• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jalan Berlubang & Truk Kembali Merenggut Nyawa Mengapa Jalan Kita Banyak Lubang?

machinAvatar border
TS
machin
Jalan Berlubang & Truk Kembali Merenggut Nyawa Mengapa Jalan Kita Banyak Lubang?

Kecelakaan motor karena jalan berlubang | Suara Surabaya

Kadang miris kalau melihat ada berita seperti ini, 'Seorang Bapak Meninggal Dunia Terlindas Truk, Diduga Karena Terperosok Jalan Berlubang.' Terlepas dari nasib buruk yang menimpa bapak-bapak tersebut, atau kurang waspadanya bapak-bapak tersebut dalam berkendara. Jalan rusak menjadi permasalahan tersendiri yang membuatku mengernyitkan dahi.
Aku sebagai pengguna sepeda motor yang seringkali melewati jalan Bypass Mojokerto, sering juga menjadi korban akibat jalan yang cukup tidak bersahabat ini. Tidak hanya saat menggunakan sepeda motor, saat menggunakan mobil saja bisa merasakan ketidak-bersahabatan jalan ini. Pernah satu waktu, mobil yang aku gunakan tidak sengaja melalui jalan berlubang dan akibatnya, ban mobilnya pecah. Selain karena aku tidak fokus karena ada masalah, aku juga melaju dengan cukup kencang. Untung saja mobilnya nggak oleng.

Jalannya bergelombang cukup parah di beberapa titik dengan tepian aspal jalan raya cukup berbahaya. Tepi aspal jalan raya memiliki kondisi cukup curam dan bisa mengakibatkan terpeleset pengguna sepeda motor yang kurang hati-hati. Kurang lebih ilustrasi tepi aspal itu seperti di bawah ini.

Tepi aspal jalan raya | Google Images

Kemudian, selain kondisi tepi aspal yang cukup membahayakan, kondisi sisi jalan yang tidak beraspal, seringkali tidak kalah membahayakan. Kondisinya berlubang dan yang paling membahayakan adalah ketika musim hujan. Lubang tersebut tertutup kubangan air hujan.
Kadang ada pengendara yang memang tidak sabaran dan tidak berpikir jauh, mungkin karena terburu-buru sebab ada urusan yang sangat penting yang harus segera diselesaikan saat itu juga. Akibatnya, pengendara itu mencoba menyalip kendaraan dari samping kiri dan turun dari aspal. Karena tidak tahu, akhirnya roda depan terjerembap ke dalam lubang jalanan. Karena tidak siap, oleng ke kanan, jatuh, dan terlindas truk atau kendaraan besar lainnya.

Ilustrasi gambar | Dokumen Pribadi
Quote:




Mati hidup seseorang memang tidak ada yang tahu, baik waktu, penyebab, maupun lokasinya. Namun, dari berita ini, ada hal yang perlu diketahui lebih jauh. Mengapa jalan di Indonesia banyak sekali yang berlubang dan rusak? Selain tidak nyaman bagi pengendara, kondisi tersebut juga sangat membahayakan pengguna jalan. Dan hal yang paling membagongkan adalah, kenapa perbaikan jalan seringkali dikerjakan saat musim hujan? Bukankah musuh utama kerusakan hujan adalah air?

Quote:

Aku tidak paham dengan macam-macam kekuatan aspal yang digunakan di jalan raya. Namun, aku rasa, sebagai orang yang bisa berpikir sehat. Aku rasa itu jalan raya memang seperti lahan yang memang dibiarkan basah, agar uang bisa berputar di lahan tersebut dan bisa dinikmati oleh mereka yang bisa mengakses sari-sari lahan basah tersebut. 
--
Terimakasih sudah membaca trit siangku
Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose
Sumber terlampir & opri



muhamad.hanif.2
jiresh
primzlegacy666
primzlegacy666 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
6.6K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.