• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kalau Ngobrol, Jangan Lakukan Hal Ini! Poin Terakhir Paling Memuakkan

cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Kalau Ngobrol, Jangan Lakukan Hal Ini! Poin Terakhir Paling Memuakkan


Cangkeman.net - Mengobrol merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Terlebih lagi saat berkumpul bersama dengan teman-teman tongkrongan. Bahkan, karena saking serunya obrolan, kita sampai tidak bisa untuk tidak ikut tertawa bersama teman-teman lainnya. Apalagi jika yang jadi teman ngobrol kita adalah orang yang sepemikiran dan sehobi dengan kita. Di momen inilah putrana waktu menjadi lebih cepat dari biasanya. Kita merasa baru beberapa menit ngobrol, eh tau-taunya sudah berjam-jam aja.

Selain menyenangkan, mengobrol bisa juga menjadi kegiatan yang bermanfaat. Ada banyak pengetahuan baru yang bisa didapatkan dari lawan ngobrol kita. Saya akan berusaha berlama-lama berbincang dengan lawan ngobrol jika ada pengetahuan baru yang dapat saya peroleh.

Tetapi, manfaat mengobrol di atas itu sangat tergantung dengan siapa kita mengobrol. Sebab, pada kenyataanya tidak semua orang asyik untuk diajak ngobrol. Berdasarkan pengalaman saya, ada tipe-tipe yang sangat memuakkan ketika diajak mengobrol. Berikut tipe-tipenya.

1. Maunya Cuma Dia Sendiri yang Ngomong
Tipe pertama orang yang memuakkan ditemani ngobrol adalah orang yang penginya cuma dia aja yang ngomong. Orang seperti ini sudah jelas tidak peduli dengan hak dan kepentingan orang lain, yang dia pikirkan cuma dirinya doang. Dia merasa cuma dirinya sendiri yang berhak atas segala sesuatu, makanya pada saat mengobrol pun yang merasa berhak bicara cuma dia. 

Jadi, kalau mengobrol dengan tipe yang seperti ini, mulai dari awal hingga akhir itu dia terus yang bicara. Obrolan terisi dengan cerita-ceritanya yang sebenarnya lebih banyak nggak ada gunanya daripada yang ada gunanya.

Kalau kamu orang yang suka menceritakan pengalaman personalmu saat ngobrol, maka jangan harap ketika kamu menemukan teman ngobrol yang seperti ini, kamu mendapatkan kesempatan untuk bicara. Sebab, setiap kali kamu akan bercerita, dia tidak akan segan-segan memtongnya dan kadang malah mengangkat pembahasan yang baru. Memuakkan banget, sumpah.

2. Maunya Cuma Dia Sendiri yang Didengerin
Tipe kedua ini sebenarnya adalah bagian dari tipe yang pertama. Orang kalau maunya dia aja yang ngomong, pasti juga pengenya dia aja yang didengerin. Bedanya, kalau tipe pertama tadi suka memotong pembicaraan, tipe kedua ini akan terlihat seperti malas dan tidak niat untuk menyimak kalau teman ngobrolnya sedang bicara. Meski saat ngobrol dengannya kita mendapatkan kesempatan untuk bicara, tapi tetap saja memuakkan, karena tidak didengarkan juga. Padahal dia sendiri juga jengkel dan kalau diperlakukan sama seperti itu. Makanya, kalau mengobrol dengan orang seperti ini, lebih baik diam saja dan pura-pura mendengarkan. Untuk apa bicara kalau nyatanya diabaikan juga? Kan memuakkan.

3. Meminta Untuk Menilai Penampilannya
Saya yakin, banyak dari kalian pasti pernah tiba-tiba disodori pertanyaan dari teman ngobrol kalian seperti ini, "Bro, penampilan saya sudah keren belum?" atau "Kalau model rambut saya begini sudah cocok belum?" kadang juga "Kulit saya gelap, yah?" dan sederet pertanyaan sejenis lainnya. Biasanya, pertanyaan itu akan diajukan saat obrolan sedang jeda.

Saya sih heran, buat apa sih meminta orang lain untuk menilai penampilan kita? Saya pikir, untuk mengetahui menarik atau tidaknya penampilan diri sendiri bukanlah perkara sulit sehingga tidak perlu meminta bantuan segala kepada orang lain. Lagipula, perbuatan yang seperti itu juga bisa tergolong sia-sia. Sebab, kecil kemungkinan akan memperoleh jawaban yang jujur. Terlebih lagi jika yang ditanya orangnya nggak enakan. Meskipun menurutnya penampilanmu itu kurang menarik, tetap saja dia akan menjawab yang sebaliknya.

Kalau ngobrol ya ngobrol aja. Nggak perlu sampai diselingi dengan permintaan aneh-aneh yang seperti itu. Emang se-urgent apa juga sih teman ngobrolmu disuruh untuk menilai penampilanmu?

4. Ngobrol Sambil Main Hp
Nah, ini nih teman ngobrol yang juga tak kalah memuakkannya. Bisa dibilang, dibandingkan dengan tipe-tipe sebelumnya, agaknya inilah yang paling banyak bertebaran di muka bumi. Orang-orang pada tipe ini, seolah-olah hidupnya akan terasa hampa tanpa ada hp di tangannya.

Bagaimana tidak bikin muak, saat kamu sedang asyik cerita panjang lebar suatu hal, sedangkan teman ngobrolmu ternyata malah sibuk memandangi layar hpnya sambil senyam-senyum. Pasti muak, kan?

Buat orang dengan tipe ini, saya ingin berpesan bahwa yang harus diperhatikan itu bukan hanya doimu saja, tapi orang yang sedang ngobrol denganmu juga.

Demikianlah empat tipe teman ngobrol yang memuakkan. Jika ternyata kamu termasuk salah satu dari tipe di atas, maka segerelah untuk ber-muhasabah diri. Sebab, tidak menutup kemungkinan yang membuat relasimu saat ini dengan orang-orang di sekitarmu kurang harmonis problemnya ada pada dirimu sendiri. Terkahir, tetaplah berupaya untuk membangun dan menjaga hubungan baikmu dengan semua orang.

Tulisan ini ditulis oleh Riad pada tanggal 2 Januari 2022
7uniar
garpupatah
caerbannogrbbt
caerbannogrbbt dan 25 lainnya memberi reputasi
24
9.4K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.