riandyogaAvatar border
TS
riandyoga
Apa Salahnya Sukses Dengan Manfaatkan Privilese?
Quote:


Hai GanSis! Saat ini kata privilese sudah mulai akrab disekitar kita. Kalau dulu mungkin ada yang menyebutnya nepotisme, tapi memang kedua kata itu berbeda. kata privilese merupakan kata serapan dari privilegie (Belanda), dari bahasa Latin privilegium 'hukum yang berpihak atau berlaku kepada individu tertentu'. Atau sering kita jumpai dari bahasa Inggris, privilegeyang artinya hak istimewa.


Sejauh yang saya tahu privilese itu gak dosa dan gak melanggar hukum, kecuali dengan beberapa catatan. Namun belakangan privilese dinarasikan sebagai sesuatu yang memalukan dan jadi bahan olok-olok. Siapa yang bilang begitu? Netizen.


Konteksnya disini tentang Putri Tanjung. Anak muda sukses dan stafsus milenial. Namun publik seolah gak mengakui pencapaiannya, sebab Ia punya privilese sebagai anak Chairul Tanjung, konglomerat ternama Indonesia.


Posisi saya disini gak sedang lagi menghakimi siapapun. Hanya bertanya, memang apa salahnya sukses dengan memanfaatkan privilese?


Jawaban saya sendiri, ya tidak salah dan tidak masalah. Tapi dengan catatan. Menjadi salah bila seseorang tersebut tidak jujur. Mengaku sukses mulai dari nol, padahal tidak. Berbohong dengan tujuan untuk pamer atau tujuan tipu-tipu. Seperti ada orang yang mengaku crazy rich, meromantisasi kisah suksesnya demi kepentingan pribadinya.


Dunia akhir-akhir ini memang aneh ya kawan! Ada orang gak mengakui privilese yang melekat pada dirinya, sehingga klaim dirinya sukses karena kerja kerasnya sendiri. Sementara sekalipun sudah berjuang keras dengan kemampuan sendiri, orang-orang diluar sana tetap tidak mengakui sebab ada privilese disana.


Lalu apakah kita perlu memikirkan semua ini? Gak juga.


Prinsip saya, yang juga ini saya dapatkan dari guru di SMK. Bahwa manfaatkan privilese untuk jadi sukses itu gak salah, jika ada peluang ya embat aja!!


Jika ada relasi atau orang dalam yang menawarkan lowongan pekerjaan, ya mengapa gak?  Selama kita mampu untuk posisi tersebut, maka ambil.


Namun jika kita gak mampu untuk posisi tersebut, maka mundur saja. Karena itu bukan hak kita, sebab ketidakmampuan tadi. Biarkan untuk orang lain yang lebih mampu dan layak.


Prinsip seperti itu pernah saya lihat langsung, ada orang yang saya kenal, punya orang tua yang berpengaruh di suatu perusahaan. Sebenarnya dia ditawari pekerjaan, posisinya pilih sendiri, dijamin diterima. Tapi dia memilih sebagai karyawan biasa karena menyadari kemampuannya.


Karena jika dia maksa ambil jabatan tinggi, sekalipun diberikan karena privilese, namun itu akan jadi masalah dikemudian hari. Pertama dia akan merebut hak orang yang lebih berhak. Kedua, menjadi masalah sebab tanggung jawab pekerjaan yang tidak sesuai keahliannya.



Sampai sini semoga GanSis paham poin yang ingin saya sampaikan.


Saya kira kita jangan terlalu kaku dengan istilah "privilese" yang selalu dikaitkan dengan harta dan jabatan. "Mindset" juga bisa disebut privilese, seperti yang baru-baru ini viral.



Sudah ya, saya gak bisa banyak bicara lagi. Karena saya merasa gak punya banyak privilese. Sebagai orang-orang yang tidak punya banyak privilese, kalau bisa kita jangan sampai "mental block"bahwa sukses hanya bisa diraih oleh orang yang punya privilese.

Selama kita layak untuk mendapat sebuah privilese, maka manfaatkan. Jangan sampai kita terlalu kaku atau takut dikata-katain hidup dari privilese, maka sekonyong-konyong kita menolak sebuah kesempatan emas. Bodoh sekali!


Privilese bisa dalam bentuk apapun, bisa berupa ilmu, kesehatan, keluarga harmonis, sahabat dan sukur² dapat warisan sepetak tanah. Apapun itu jangan abaikan dan jangan sia-siakan itu semua.


Diakhir thread, saya ingin bertanya lagi, apakah salah sukses berkat privilese?


Sebagai perbandingan saya kutip pernyataan dari orang-orang sukses yang diduga berkat privilese.

Quote:


Quote:


Quote:


Silahkan berkasak-kusuk GanSis!!

Rianda Prayoga
Binjai, 6 Februari 2022


Spoiler for sumber & referensi:
Diubah oleh riandyoga 11-02-2022 03:09
EriksaRizkiM
embelgedess
asamboigan
asamboigan dan 23 lainnya memberi reputasi
18
9.8K
215
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.