• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wajib Baca! (Maybe) Pecahkan Rekor di YouTube, 3 Bulan Mendapatkan 4 Juta Subs

machinAvatar border
TS
machin
Wajib Baca! (Maybe) Pecahkan Rekor di YouTube, 3 Bulan Mendapatkan 4 Juta Subs

Sumber screenshot | Beluga

Bagi banyak orang yang merasa frustasi membangun channel YouTube dan membangun komunitas di kanalnya tersebut, mungkin berita ini menjadi berita yang harus dibaca. Aku sendiri menulis di KasKus ini juga sambil mempelajarinya sih. Selain juga sambil belajar sambil mencari cuan. Hehe.


Sumberscreenshot | YouTube

Baiklah, aku mulai mencatat materi pelajaranku saat ini. Sepertinya tritku ini belum ada yang mengulas, baik di artikel 'luar sana' maupun di KasKus.  Agan aganwati yang mau melanjutkan membaca, silahkan. Tidak tertarik dengan YouTube, silahkan. Grafik di atas adalah grafik dari pencapaian subscribernya Beluga. Hanya dalam beberapa bulan, subscribernya mencapai 4 juta. Dia membuat sejarah dalam dunia per-YouTuban. 


Pertama, Beluga ini bukanlah orang baru di dunia per-YouTuban. Maksudnya adalah, dia mungkin sudah gagal berkali-kali membuat channelnya. Namun, setelah banyak sekali pelajaran yang dia kumpulkan, dia akhirnya membuat satu video yang mengangkat channelnya. Nama channelnya sebelumnya adalah 'Survival Mode' dan menggantinya dengan nama Beluga. Channel dia sebelumnya membahas tentang dunia Minecraft. Dan ditambah lagi, dia sudah pernah berhasil membangun channel bernama Explore Lucid Dreaming dnegna subs hampir 1 juta.  Lalu beralih menjadi video tanpa voice oversama sekali seperti di bawah ini. 



Mengapa dia bisa berhasil penonton yang begitu banyak (29 juta penonton)? Hal yang pertama aku sadari adalah videonya membuat aku bertahan sampai akhir. Aku tidak bisa berbohong, konsep videonya keren. Sepertinya remeh temeh, tapi percayalah, membuat konsep seperti itu sangatlah sulit. Dia ahli dalam hal Story telling. Tanpa Vice over sama sekali.

YouTube merupakan tempat yang sangat kompetitif, utamanya dalam hal kreatifitas. Ditambah lagi penontonnya kan juga manusia, artinya sangat sulit membuat sesuatu yang sama sekali berbeda dengan konten yang sudah ada saat ini. Untungnya, YouTube saat ini lebih manusiawi, mengangkat video yang bener-bener berkualitas, meskipun sudah ada yang membuat sebelumnya. Dan, YouTube menyarankan video yang berkualitastadi kepada penonton yang tepat. Artinya, penonton tersebut bisa dikata pasti suka dengan video tersebut.

Masalahnya adalah jika tidak ada yang menonton sama sekali video yang kita buat, bagaimana YouTube menyarankan video bagus kita ke penonton yang relevan lainnya?
Di sini Beluga sebelumnya sudah berhasil membangun komunitas di YouTube. Dia hanya perlu melakukan promosi silang pada channel yang sudah ada sebelumnya. Ketika YouTube sudah memiliki data tentang bagaimana video kita (baik atau buruk) dengan ukuran Impression CTR & Average View Duration, YouTube akan melakukan penilaian dan memberikan reward kepada video bagus kita. Atau, kalau CTR & AVD jelek, ya YouTube melirik doang
Quote:

Kedua, Beluga pandai memainkan waktu. Dia hanya membuat video dengan durasi sekitar 3 menit. Dengan alur cerita jenius, tanpa suara manusia sama sekali, drama chat ini menjadi tontonan yang bisa membuat orang bertahan sampai akhir. Tidak hanya itu, dengan menggunakan waktu yang singkat ini, Beluga memiliki keuntungan tersendiri. Memaksa penonton untuk tidak mengalihkan matanya dari video sangat super sederhana tersebut, karena jika beralih saja, dia tidak akan tahu alur ceritanya bagaimana.

Di sini Beluga juga memainkan psikologi penonton, jika dia melewatkan satu detik video tersebut, dia tidak akan tahu maksud dari video tersebut, jika tidak tahu maksud video terebut, perasaan tidak nyaman muncul, jika perasaan tidak nyaman muncul, akhirnya dia kembali ke waktu sebelumnya untuk melihat percakapan yang tidak sempat dia baca. Ini yang menjadikan durasi waktu bertambah. Ini bisa terjadi jika skema ceritanya tidak bisa ditebak. Benarkan? Tidak semua orang bisa membuat alur cerita seperti yang Beluga lakukan.
Finally, YouTube melirik video dia dan menyuguhkan ke penonton baru dengan selera hiburan yang sama. Beluga memenangkan permainan atas konten-konten yang sama dengan durasi yang lebih lama! Penontonnya under 1.000.000.

Quote:

Ketiga, menggunakan suara yang  memainkan psikologi manusia. Ini ide yang sangat cemerlang yang dilakukan Beluga. Saat mata terus menerus melihat layar, telinga juga dipaksa untuk aktif mendengarkan. Ini membuat penonton mau berlama-lama menonton videonya karena suara-suaranya menghibur penontonnya dan tidak ada rasa bosan.


Dengan adanya suara ini, manusia bisa merasakan kondisi dalam percakapan tanpa suara manusia tersebut. Penonton seolah bisa masuk ke dalam drama singkat tanpa suara manusia tersebut.
Quote:

Keempat, Beluga membuat judul dan thumbnail yang sangat relatable dengan kehidupan sehari-hari manusia. Contohnya seperti di bawah ini.

Jangkauannya? Tak terbatas (selama orang bisa menggunakan YouTube sendiri dan bisa membaca). Judulnya singkat tidak bertele-tele seperti judul di YouTubeku yang tidak laku ini.emoticon-Ngacir


Thumbnailnya tidak menarik, judulnya juga sangat panjang. Hahaha. Isi videonya? Pas-pasan. Aku yakin banyak yang skip video ini kalau lewat di beranda YouTube agan aganwati. *kayaknya nggak mungkin juga lewat di beranda YouTube agan aganwati. YouTube aja nggak tertarik sama video ane. Haha.

Lalu, memberikan angka-angka tidak jelas pada judul. Dia memberikan angka yang tidak umum. Kalau dia beri angka 10, itu terlalu sempurna. Berikan ketidaksempurnaan sedikit pada dirimu, orang akan melihatmu lebih manusiawi. *apa sih 

Kemudian membuat thumbnail  sangat relevan dengan sudut pandang orang pertama. Thumbnail seolah seperti nggak niat banget kan ya? Tapi dari sisi psikologi, manusia akan merasa hal itu pernah dia lihat. Jadi jari ini tidak tahan untuk mengkliknya.

Quote:

Gimana? Menarik bukan videonya? Kalau tidak menarik, artinya anda bukan pasarnya. hehe.
--
Terimakasih sudah membaca trit catatanku hari ini.
Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose
Sumber terlampir & opri.


vemaly.putri561
cor7
gienlee
gienlee dan 32 lainnya memberi reputasi
33
15.6K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.