• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Smart Tv Vs Android Tv, Siapa Menang, Kamu Jagoin Siapa? (Ini Bedanya!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Smart Tv Vs Android Tv, Siapa Menang, Kamu Jagoin Siapa? (Ini Bedanya!)


[ HT# 938 ]

Dunia hiburan keluarga sebelum era Youtube, Netflix dan sejenis mendominasi hanya ada acara-acara tv nasional dan swasta yang jadwalnya 'kaku' terprogram, tidak semau kita yang tinggal skip mencari konten lama dan terkini yang pastinya sesuai selera dan suasana hati.

Dulu tontonan ibarat pemirsanya dimonopoli dan memang tidak ada pilihan lain. Tapi kini semenjak kehadiran internet, tv pun (kalau tidak ingin ditinggal pemirsanya) mengadaptasi teknologi dan fitur kekinian. Senang, ternyata umur pakai tv bisa berlanjut, setidaknya untuk 10 tahun kedepan?

Kehadiran smart tv dan Android tv tentu menjadi angin segar bagi industri hiburan keluarga dirumah. Ditanamnya prosesor, sebuah Tv terkoneksi internet itu artinya pintu hiburan dan informasi sudah terbuka lebar, bukan sekedar menonton tapi segala hiburan digital 2 arah bisa kita nikmati.



Secara garis besar tv Android adalah bagian dari smart tv, dan smart tv tidak selalu bagian dari Android tv. Jadi saat akan membeli kamu bisa tanyakan ke penjual mana yang hanya smart tv saja dan mana yang Android tv.

Buat kamu yang lagi galau mau membeli smart tv atau Android tv kunci awal yang harus diketahui adalah menyesuaikan kebutuhan: Apakah kamu penonton setia acara tv yang sekali-kali terhubung internet atau ingin juga memindahkan konten smartphone ke layar tv?

Jika kamu tipe orang penonton setia acara tv layaknya tv konvensional maka pilihan bisa jatuh ke smart tv tapi juga bisa terkoneksi internet, serta menerima siaran tv digital. Dan kamu yang menginginkan fitur lebih dari sekedar smart tv, hiburan yang lebih beragam maka Android tv jadi pilihanmu.



Kalau bicara persamaan keduanya rata-rata bisa mensiarkan acara tv lokal (tanyakan ke penjual apakah support DVB-T2 untuk menangkap siaran digital antena UHF tanpa internet, untuk Android tv biasanya ada tambahan alat lagi), main game, nonton film, internetan harus terkoneksi internet provider internet rumah atau cukup dengan tethering atau hostspot via smartphone pun bisa (tapi lebih boros paket).



Dipasaran juga beredar perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai STB (Set Top Box). Fiturnya serupa dengan TV Box tapi perangkat ini sudah tertanam OS (Operating System) Android. Untuk menggunakannya tinggal colok kabel HDMI ke layar LED/LCD TV di rumah, Jadi deh smart tv!


Lalu dimana perbedaannya secara garis besarnya? Smart tv memiliki (in house) versi OS bawaan pabrikannya, sedang Android tv otomatis OS Android yang terinstal di smart tv, keduanya bukan tv yang berbeda tapi Android tv 'nebeng' di smart tv sebagai sebuah OS terinstal yang berbeda. Software keduanya sama-sama bisa diupdate, tapi versi Android tv kemungkinan lebih sering.

Smart tv bisa jadi Android tv tapi Android tv harus terinstal di smart tv. Jadi kalau kamu sedang mencari smart tv versi Android jangan lupa tanyakan penjualnya mana yang Android tv, ya! Ciri khas mengenalinya amat mudah apakah di menunya terdapat PlayStore, jika tidak ada bisa jadi itu hanya sebuah smart tv.

Mana yang lebih menyenangkan saat pengoperasiannya serta dukungannya? Bagi pengguna hp Android pasti akan cepat beradaptasi dengan tampilan menu dan fiturnya, sedang smart tv harus beradaptasi dengan menu-menu OS (Operasi Sistemnya).



Secara dukungan fitur tentu Android lebih kaya, ada beragam menu, dan aplikasi yang bisa di instal (beberapa Android tv memiliki memori internal lebih besar, semakin besar semakin bagus) layaknya sebuah aplikasi di hp. Dukungan hiburan dan ribuan aplikasi tersedia di Playstore membuat Android tv seolah smartphone yang berpindah ke layar lebar. Sedangkan smart tv hanya kalah di minim dukungan aplikasi pihak ketiga seperti halnya PlayStore (kalaupun ada jumlahnya terbatas).

Pertanyaan selanjutnya adalah mana yang harus dipilih untuk pemakaian jangka panjangnya? Melihat perkembangan Android yang sudah menjadi bagian dari hidup kita sepertinya Android tv akan jadi pemenangnya, tapi disini keamanan privacy mungkin perlu dipertanyakan karena sekali data kita dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka mereka akan dengan mudah masuk lewat 1 akun Google kita yang terintregasi dengan gadget termasuk Android tv. Saran saya gunakanlah akun khusus untuk login di Android tv atau smart tv.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 09-02-2022 01:29
fansdemilovato
jlamp
gaul12
gaul12 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
6.1K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.