Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wismanganAvatar border
TS
wismangan
Michelin Jadikan Formula E Jakarta Tempat Riset Ban Mobil Listrik
Michelin Jadikan Formula E Jakarta Tempat Riset Ban Mobil Listrik

Jakarta: Michelin sebagai pemasok tunggal ban untuk Formula E sudah tidak sabar untuk menikmati seri Jakarta yang diperkirakan pada 4 Juni 2022. Bahkan mereka sudah siap untuk melakukan riset di Jakarta dan Seoul karena kedua kota ini merupakan penyelenggara baru.

Manager Program Formula E Michelin, Mirko Pirrachio, menyebutkan bersiap untuk melihat langsung dan mengunjungi lokasi sirkuit balapan di Jakarta.

“Jakarta dan Seoul baru pertama kali dan belum terbiasa menyelenggarakan balapan pada level ini, terutama lokasinya di tengah kota. Jadi ini akan menjadi balapan yang sangat menarik di sana. Apalagi dengan cuaca yang diperkirakan akan sangat panas yang tentu saja bukan hal baru bagi ban Pilot Sport EV,” ujar Mirko melalui keterangan resminya.

Lokasi balap yang bervariasi, dan umumnya merupakan jalan raya yang disulap menjadi lintasan balap, juga memberikan tantangan tersendiri bagi para pembalap. Mobil Formula E tidak menghasilkan banyak downforce aerodinamis dan membutuhkan teknik pengereman khusus yang berbeda dari seri balap lainnya. Sehingga, akan berdampak pada suhu ban belakang yang harus segera diatasi dengan tingkat torsi tinggi yang merupakan fitur mobil listrik.

Meski demikian, lokasi-lokasi kejuaraan baru di tengah kota ini sangat penting bagi perusahaan. Sejak balap perdananya, pabrikan ban asal Perancis ini telah menggunakan jalan-jalan yang dikunjungi oleh seri Formula E sebagai inkubator untuk pengembangan teknologi baru.


Divisi motosport Michelin bekerja sama dengan para ahli dari divisi penelitian dan pengembangan untuk memformulasikan ban baru. Hasilnya, tidak kurang dari tiga generasi ban untuk kejuaraan Formula E telah dibawa ke trek balap.

Kejuaraan Formula E diharapkan menjadi ajang untuk menampilkan ban-ban hasil pengembangan Michelin untuk kendaraan elektrik. Sejak pendiriannya dan bersamaan dengan pertumbuhan pasar kendaraan elektrik yang mencapai dua digit, FIA telah menetapkan Formula E sebagai kejuaraan resmi dunia balap elektrik.

Saat ini para pembalap Formula E menggunakan ban Pilot Sport EV2 yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2016. Namun untuk musim 2022 ini, ada sejumlah perubahan regulasi mengenai pergantian ban.

Mirko Pirrachio mengatakan pembalap Formula E saat ini diberikan alokasi maksimum hanya delapan ban (dua set) per pertandingan e-prix, serta 12 ban untuk akhir pekan dengan dua kali pertandingan. Artinya, Formula E adalah kejuaraan dunia FIA yang menggunakan paling sedikit ban.

“Baik dalam tahapan Grup maupun Duel masing-masing tim diperbolehkan mengganti ban sesuai kebutuhan pembalap. Namun alokasi yang diberikan hanya dua pasang ban untuk digunakan sepanjang hari balapan, mulai dari sesi latihan, kualifikasi, hingga pertandingan. Sehingga mereka harus menggunakan ban yang sama berulang-ulang,” ujar Mirko.

https://m.medcom.id/otomotif/mobil/y...-mobil-listrik

Bagus..
Negrod
sorken
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 15 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
48
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.