanto membela Satpol PP yang disorot usai merazia kondom jelang Hari Valentine. Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mendukung kebijakan razia kondom itu.

"Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi ajaran agama maka kita sebagai warga masyarakat terutama para pemimpinnya tentu harus berusaha untuk mencegah supaya yang namanya perzinaan tersebut jangan sampai terjadi di tengah-tengah masyarakat kita," kata Anwar Abbas ketika dihubungi, Rabu (16/2/2022).

"Apalagi disinyalir segelintir anak-anak muda ada yang mempergunakan malam Valentine bagi melakukan hal-hal yang tidak terpuji dan dilarang oleh agama tersebut," lanjutnya.

Menurutnya, tidak ada satupun agama yang diakui di Indonesia membenarkan perzinaan. Dia menilai para pedagang juga wajib turut bertanggung jawab dalam menjual kondom.

"Semua kita terutama para pedagang harus ikut merasa bertanggung jawab supaya jangan sampai mereka menjual kondom tersebut kepada orang yang akan menyalahgunakannya," tutur Anwar Abbas.

Anwar Abbas menilai Danny berhak membuat kebijakan terkait razia kondom di wilayahnya. Dia mengatakan Danny memang bertugas membuat aturan untuk kebaikan warganya.

"Wali Kota Makassar sebagai pimpinan tertinggi di daerahnya tentu saja berhak untuk membuat kebijakan dan mengatur hal-hal yang terkait dengan masalah peredaran dan penjualan kondom tersebut bagi terciptanya hal-hal yang baik dan terbaik bagi rakyatnya," jelasnya.

Razia Kondom Disorot

Satpol PP Kota Makassar merazia alat kontrasepsi atau kondom di sejumlah minimarket di Makassar jelang Hari Valentine, Minggu (13/2). Aksi yang juga dilakukan di sejumlah daerah ini mengundang kritikan tajam dari berbagai pihak secara nasional, salah satunya dr Tirta.

Melalui cuitan di akun Twitternya, dr Tirta mengaku heran dan mengkritik keras tindakan tersebut. Dia menilai razia itu tidak efektif untuk mencegah adanya seks bebas.

"Tujuannya apa? Fungsi kondom adalah mencegah penyakit menular seksual dan sebagai alat kontrasepsi. Kalau kaitannya sama 'norma' dan seks bebas, yg difokuskan ya edukasi seksual sejak awal," tulisnya di Twitter yang juga diunggah lewat akun Instagram-nya, Senin (14/2).

Wali Kota Makassar Bela Satpol PP

Wali Kota Makassar Danny mengatakan pihaknya mendukung penuh langkah Satpol PP melakukan razia kondom saat malam Valentine. Dia menegaskan keberadaan kondom yang dipajang di minimarket tidak baik untuk moral anak-anak di Makassar.

"Saya mendukung langkah Satpol PP untuk menertibkan itu, karena tidak baik secara moral untuk anak. Ini negeri kita punya negara masih ada agamanya, bukan negara yang tidak ada agamanya gitu, ini negara masih ada agamanya. Jadi hal-hal yang harus ditertibkan secara etika sosial," ujar Danny.



Baca artikel detiknews, "Anwar Abbas Anggap Razia Kondom Saat Valentine di Makassar Upaya Cegah Zina" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5945830/anwar-abbas-anggap-razia-kondom-saat-valentine-di-makassar-upaya-cegah-zina.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/



Ane sendiri sering mempertanyakan definisi Zina ini.. kalo merujuk pada UU Perzinahan, yang dimaksud Zina adalah PERSELINGKUHAN. Sementara dalam tradisi Islam, Zina ini diperluas bahkan sampai dengan pergaulan bebas (hubungan seks single vs single). 

kalo kita lihat secara historis peradaban lain, yang disebut zinayang akhirnya mendapatkan hukuman cukup berat adalah perselingkuhan karena zaman tribalisme dulu PERSELINGKUHAN = PENGKHIANATAN.

Mungkin ada benarnya konsep Disertasi Doktor dari UIN Sunan Kalijaga yang melegalkan seks pra nikah. soalnya Fikih Islam ini adalah satu satunya yang melarang total seks pra nikah, sementara sumber sejarah lain tidak seketat itu, tapi baiknya tetap diregulasi. 

Quote:
Diubah oleh kardus2020 20-02-2022 05:52
davecchio
viniest
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.9K
306
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.