Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
TB Hasanuddin: Pemerintah-DPR akan Revisi UU TNI soal Batas Usia Pensiun
TB Hasanuddin: Pemerintah-DPR akan Revisi UU TNI soal Batas Usia Pensiun

Jakarta - Batas usia pensiun personel TNI digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Anggota Komisi I TB Hasanuddin menyebut pemerintah dan DPR RI tengah menyiapkan revisi UU TNI.

"Pemerintah pun bersama dengan DPR RI, khususnya komisi I sedang melakukan persiapan dilaksanakannya revisi UU TNI," kata TB Hasanuddin, saat dihubungi, Rabu (9/2/2022).

Dimana salah satu substansi yang akan direvisi nantinya terkait dengan batas usia pensiun prajurit TNI. TB Hasanuddin menyebut batas usia pensiun yang sebelumnya pada usia 58 tahun akan menjadi 60 tahun.

"Salah satu substansi yang direvisi diantaranya adalah usia pensiun, yang tadinya 58 menjadi 60," tuturnya.

TB Hasanuddin menjelaskan bahwa saat ini usia pensiun perwira tinggi Polri dan TNI sama, yaitu pada usia 58 tahun. Sedangkan usia pensiun ASN dan Kejaksaan yaitu 60 tahun.

"Berdasarkan UU TNI dan UU kepolisian usia pensiun perwira tinggi itu adalah 58 tahun. Kemudian ada kebijakan pemerintah untuk ASN itu pensiunnya menjadi 60, Kejaksaan yang tadinya usia pensiun 62 sudah di revisi dan keluar UU Kejaksaan baru tahun kemarin dari 62 jadi 60," tuturnya.

Sehingga, dengan adanya hal tersebut TB Hasanuddin menilai gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi menjadi relevan.

"Jadi kalau ada orang yang membawa ke MK itu relevan," kata TB Hasanuddin.
Jenderal Andika Minta MK Adil

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memberikan tanggapan atas gugatan Euis dkk. Sebagai pihak terkait dalam gugatan itu, Andika menjelaskan kepada hakim bahwa saat ini memang batas usia TNI sedang dibicarakan pemerintah bersama DPR RI.

"Mengenai perubahan batas usia pensiun, kami menjelaskan bahwa saat ini pemerintah dan DPR RI akan membahas rencana UU perubahan atas UU TNI yang telah masuk dalam daftar program legislasi nasional," ujar Andika saat hadir secara virtual dalam sidang MK, Selasa (8/2).

Andika mengatakan rencana perubahan UU TNI itu salah satunya membahas tentang batas usia prajurit TNI, sebagaimana gugatan yang dilayangkan Euis dkk. Andika tidak menjelaskan rinci apa saja isi RUU tersebut, yang pasti dia menegaskan saat ini pihaknya sedang membicarakan itu di DPR.

Diketahui, Permohonan judicial review (JR) UU 34/2004 tentang TNI terkait batas usia pensiun personel TNI diketahui diajukan Letkol (Purn) Euis Kurniasih bersama lima rekannya ke MK.

Euis dkk meminta perwira tinggi (Pati) TNI dengan keahlian khusus pensiun di usia 60 tahun seperti pati Polri. Terkait permohonan itu, Andika pun meminta hakim memutus perkara ini dengan adil.

https://news.detik.com/berita/d-5935...s-usia-pensiun

TB Hasanuddin: Pemerintah-DPR akan Revisi UU TNI soal Batas Usia Pensiun

Selamat ya pak andika.. emoticon-I Love Indonesia (S)


Spoiler for Lagi proses juga di MK:



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 10-02-2022 02:23
muhamad.hanif.2
Jazed
Jazed dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
2K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.