- Beranda
- The Lounge
Daftar Bus Pariwisata yang Kini Membuka Trayek AKAP (Efek Pandemi)
...
TS
deni.ka
Daftar Bus Pariwisata yang Kini Membuka Trayek AKAP (Efek Pandemi)
Di masa pandemi ini pemilik jasa bus pariwisata memang dibuat sulit, dengan naik turunnya level PPKM hingga aturan yang kerap berubah-ubah. Maka tak heran jika di masa pandemi ini banyak bus pariwisata yang berbondong-bondong membuka trayek AKAP. Selain itu ada juga yang ikut bergabung dengan bus AKAP lainnya agar tetap bisa mendapat pemasukan.
Sebenarnya pasar penumpang AKAP pun belum benar-benar pulih, jika bus pariwisata mengisi rute di jalur yang potensial, mereka harus bekerja ekstra. Terutama pada sisi pelayanan kepada penumpang, dan berikut ini adalah daftar bus pariwisata yang akhirnya membuka rute AKAP:
Karena TS tinggal di Jawa Timur, maka kita mulai dari pendatang baru dari Jawa Timur. Di urutan pertama kali ini ada nama Ranajaya, bus ini merupakan pemain baru dari kota Blitar gan sist. Untuk rute yang dilayani adalah Blitar-Jateng-Jabodetabek. Serta tryayeknya yang masih baru adalah dari Jogja ke Bogor. Bus ini berkantor pusat di Jl. Klampis No.52 kota Blitar. Ranajaya punya motto yang menarik, yakni "Dari Bumi Bung Karno Untuk Indonesia."
Selama ini pasar bus malam di Blitar dikuasai oleh Harapan Jaya dan juga Rosalia Indah, setidaknya dengan kehadiran bus asli Blitar ini bisa menjadi alternatif menarik bagi masyarakat Blitar kedepannya. Selain bus AKAP, Ranajaya juga melayani sewa bus pariwisata. Untuk armadanya yang pernah saya temui memakai bodi kekinian seperti Jetbus dan SR2. Untuk chassis yang dipakai mulai dari Hino, Mercy, hingga Scania. Livery bus ini memakai perpaduan warna merah dan hitam.
Bus kedua ini juga masih melayani trayek menuju Bumi Bung Karno gan sist, buat kalian yang tinggal di Blitar mungkin suatu saat bisa mencoba naik bus satu ini. Trayek yang tertulis di busnya adalah Blitar-Bandung. Saat pertama kali saya melihat bus ini di terminal Maospati, okupansi penumpangnya cukup lumayan dibandingkan Ranajaya. Selain rute ke Bandung, Surya Trans juga melayani rute ke Jabodetabek. Untuk bodi bus yang dipakai kebanyakan memakai Jetbus buatan karoseri Adiputro, dengan chassis Hino RK8. Untuk livery memakai perpaduan merah dan putih.
Operator bus satu ini berasal dari Yogyakarta, tepatnya bermarkas di Jl. Pakem-kalasan, Tamanmartani, Sleman. Pertama kali memulai layanan bus AKAP pada 24 September 2021. Bus ini melayani rute Ponorogo-Bogor-Sukabumi. Memakai bodi Jetbus dan chassis Hino RK8, bus ini juga melayani pengiriman sepeda motor. Biasanya bus ini berangkat siang hari dari arah Ponorogo. Untuk livery yang dipakai memakai livery bus yang banyak dipakai saat ini, dengan mengusung warna hijau torquise.
Bagi agan dan sista penggemar bus seperti saya, pasti sudah tidak asing dengan nama Pandawa 87. Perusahaan bus asal Pasuruan ini di kalangan Bismania dikenal sebagai operator bus pariwisata yang mewah dengan armada bus premium. Pandawa 87 banyak memakai chassis premium mulai dari Mercedes 1626, Scania K360 hingga Volvo. Pandemi ini benar-benar mencekik Pandawa 87, pasalnya mereka selama ini hanya fokus di segmen wisata.
Dan pada Juli 2021 lalu, bus ini membuka trayek Jakarta-Banyuwangi dengan bus sleeper dan eksekutif. Selanjutnya masih di tahun 2021, bus ini melebarkan sayapnya sampai Wonosari, Semin, Magelang, Jogja hingga Wonogiri. Bus ini memiliki 3 garasi yang berbeda, yakni di Pasuruan, Boyolali dan Karawang. Bisa dibilang Pandawa 87 datang sebagai pendatang baru yang wajib diperhitungkan, karena mereka datang membawa armada bus terbaik mereka.
Bus ini dikenal dengan warna kuning terang dan memiliki motto "Shine of Java."Bus ini fokus melayani rute di sekitar Jogja, Magelang dan Klaten menuju Jabodetabek. Meski hanya memakai chassis Hino RK8, tetapi bodi bus Cahaya Wisata cukup up to date dengan memakai bodi Jetbus, SR2 dan Avante. Tidak banyak informasi yang saya dapat dari bus ini, kemungkinan bus ini juga beeasal dari daerah Jogja. Jika agan dan sista punya pengalaman dengan bus ini, silakan nanti berkomentar di bawah ya
Bus dengan livery khas Hello Kitty ini bermarkas di Jl. Raya Bandara Juanda No.9, Sidoarjo. Awalnya melayani rute Klaten dan Jogja hingga Jabodetabek. Dan kini juga mulai membuka rute dari Surabaya menuju Jabodetabek. Untuk chassis yang digunakan adalah Hino RK 8 dengan bodi SR2 dan Jetbus. Sebenarnya KYM sudah mulai merilis armada bus baru pada Februari 2020, tapi sebulan kemudian pandemi melanda. KYM Trans termasuk bus pariwisata yang ikut eksis di masa pandemi ini. KYM kini sepertinya layak menyandang gelar bus paling imut di Indonesia.
Sebelum membuka rute AKAP, bus asli kota Malang yang punya garasi di Singosari ini sudah lebih dulu eksis di jasa bus wisata. Membuka rute Malang-Poris pada awalnya, bus ini menyuguhkan kelas "President Class" yang dikenal mewah. Memakai chassis Hino RK8 dengan balutan bodi Jetbus dan livery oranye dan hitam, bus ini kini fokus melayani rute Jabodetabek-Malang-Surabaya. Setahu saya saat ini hanya ada kelas President Class yang dilayani oleh 27 Trans. Bagi Kaskuser yang ada di Malang, mungkin bus ini bisa jadi pilihan menuju ibu kota.
Bus yang satu ini melayani rute sampai Sumatera Barat, tepatnya Padang, Bukittinggi, sampai Payakumbuh. Yang menarik adalah bus ini aslinya berasal dari Klaten, punya garasi di Jakarta dan kini melayani trayek ke pulau Sumatera. Sebelum bermain rute AKAP lintas pulau, bus ini dikenal sebagai penyedia jasa sewa bus wisata. Sembodo membuat gebrakan di jalur Sumbar dengan memberikan service makan gratis 1x di Lampung, snack serta memberi peralatan sikat gigi dan odol bagi para penumpang.
Dengan memakai bodi Jetbus dan SR2, didukung chassis Mercedes Benz OH 1626. Kini Sembodo jadi salah satu pilihan bus favorit untuk pergi ke Sumbar, rute yang dilayani adalah dari Jabodetabek dan Bandung menuju Sumatera Barat. Liverynya memakai perpaduan warna hitam, merah dan putih.
Pandemi membuat Bali mati suri, begitu juga dengan sewa bus pariwisatanya. Karena kondisi pariwisata yang tak menentu, bus berkelir biru yang punya garasi di wilayah Kuta dan Ubung ini akhirnya memberanikan diri membuka trayek lintas pulau menuju Purwokerto. Rute yang dilewati dimulai dari Denpasar, Madiun, Ngawi, Solo, Jogja hingga finish di Purwokerto. Bus ini memakai bodi Jetbus dengan chassis Hino RK8. Hadirnya Mansion membuat persaingan bus menuju Pulau Dewata semakin ketat. Bus ini dikenal sebagai bus anti lapar, dengan suguhan snack yang wah.
Bus ini dikenal sebagai penyedia jasa bus wisata di Pulau Dewata, dan kini melayani rute Denpasar-Malang-Batu-Turen-Dampit. Dengan memakai bodi Jetbus dan Avante didukung chassis Hino RK8, serta livery putih dan abu-abu. Bus ini memiliki kantor pusat di Jl. Badak Agung No.19, Denpasar. Bus ini bisa jadi alternatif selain Gunung Harta dan Restu Mulya yang juga mengisi trayek di jalur Malang Raya.
Bus ini punya kantor pusat di Tabanan, Bali. Jika bus Purnayasa melayani rute ke Malang, maka bus ini melayani rute ke Surabaya Rute yang dilayani adalah Denpasar-Surabaya. PO satu ini banyak memakai bodi Jetbus dan Avante serta punya kelir putih dan kuning, serta mengandalkan chassis Mercedes Benz OH 1526.
Agan dan sista tinggal di Brebes, Tegal dan Pekalongan ? Mungkin PO satu ini bisa jadi pilihan untuk bepergian ke Jabodetabek, awalnya bus ini dikenal sebagai bus pariwisata di kawasan Brebes. Akibat pandemi yang tak menentu, M Dewantara Ayu memberanikan diri membuka trayek di kawasan Jawa Tengah bagian barat. M Dewantara Ayu akan bersaing dengan Dedi Jaya, Dewi Sri hingga Sinar Jaya yang sudah lebih dulu eksis di jalur tersebut.
Belum banyak informasi yang saya dapatkan dari bus ini, yang pasti dulunya bus ini juga melayani jasa pariwisata. Bus ini melayani rute di wilayah pegunungan, yakni dari Wonosobo menuju Jakarta. Armada yang dipakai adalah Hino RK8 dengan balutan bodi Jetbus dan SR2. Bus ini juga melayani rute dari Pemalang, Tegal serta Purwokerto. Jika agan dan sista punya pengalaman naik bus ini silakan komen di bawah ya
Bus ini juga melayani rute Wonosobo-Jakarta, serta trayek Jakarta-Gombong-Kebumen-Pyrworejo. Untuk chassis yang digunakan adalah Mercedes Benz OH 1526 dengan dibakut bodi Jetbus. Belum banyak informasi yang saya dapatkan dari bus ini, tetapi bus ini pada awalnya bergerak di bidang bus pariwisata.
Blue Star dikenal sebagai operator bus pariwisata yang ternama di kawasan Jabodetabek, bertahun-tahun fokus di segmen wisata, akhirnya Blue Star membuka trayek AKAP juga. Trayeknya pun tak main-main, dengan membuka trayek Jabobetabek-Ponorogo. Serta Jabodetabek-Matesih. Serta Jabodetabek-Wonogiri. Armada yang digunakan rata-rata berbodi Jetbus dengan cahssis Mercedes Benz OH 1626 sampai OH 1526 serta livery biru yang simple, bisa dibilang Blue Star adalah pendtang baru yang sukses, khususnya di kawasan plat AE serta Wonogiri dengan okupansi penumpang yang bagus.
Bus ini berasal dari Takeran, yang merupakan kawasan ujung timur dari kota Magetan. Pada awalnya bus ini dikenal sebagai operator bus pariwisata juga pada awalnya, dengan didominasi bus dengan chassis Mercy OH 1526 dengan bodi Scorpion King dan Evonex dengan livery berwarna biru serta ada juga livery abu-abu putih. Bus ini juga memulai debutnya di masa pandemi ini dengan trayek Madiun-Magetan-Jabodetabek.
Bus ini punya garasi di Bnadung gan sist, tapi pemilik aslinya adalah orang Aceh. Awalnya juga fokus melayani segmen pariwisata saja. Saat ini JRG sudah melayani rute Banda Aceh-Medan dengan bus premium Scania K410 serta Mercedes Benz OH 2542. Selain itu mereka juga melayani rute Medan-Bandung via Bukittingi. Bagi yang ingin pergi ke Aceh dari Bandung, biasanya nanti akan diikutkan bus tujuan Aceh yang berangkat pada malam hari. Setahu saya belum ada bus JRG langsung dari Bandung ke Aceh, jadi nanti penumpang akan dioper ke bus tujuan Aceh di pool JRG di kota Medan. Untuk armada Aceh-Medan diisi chassis Hino RK8 dengan bodi Jetbus. JRG mudah dikenali dengan livery warna merah menyalanya. Bus ini bersaing langsung dengan ALS untuk rute Medan-Bandung, kini ada pilihan bus lain selain ALS untuk pergi ke Medan atau Buktitinggi dari Bandung.
Nah, demikian beberapa daftar bus pariwisata yang kini melayani rute bus AKAP. Untuk tarif busnya agan dan sista silakan menghubungi agen bus di masing-masing kota tempat domisili kalian, atau bisa juga melihat tarifnya aplikasi ticketting online, seperti Red Bus.
Opini Pribadi:
Saat ini operator bus yang melayani rute AKAP akibat dari keadaan yang tak menentu, jika sektor pariwisata tak kunjung membaik, maka akan semakin banyak bus yang membuka trayek AKAP. Semakin banyaknya trayek bus baru justru bisa berdampak negatif pada segmen bus AKAP, karena saat muncul pemain baru, maka operator bus yang sudah eksis akan balik menggempur dengan armada baru dan pelayanan yang lebih "wah." Pada akhirnya pendatang baru yang tidak bisa mengikuti tren transportasi bus suatu waktu bisa tersingkir.
Kini pemerintah juga harus memikirkan nasib para operator bus pariwisata, mereka yang masih bertahan di segmen wisata kini pun pasti merasa kesulitan dengan kembali diberlakukannya aturan PPKM, yang artinya tidak semua tempat wisata bisa dikunjungi. Saya pribadi pun terus berdoa dan berharap agar pandemi ini cepat usai, karena selama masa pandemi pemerintah tampak tak punya solusi untuk bisnis transportasi bus di masa sulit yang serba tidak pasti ini.
Sebenarnya pasar penumpang AKAP pun belum benar-benar pulih, jika bus pariwisata mengisi rute di jalur yang potensial, mereka harus bekerja ekstra. Terutama pada sisi pelayanan kepada penumpang, dan berikut ini adalah daftar bus pariwisata yang akhirnya membuka rute AKAP:
1. Ranajaya
Quote:
Karena TS tinggal di Jawa Timur, maka kita mulai dari pendatang baru dari Jawa Timur. Di urutan pertama kali ini ada nama Ranajaya, bus ini merupakan pemain baru dari kota Blitar gan sist. Untuk rute yang dilayani adalah Blitar-Jateng-Jabodetabek. Serta tryayeknya yang masih baru adalah dari Jogja ke Bogor. Bus ini berkantor pusat di Jl. Klampis No.52 kota Blitar. Ranajaya punya motto yang menarik, yakni "Dari Bumi Bung Karno Untuk Indonesia."
Selama ini pasar bus malam di Blitar dikuasai oleh Harapan Jaya dan juga Rosalia Indah, setidaknya dengan kehadiran bus asli Blitar ini bisa menjadi alternatif menarik bagi masyarakat Blitar kedepannya. Selain bus AKAP, Ranajaya juga melayani sewa bus pariwisata. Untuk armadanya yang pernah saya temui memakai bodi kekinian seperti Jetbus dan SR2. Untuk chassis yang dipakai mulai dari Hino, Mercy, hingga Scania. Livery bus ini memakai perpaduan warna merah dan hitam.
2. Surya Trans
Quote:
Bus kedua ini juga masih melayani trayek menuju Bumi Bung Karno gan sist, buat kalian yang tinggal di Blitar mungkin suatu saat bisa mencoba naik bus satu ini. Trayek yang tertulis di busnya adalah Blitar-Bandung. Saat pertama kali saya melihat bus ini di terminal Maospati, okupansi penumpangnya cukup lumayan dibandingkan Ranajaya. Selain rute ke Bandung, Surya Trans juga melayani rute ke Jabodetabek. Untuk bodi bus yang dipakai kebanyakan memakai Jetbus buatan karoseri Adiputro, dengan chassis Hino RK8. Untuk livery memakai perpaduan merah dan putih.
3. Arsyad Niaga Transport (ANT)
Quote:
Operator bus satu ini berasal dari Yogyakarta, tepatnya bermarkas di Jl. Pakem-kalasan, Tamanmartani, Sleman. Pertama kali memulai layanan bus AKAP pada 24 September 2021. Bus ini melayani rute Ponorogo-Bogor-Sukabumi. Memakai bodi Jetbus dan chassis Hino RK8, bus ini juga melayani pengiriman sepeda motor. Biasanya bus ini berangkat siang hari dari arah Ponorogo. Untuk livery yang dipakai memakai livery bus yang banyak dipakai saat ini, dengan mengusung warna hijau torquise.
4. Pandawa 87
Quote:
Bagi agan dan sista penggemar bus seperti saya, pasti sudah tidak asing dengan nama Pandawa 87. Perusahaan bus asal Pasuruan ini di kalangan Bismania dikenal sebagai operator bus pariwisata yang mewah dengan armada bus premium. Pandawa 87 banyak memakai chassis premium mulai dari Mercedes 1626, Scania K360 hingga Volvo. Pandemi ini benar-benar mencekik Pandawa 87, pasalnya mereka selama ini hanya fokus di segmen wisata.
Dan pada Juli 2021 lalu, bus ini membuka trayek Jakarta-Banyuwangi dengan bus sleeper dan eksekutif. Selanjutnya masih di tahun 2021, bus ini melebarkan sayapnya sampai Wonosari, Semin, Magelang, Jogja hingga Wonogiri. Bus ini memiliki 3 garasi yang berbeda, yakni di Pasuruan, Boyolali dan Karawang. Bisa dibilang Pandawa 87 datang sebagai pendatang baru yang wajib diperhitungkan, karena mereka datang membawa armada bus terbaik mereka.
4. Cahaya Wisata Trans
Quote:
Bus ini dikenal dengan warna kuning terang dan memiliki motto "Shine of Java."Bus ini fokus melayani rute di sekitar Jogja, Magelang dan Klaten menuju Jabodetabek. Meski hanya memakai chassis Hino RK8, tetapi bodi bus Cahaya Wisata cukup up to date dengan memakai bodi Jetbus, SR2 dan Avante. Tidak banyak informasi yang saya dapat dari bus ini, kemungkinan bus ini juga beeasal dari daerah Jogja. Jika agan dan sista punya pengalaman dengan bus ini, silakan nanti berkomentar di bawah ya
5. KYM Trans
Quote:
Bus dengan livery khas Hello Kitty ini bermarkas di Jl. Raya Bandara Juanda No.9, Sidoarjo. Awalnya melayani rute Klaten dan Jogja hingga Jabodetabek. Dan kini juga mulai membuka rute dari Surabaya menuju Jabodetabek. Untuk chassis yang digunakan adalah Hino RK 8 dengan bodi SR2 dan Jetbus. Sebenarnya KYM sudah mulai merilis armada bus baru pada Februari 2020, tapi sebulan kemudian pandemi melanda. KYM Trans termasuk bus pariwisata yang ikut eksis di masa pandemi ini. KYM kini sepertinya layak menyandang gelar bus paling imut di Indonesia.
6. 27 Trans
Quote:
Sebelum membuka rute AKAP, bus asli kota Malang yang punya garasi di Singosari ini sudah lebih dulu eksis di jasa bus wisata. Membuka rute Malang-Poris pada awalnya, bus ini menyuguhkan kelas "President Class" yang dikenal mewah. Memakai chassis Hino RK8 dengan balutan bodi Jetbus dan livery oranye dan hitam, bus ini kini fokus melayani rute Jabodetabek-Malang-Surabaya. Setahu saya saat ini hanya ada kelas President Class yang dilayani oleh 27 Trans. Bagi Kaskuser yang ada di Malang, mungkin bus ini bisa jadi pilihan menuju ibu kota.
7. Sembodo Trans
Quote:
Bus yang satu ini melayani rute sampai Sumatera Barat, tepatnya Padang, Bukittinggi, sampai Payakumbuh. Yang menarik adalah bus ini aslinya berasal dari Klaten, punya garasi di Jakarta dan kini melayani trayek ke pulau Sumatera. Sebelum bermain rute AKAP lintas pulau, bus ini dikenal sebagai penyedia jasa sewa bus wisata. Sembodo membuat gebrakan di jalur Sumbar dengan memberikan service makan gratis 1x di Lampung, snack serta memberi peralatan sikat gigi dan odol bagi para penumpang.
Dengan memakai bodi Jetbus dan SR2, didukung chassis Mercedes Benz OH 1626. Kini Sembodo jadi salah satu pilihan bus favorit untuk pergi ke Sumbar, rute yang dilayani adalah dari Jabodetabek dan Bandung menuju Sumatera Barat. Liverynya memakai perpaduan warna hitam, merah dan putih.
8. Mansion
Quote:
Pandemi membuat Bali mati suri, begitu juga dengan sewa bus pariwisatanya. Karena kondisi pariwisata yang tak menentu, bus berkelir biru yang punya garasi di wilayah Kuta dan Ubung ini akhirnya memberanikan diri membuka trayek lintas pulau menuju Purwokerto. Rute yang dilewati dimulai dari Denpasar, Madiun, Ngawi, Solo, Jogja hingga finish di Purwokerto. Bus ini memakai bodi Jetbus dengan chassis Hino RK8. Hadirnya Mansion membuat persaingan bus menuju Pulau Dewata semakin ketat. Bus ini dikenal sebagai bus anti lapar, dengan suguhan snack yang wah.
9. Purnayasa
Quote:
Bus ini dikenal sebagai penyedia jasa bus wisata di Pulau Dewata, dan kini melayani rute Denpasar-Malang-Batu-Turen-Dampit. Dengan memakai bodi Jetbus dan Avante didukung chassis Hino RK8, serta livery putih dan abu-abu. Bus ini memiliki kantor pusat di Jl. Badak Agung No.19, Denpasar. Bus ini bisa jadi alternatif selain Gunung Harta dan Restu Mulya yang juga mengisi trayek di jalur Malang Raya.
10. Sarwonadhi Trans
Quote:
Bus ini punya kantor pusat di Tabanan, Bali. Jika bus Purnayasa melayani rute ke Malang, maka bus ini melayani rute ke Surabaya Rute yang dilayani adalah Denpasar-Surabaya. PO satu ini banyak memakai bodi Jetbus dan Avante serta punya kelir putih dan kuning, serta mengandalkan chassis Mercedes Benz OH 1526.
11. M Dewantara Ayu
Quote:
Agan dan sista tinggal di Brebes, Tegal dan Pekalongan ? Mungkin PO satu ini bisa jadi pilihan untuk bepergian ke Jabodetabek, awalnya bus ini dikenal sebagai bus pariwisata di kawasan Brebes. Akibat pandemi yang tak menentu, M Dewantara Ayu memberanikan diri membuka trayek di kawasan Jawa Tengah bagian barat. M Dewantara Ayu akan bersaing dengan Dedi Jaya, Dewi Sri hingga Sinar Jaya yang sudah lebih dulu eksis di jalur tersebut.
12. Agam Putra Pratama
Quote:
Belum banyak informasi yang saya dapatkan dari bus ini, yang pasti dulunya bus ini juga melayani jasa pariwisata. Bus ini melayani rute di wilayah pegunungan, yakni dari Wonosobo menuju Jakarta. Armada yang dipakai adalah Hino RK8 dengan balutan bodi Jetbus dan SR2. Bus ini juga melayani rute dari Pemalang, Tegal serta Purwokerto. Jika agan dan sista punya pengalaman naik bus ini silakan komen di bawah ya
13. Pelita Baru Prima (PeBePe)
Quote:
Bus ini juga melayani rute Wonosobo-Jakarta, serta trayek Jakarta-Gombong-Kebumen-Pyrworejo. Untuk chassis yang digunakan adalah Mercedes Benz OH 1526 dengan dibakut bodi Jetbus. Belum banyak informasi yang saya dapatkan dari bus ini, tetapi bus ini pada awalnya bergerak di bidang bus pariwisata.
14. Blue Star
Quote:
Blue Star dikenal sebagai operator bus pariwisata yang ternama di kawasan Jabodetabek, bertahun-tahun fokus di segmen wisata, akhirnya Blue Star membuka trayek AKAP juga. Trayeknya pun tak main-main, dengan membuka trayek Jabobetabek-Ponorogo. Serta Jabodetabek-Matesih. Serta Jabodetabek-Wonogiri. Armada yang digunakan rata-rata berbodi Jetbus dengan cahssis Mercedes Benz OH 1626 sampai OH 1526 serta livery biru yang simple, bisa dibilang Blue Star adalah pendtang baru yang sukses, khususnya di kawasan plat AE serta Wonogiri dengan okupansi penumpang yang bagus.
15. AM Trans
Quote:
Bus ini berasal dari Takeran, yang merupakan kawasan ujung timur dari kota Magetan. Pada awalnya bus ini dikenal sebagai operator bus pariwisata juga pada awalnya, dengan didominasi bus dengan chassis Mercy OH 1526 dengan bodi Scorpion King dan Evonex dengan livery berwarna biru serta ada juga livery abu-abu putih. Bus ini juga memulai debutnya di masa pandemi ini dengan trayek Madiun-Magetan-Jabodetabek.
16. JRG (Jasa Rahayu Gumpueng)
Quote:
Bus ini punya garasi di Bnadung gan sist, tapi pemilik aslinya adalah orang Aceh. Awalnya juga fokus melayani segmen pariwisata saja. Saat ini JRG sudah melayani rute Banda Aceh-Medan dengan bus premium Scania K410 serta Mercedes Benz OH 2542. Selain itu mereka juga melayani rute Medan-Bandung via Bukittingi. Bagi yang ingin pergi ke Aceh dari Bandung, biasanya nanti akan diikutkan bus tujuan Aceh yang berangkat pada malam hari. Setahu saya belum ada bus JRG langsung dari Bandung ke Aceh, jadi nanti penumpang akan dioper ke bus tujuan Aceh di pool JRG di kota Medan. Untuk armada Aceh-Medan diisi chassis Hino RK8 dengan bodi Jetbus. JRG mudah dikenali dengan livery warna merah menyalanya. Bus ini bersaing langsung dengan ALS untuk rute Medan-Bandung, kini ada pilihan bus lain selain ALS untuk pergi ke Medan atau Buktitinggi dari Bandung.
-------
Nah, demikian beberapa daftar bus pariwisata yang kini melayani rute bus AKAP. Untuk tarif busnya agan dan sista silakan menghubungi agen bus di masing-masing kota tempat domisili kalian, atau bisa juga melihat tarifnya aplikasi ticketting online, seperti Red Bus.
Opini Pribadi:
Saat ini operator bus yang melayani rute AKAP akibat dari keadaan yang tak menentu, jika sektor pariwisata tak kunjung membaik, maka akan semakin banyak bus yang membuka trayek AKAP. Semakin banyaknya trayek bus baru justru bisa berdampak negatif pada segmen bus AKAP, karena saat muncul pemain baru, maka operator bus yang sudah eksis akan balik menggempur dengan armada baru dan pelayanan yang lebih "wah." Pada akhirnya pendatang baru yang tidak bisa mengikuti tren transportasi bus suatu waktu bisa tersingkir.
Kini pemerintah juga harus memikirkan nasib para operator bus pariwisata, mereka yang masih bertahan di segmen wisata kini pun pasti merasa kesulitan dengan kembali diberlakukannya aturan PPKM, yang artinya tidak semua tempat wisata bisa dikunjungi. Saya pribadi pun terus berdoa dan berharap agar pandemi ini cepat usai, karena selama masa pandemi pemerintah tampak tak punya solusi untuk bisnis transportasi bus di masa sulit yang serba tidak pasti ini.
Sumber Tulisan: Opini dan pengalaman pribadi
Referensi Tulisan: ayonaikbis.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Referensi Tulisan: ayonaikbis.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh deni.ka 10-02-2022 01:26
si.matamalaikat dan 11 lainnya memberi reputasi
10
9.5K
50
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.7KThread•89.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya