• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Melihat Lagi 9 Kartun Klasik Amerika yang Pernah Tayang di Indonesia di Era 90an

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Melihat Lagi 9 Kartun Klasik Amerika yang Pernah Tayang di Indonesia di Era 90an


Bagi anak-anak yang lahirnya di era 90an, pasti pernah merasakan kejayaan kartun klasik Amerika yang pernah ditayangkan di Indonesia pada tahun 90an sampai awal 2000an. Era keemasan kartun Amerika sendiri terjadi pada era 1930an hingga 1960an dengan menghasilkan berbagai tokoh-tokoh kartun ikonik yang mudah dikenali oleh banyak orang.

Kartun Amerika zaman dulu durasinya terbilang singkat sehingga cocok untuk ditonton oleh anak-anak, dulu juga kartun Amerika bersaing dengan anime Jepang namun untuk saat ini kartun Amerika memang kalah telak oleh anime Jepang lebih bervariasi.

Nah, gan berikut ini adalah beberapa kartun Amerika klasik Jepang yang pernah tayang di tv Indonesia.

1. Klub Disney Indonesia


Disney memang sangat dekat dengan penggemarnya di Indonesia jauh sebelum ada Disney Plus. Ada Klub Disney Indonesia yang dulu pernah tayang di Indosiar. Acaranya menayangkan kartun unggulan Disney mulai dari kartun klasik Mickey Mouse, Donal Bebek, Gufi, dan kartun klasik lainnya. Juga ada serial kartun Disney lainnya seperti Aladdin dan Lilo and Stich. Semua acaranya ramah anak dan cocok ditonton untuk seluruh anggota keluarga.

2. Tom and Jerry


Tom and Jerry buatan MGM alias yang original rasanya adalah sebuah kartun masterpiece yang dibuat oleh William Hanna dan Joseph Barbera. Kartun ini dulu sering diputar oleh TPI (MNCTV) setiap sore hari, kalau tidak salah ditayangkan setelah program Benteng Takeshi. Dulu TPI acaranya lumayan bagus-bagus sih gan.

Meski ada beberapa versi Tom and Jerry seperti versi buatan Warner Bros tapi tetap saja Tom and Jerry buatan MGM tetaplah yang terbaik.

3. Looney Tunes


Kartun klasik yang sangat terkenal namun nampaknya anak-anak zaman sekarang banyak yang tidak tahu siapa itu Bugs Bunny, Daffy Duck, dan Porky Pig. Kartun kocak ini menemani masa kecil anak-anak 90an di Indonesia. Bugs Bunny, kelinci koplak dengan segala akal bulusnya menghindari dari kejaran pemburu, Daffy Duck bebek gila dengan tingkah lakunya yang konyol, membuat Looney Tunes sangat memorable.

Saking terkenalnya, Looney Tunes sempat dibuatkan film layar lebarnya dengan collab bersama dengan pebasket tersohor di masa itu, Michael Jordan.

4. Casper the Friendly Ghost


Kartun klasik Casper pernah ditayangkan di Indonesia di akhir 90an oleh TPI. Yang ditayangkan di TPI saat itu adalah kartun Casper yang diproduksi oleh Harvey Toon. Cerita pendek di setiap episode biasanya si Casper selalu mencari teman tapi yang didatanginya selalu ketakutan melihat Casper.

Casper pernah dibuatkan versi live actionnya pada film rilisan tahun 1995 dan filmnya juga dulu pernah ditayangkan di bioskop Trans TV.

5. Woody Woodpecker


Selain versi modernya, kartun Woody Pecker versi klasik juga pernah ditayangkan di TV Indonesia, kalau tidak salah selain di TPI juga pernah ditayangkan di Trans TV ketika awal-awal berdiri. Woody adalah seekor burung platuk jenis berparuh gading yang doyan melatuk kayu pohon. Tak kalah kocak dengan Bugs Bunny dan disukai oleh anak-anak karena lucu dan imut.

6. Popeye The Sailor Man


Kartun klasik ini yang membuat anak-anak jadi suka makan bayam, sayuran yang sebenarnya kurang begitu disukai karena rasanya yang hambar. Meski menyehatkan, bayam bukanlah sumber energi yang baik yang bisa memberikan tenaga seperti Popeye. Kartun ini dulu pernah tayang di TPI kemudian juga sempat ada di antv.

Setiap episodenya, Popeye selalu berseteru dengan brutus dan melindungi pacarnya, Olive Oyl.

7. Scooby Doo


Scooby Doo adalah kartun klasik produksi studi Hanna-Barbera yang ikonik dan juga dulu sempat ditayangkan di TPI. Ya, TPI dulu memang menjadi gudangnya kartun-kartun Amerika terkenal. Scooby Doo dan Shaggy begitu penakut tapi mereka berdualah yang menjadi tokoh utama dan jadi favorit para penonton. Di setiap episodenya, terungkap kalau hantunya adalah manusia yang menyamar untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

8. Tiny Toons Adventures


Meruopakan cabang dari Looney Tunes atau bisa dibilang ini adalah Looney Tunes versi kecil dengan menghadirkan tokoh-tokoh seperti Buster dan Babs Bunny serta Plucky Duck. Kartun ini cukup populer sehingga diadatasi ke dalam video game untuk konsol Sega Mega Drive. Tiny Toons Adventures ini sempat ditayangkan di TPI pada akhir tahun 90an.

9. The Harveytoons Show


Meski tidak sebesar kartun Disney dan Looney Tunes, namun Harveytoons sempat ditayangkan di Indonesia melalui channel TPI. Selain Casper, ada juga karakter lainnya seperti Baby Huey,dan Katnip Cat. Walaupun kurang begitu terkenal, tapi setidaknya kartun klasik ini cukup sering ditayangkan oleh TPI di era awal 2000an.

Nah, gan. Ada kartun yang lainnya enggak? emoticon-Big Grin

Referensi:
https://en.m.wikipedia.org/wiki/The_...rveytoons_Show

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Looney_Tunes
opicke
bukan.bomat
captainpirates
captainpirates dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.9K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.