Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Minyak Mahal Banyak Stok atau Minyak Murah Tapi Langka? Emak-emak Dibuat Emosi

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Minyak Mahal Banyak Stok atau Minyak Murah Tapi Langka? Emak-emak Dibuat Emosi
Minyak goreng langka di pasaran, emak-emak mengaku memilih harga naik banyak stok dibandingkan harga disubsidi namun tidak ada barang


Minyak goreng adalah salah satu bahan masakan yang dapat dikatakan hampir setiap hari dibutuhkan dan digunakan di hampir seluruh jenis makanan rumahan.

Mulai dari lauk, sayur, camilan, semua dibuat dengan menggunakan minyak goreng sehingga saat minyak goreng langka membuat banyak orang terutama emak-emak kebingungan.

Setelah beberapa waktu lalu harga minyak goreng melambung naik, pemerintah mengambil tindakan dengan memberikan subsidi agar minyak goreng di pasaran kembali memiliki harga normal dan semua orang dapat membeli dengan harga terjangkau GanSis.

Namun apa yang terjadi?
Setelah harga diturunkan minyak goreng di hampir seluruh daerah di Indonesia mengalami kelangkaan GanSis, dan mungkin Agan dan Sista sendiri menjadi salah satu dari sekian juta orang yang harus mengantri saat mencari minyak goreng baik di warung, swalayan, toko serba ada, atau bahkan di minimarket.




Saat harga naik emak-emak teriak meminta pemerintah menurunkan harga minyak goreng ke harga normal, sedangkan saat ini saat harga telah kembali normal namun barang tidak ada emak-emak pun kembali mengeluh dan meminta pemerintah untuk menambah stok minyak goreng.

Sebagai penjual minyak goreng, ane sempat nanya ke beberapa pembeli GanSis diantara pilihan minyak goreng harga tinggi banyak stok atau minyak goreng murah tapi langka.

Ternyata beberapa emak-emak dengan jiwa kreatifnya memilih harga stabil dengan stok banyak GanSis, sedangkan emak-emak tipe pasrah, mereka rela harga naik asalkan minyak goreng tetap ada dan tidak langka.

Dampak dari naik turunnya harga minyak goreng ini tentu dirasakan oleh banyak orang GanSis. Mulai dari pelaku usaha makanan sampai dengan pembeli makanannya juga ikut merasakan.

Di bawah ini beberapa usaha makanan yang mengalami dilema saat minyak goreng naik atau turun, stok banyak atau langka GanSis.


sumber gambar

1. Penjual Gorengan
Pelaku usaha yang terdampak naik turunnya harga minyak goreng adalah tukang gorengan GanSis.

Saat harga naik tukang gorengan akan mengalami kebingungan untuk memilih antara menaikkan harga gorengan atau memperkecil ukuran gorengan. Jika mereka memaksakan diri untuk menjual gorengan dengan ukuran dan harga yang sama saat minyak goreng naik tentu penjual gorengan tidak akan mendapatkan hasil.

Namun saat harga turun namun minyak goreng langka, penjual gorengan juga lebih dilema lagi. Mungkin mereka bisa menjual gorengan dengan harga normal, namun minyak goreng tidak ada sehingga mereka hanya dapat berjualan saat ada minyak goreng.


sumber gambar

2. Usaha Makanan Siap Saji
Pemilik rumah makan atau penyedia jasa makanan siap saji, mereka juga sangat terdampak dengan naik dan turunnya harga minyak goreng GanSis.

Dapat dikatakan hampir semua makanan orang Indonesia adalah makanan yang digoreng atau dimasak dengan ditumis terlebih dahulu sehingga semuanya membutuhkan minyak goreng.

Saat minyak goreng mahal kasusnya sama seperti tukang gorengan, mereka akan menaikkan harga makanan. Namun saat harga minyak goreng turun tapi tidak ada barang, ini yang akan membuat mereka repot.


sumber gambar

3. Pengusaha Makanan Ringan
Pengusaha makanan ringan atau snack pasti juga sangat terdampak dengan naik turun dan langkanya minya goreng GanSis.

Harga cemilan kemasan yang biasa digemari oleh anak-anak karena memiliki harga yang murah tentu juga akan sangat dilema jika harga dinaikkan karena pasti akan memberangkatkan anak-anak untuk membeli.

Ditambah di harga minyak naik atau turun dengan stok yang tidak ada alias langka, snack-snack akhirnya dihargai tetap namun dikurangi isinya dengan menambahkan angin di dalam kemasan.

sumber gambar

Itulah tadi GanSis jeritan emak-emak di tengah naik turun dan langkanya minyak goreng lengkap dengan pedagang atau pelaku usaha apa saja yang terdampak.

Mungkin Agan dan Sista juga merasakan masalah yang sama?
Bagaimana pilihan GanSis, minyak goreng mahal tapi banyak stok barang atau murah tapi langka?

Silakan berikan tanggapan dan pendapat Agan dan Sista di bawah.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
ushirota
gta007
gta007 dan ushirota memberi reputasi
2
1.8K
36
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.