• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Buka-bukaan Dubes Rusia Untuk RI: tidak ada persoalan antara Rusia dan Ukraina

bajer.dinar212Avatar border
TS
bajer.dinar212
Buka-bukaan Dubes Rusia Untuk RI: tidak ada persoalan antara Rusia dan Ukraina


Duta Besar Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva buka-bukaan terhadap isu ketegangan Rusia-Ukraina.

Lyudmila Vorobieva menyebutkan tidak ada persoalan antara Rusia dan Ukraina melainkan antara Rusia, AS, NATO dan aliansinya sehingga semua "ketegangan buatan" yang terjadi ditargetkan untuk mengalihkan kekhawatiran Federasi Rusia terhadap keamanan dalam negeri efek dari ekspansi NATO yang semakin mendekat ke Rusia.

Lyudmila Vorobieva, menjelaskan situasi yang terjadi di perbatasan Rusia dengan Ukraina. Dia memberi penjelasan soal keberadaan pasukan Rusia di perbatasan dengan Ukraina.

"Mengenai tarik mundurnya pasukan Rusia serta pernyataan-pernyataan tentang 'invasi' Rusia ke Ukraina pertama-tama saya ingin menggarisbawahi bahwa Rusia mengerahkan pasukan hanya di wilayahnya sendiri, yang merupakan hak kedaulatan negara mana pun," ucap Dubes Vorobieva dalam keterangan tertulis kepada detikcom, Rabu (16/2/2022).

Dia menyatakan langkah Rusia merupakan upaya untuk menjamin keamanan nasional Rusia. Menurutnya, Rusia berupaya menjamin keamanan nasional terkait kebijakan agresif NATO.

"Saya ingin mengingatkan bahwa sudah lama militerisasi Ukraina terus berlanjut, Barat terus melakukan pasokan berbagai jenis senjata dan peralatan militer ke Kiev, sementara pakar NATO juga sedang melatih personel," ujarnya.

Dia juga menyebut konflik bersenjata bukan pilihan Rusia. Berikut ini penjelasan lengkap Dubes Rusia di RI terkait situasi di perbatasan Ukraina:

Spoiler for Penjelasan Lengkap Dubes Rusia di RI terkait situasi di perbatasan Ukraina:



Dubes Rusia: Perang Ukraina Isu Buatan Amaerika Serikat,NATO dan Para Aliansinya

Duta Besar Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva, blak-blakan soal isu negaranya hendak menyerang Ukraina. Ia mengatakan Rusia tidak pernah berniat menyerang tetangganya itu.

Ia menyebut isu ini muncul setelah dihembuskan Amerika Serikat (AS), NATO dan para aliansinya. Sebelumnya, Rusia diklaim intelijen Barat menyiagakan 100.000 lebih pasukan di perbatasan Ukraina dan disebut media AS akan menyerang bekas sesama Uni Soviet itu, Rabu (16/2/2022) ini.

"Semua histeria yang terjadi antara Rusia dan Ukraina telah ditargetkan untuk mengalihkan isu dari keamanan negara kami terkait Federasi Rusia. Kami melihat ekspansi NATO yang telah berjalan selama 30 tahun lebih dan kini infrastruktur NATO makin dekat ke perbatasan kami," jelasnya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia.

"Pada situasi ini, Ukraina hanya dijadikan alat untuk mengobarkan informasi perang terhadap Rusia. Sementara negara kami tengah mengupayakan diplomasi, pihak Barat terus mengobarkan informasi perang dan menciptakan ketegangan di perbatasan Rusia-Ukraina."

Ia pun menyatakan pihaknya tidak ada niat untuk berperang melawan Ukraina. Ia mengakui ada ketegangan, tapi bukan Rusia yang menciptakannya.

"Sebenarnya tidak ada yang terjadi dan kami tidak berniat untuk menyatakan perang terhadap Ukraina. Tolong jangan salah paham kami justru menganggap Ukraina sebagai saudara kami," ujarnya.

"Memerangi Ukraina adalah gagasan yang tidak masuk akal bagi kami."

Ia mengatakan hal yang menjadi fokus Rusia sebenarnya adalah AS dan NATO. Di mana aliansi Barat dianggap tidak memenuhi janjinya tidak melakukan ekspansi, sebagaimana perjanjian yang sudah dibuat dengan Rusia sebelumnya saat Uni Soviet pecah.

Ia pun menuturkan bahwa NATO telah melakukan lima fase ekspansi. Dari tahun 1999 hingga 2020.

"Kami khawatir Ukraina akan menjadi bagian Nato. Karena jika itu terjadi infrastruktur NATO akan semakin dekat dengan perbatasan kami," katanya.

"Dari pandangan kami, jelas ini menjadi ancaman."

Rusia pun, kata Vorobieva, sudah mengajukan proposal kepada Barat soal jaminan keamanan yang harus ditanda-tangani AS dan dikonfirmasi NATO. Namun sayangnya respons yang ada tidak memuaskan.

"Tapi dalam keadaan apapun, kami siap untuk melanjutkan dialog dan konsultasi. Karena menurut kami aksi militer bukanlah hal bijak untuk menyelesaikan krisis," ujarnya.

Sementara soal latihan militer dengan Belarus, Vorobieva mengatakan tujuannya seperti latihan militer pada umumnya, membangun kemampuan melindungi dan mempertahankan diri. Vorobieva juga menjelaskan tidak ada satu pun tentara atau tank negeri itu yang melintasi perbatasan Ukraina.

"Latihan itu tidak berorientasi atau ditujukan terhadap negara lain. Intinya di sini adalah, bahwa semua pasukan dan peralatan pertahanan kami berada di wilayah Federasi Rusia, atau ... di wilayah Belarus," paparnya.

"Kami memiliki hak yang sempurna untuk memindahkan pasukan di dalam wilayah. Kata kuncinya ada di 'wilayah kami' dan untuk melakukan latihan apa pun yang kami anggap perlu."

Sebelumnya Presiden Vladimir Putin mengonfirmasi jika Kementerian Pertahanan Rusia telah menarik tentara, prasarana dan sarana pendukung dari perbatasan Ukraina. Hal itu disampaikan Putin dalam konferensi pers bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz di Moskow, Selasa (15/2/2022) sore kemarin.

Putin mengatakan, Rusia tidak menginginkan perang. Menurut dia, Rusia siap mencari solusi dengan Barat.

"Kami siap untuk bekerja sama lebih jauh. Kami siap untuk masuk ke jalur negosiasi," ujar Putin seperti dilansir AFP.

Video Wawancara Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva dengan CNBC Indonesia tentang kondisi di perbatasan Rusia-Ukraina

Spoiler for Video Wawancara Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva dengan CNBC Indonesia tentang kondisi di perbatasan Rusia-Ukraina:



Sumber :

- https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ukraina-perang

- https://news.detik.com/berita/d-5945...atasan-ukraina

- https://www.cnbcindonesia.com/news/2...u-buatan-as-cs
Diubah oleh bajer.dinar212 16-02-2022 10:40
darmawati040
scorpiolama
tepsuzot
tepsuzot dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6.3K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.