ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Angkot AC Mikrotrans Terbaru Jakarta, Sudah Berpintu Otomatis
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi GanMikrotrans sis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar angkot AC Jakarta terbaru yang baru-baru ini rilis 60 unit dengan pintu otomatis.


AC pada kendaraan merupakan suatu penentu kenyamanan mobil di Indonesia. Mau S Class pun, di cuaca panas, macet-macet tengah kota tanpa AC pun akan sangat tidak nyaman karena pastinya kita akan kepanasan.

Begitu pula angkot. Angkot AC sudah ada sejak beberapa tahun lalu, dan bertahap hingga sekarang jumlahnya makin buanyak. Angkot AC di masa depan mungkin akan menggantikan angkot standar yang tanpa AC.


Transjakarta baru merilis 60 unit angkot AC Mikrotrans beberapa minggu lalu untuk tahap awal. Mikrotrans yang dirilis ini menggunakan basis dari Suzuki Carry, yang dikonversikan ke kendaraan penumpang. 

Fitur yang ada di dalam Mikrotrans terbaru ini bisa dibilang banyak untuk sebuah angkot. Seatbelt di tiap kursi ada, fire extinguisher, 4 kamera CCTV, GPS, AC, palu pemecah kaca, panic button, TV digital, dan pintu otomatis. Sisanya mungkin fitur-fitur bawaan Suzuki Carry.


Ada juga jendolan di atas kaca depan yang berguna untuk memasang running text. Layaknya Metrotrans, running text ini sangat berguna untuk menunjukkan rute yang akan ditempuh oleh angkot.

Sistem pembayaran yang digunakan oleh Mikrotrans ini sudah canggih. Menggunakan TOB atau Tap On Bus, jadi kartu Jaklingko di-tap di tempat TOB tiap kali penumpang keluar dan masuk. 


Trayek yang dilayani beragam, hanya saja ane belum mendapat informasi mana saja trayeknya, terintegrasi transportasi umum lain pastinya. Tarifnya gratis (kemungkinan besar untuk sementara, nantinya akan berbayar), hanya saja tetap diperlukan tap in dan tap out tiap kali masuk dan keluar menggunakan kartu Jaklingko.

Ane kurang tahu ini body belakangnya pakai karoseri atau dibuat di Suzuki. kemungkinan sih seperti angkot-angkot biasa, body belakangnya dibuat di karoseri, jadi macam Elf Microbus, dari diler dapatnya sasis dan body depan, serta dasbor, lalu dibawa ke karoseri untuk bikin body belakang. 


Mekanisme pintu otomatisnya, dikontrol oleh pengemudi. Kabarnya juga bisa pakai sensor, jadi penumpang yang buka. Mekanisme sensornya juga ane kurang tahu, apakah pakai sensor tangan atau kick sensor, atau pakai handle yang ditarik macam mobil-mobil roti tawar. Tentu ini jauh lebih praktis daripada harus narik-narik pintu buat buka pintu dan menutupnya kembali.

Ane belum pernah mencoba angkot AC Mikrotrans ini, jadi belum tahu ini beneran enak atau tidak enak. Mungkin Gansis yang sudah coba bisa komen dibawah agar mengobati penasaran ane nihemoticon-Ngakak (S).


Nah, jadi gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!


Sumber: 123
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
emineminna
danQe
EriksaRizkiM
EriksaRizkiM dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5.2K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.