manumangoqtyAvatar border
TS
manumangoqty
Sirkuit Mandalika 'Dikulitin' Media Asing: Aspal Ulang dengan Bahan yang Benar
INDOSPORT.COM - Medai asing membahas masalah aspal Sirkuit Mandalika yang menurut mereka perlu diaspal ulang dengan bahan yang benar.



Rangkaian tes pramusim MotoGP sebelum menyambut musim 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/02/22) telah resmi berakhir.

Sirkuit yang baru dibangun itu mendapat banyak sorotan dari berbagai pihak, baik yang melontarkan pujian karena keindahannya ataupun kritikan karena terdapat sejumlah masalah di treknya.

Kritikan tersebut datang dari para pembalap MotoGP yang melakukan tes selama tiga hari beruntun. Sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu dinilai sangat kotor.

"Tidak mungkin menggelar balapan dalam waktu dekat di sini," kata pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dikutip dari The-Race.

"Karena dua alasan. Yang pertama tidak bisa menyalip, hanya ada satu lintasan dan selebihnya seperti air (red; licin).

Senada dengan Aleix Espargaro, juara dunia MotoGP 2021 dari pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo juga ikut menyampaikan keluh kesahnya terhadapa aspal Sirkuit Mandalika.

"Saya berada di belakang Franco Morbidelli (rekan setimnya), saya menerima lemparan gravel di leher dan helm saya," kata Fabio Quartararo.

Lebih Lanjut, pembalap asal Prancis itu meminta pihak yang terkait untuk mengaspal ulang di area tikungan 1 hingga 7.

"Di sana permukaan aspal mengelupas. Tapi untuk balapan, mereka harus mengaspal ulang tikungan 1, karena di sana rusak total," ujarnya.


Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

Disorot Media Asing

Permasalahan Sirkuit Mandalikan juga tidak luput dari bahasan jurnalis asing, Simon Patterson untuk The-Race. Melalui ulasannya, masalah aspal Sirkuit Mandalikan terletak di material yang digunakan saat pembangunan.

Ia menilai ada ketidaksesuaian dari masukan konsultan luar negeri dalam pemilihan batu untuk pengaspalan, sehingga aspal tidak mengikat secara kuat.

Alhasil motor dengan kecepatan 354 km/jam, membuat aspal terkelupas lantaran menggunakan batu lokal ketimbang yang disarankan oleh konsultannya.

Lebih lanjut, The-Race menyebut semua pihak tengah mencari solusi sementara termasuk melibatkan pihak Dorna Sports.

Jika diaspal ulang tidak mungkin, karena MotoGP seri Indonesia akan segera dimulai kurang lebih lima Minggu lagi, yakni pada 06 Maret 2022.

Ditambah lagi material dan alat-alat berada di luar Lombok, tempat Sirkuit Mandalika dibangun, sehingga semakin memakan waktu pengerjaan.

Pada hari tes pramusim kemarin, beredar wacana di paddock bahwa MotoGP Indonesia 2022 dipindah akhir tahun atau dibatalkan hingga musim 2023.

Tapi dengan kondisi dan melihat antusias yang tinggi, Dorna Sports selaku promotor MotoGP tentu akan berat menjalankan wacana itu.


Sumber:
https://www.indosport.com/otomotif/2...g-dengan-benar
viniest
db84x3
chandra398
chandra398 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
15.5K
248
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.