Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kardus2020Avatar border
TS
kardus2020
Bamsoet Jual 3 Video di OpenSea, Uangnya untuk Bangun Masjid
Bamsoet Jual 3 Video di OpenSea, Uangnya untuk Bangun Masjid

VIVA – Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) tertarik dengan tren non-fungible token atau NFT. Ia akan menjual tiga video kecelakaan dirinya pada tahun lalu bersama Sean Gelael di marketplace OpenSea.

Hasil penjualannya akan disumbangkan untuk membangun masjid. Ia diketahui mengalami kecelakaan saat mengikuti ekshibisi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Meikarta Sprint Rally di Sirkuit Meikarta pada November 2021. Masing-masing video akan dijual dengan harga 5 Ethereum.

Harga 1 Ethereum saat ini nilainya mencapai US$2.840 atau Rp40 jutaan. "Seluruh hasil penjualan, baik yang didapat dari penjualan perdana maupun royalti setiap kali video tersebut nantinya diperjualbelikan kembali oleh para pihak lainnya, akan saya sumbangkan untuk pembangunan masjid," kata Bamsoet, mengutip dari akun Instagram @bambang.soesatyo, Minggu, 6 Februari 2022.

Meski demikian, ia tidak secara gamblang bicara soal bagaimana dan kapan itu akan segera dijual. Langkah ini juga sebagai dorongan untuk anak muda bisa memanfaatkan kemajuan dari teknologi informasi yang menunjang sektor ekonomi digital. "Mengingat perkembangan NFT di dunia semakin meningkat, berbagai pihak dari mulai generasi senior maupun junior harus bisa beradaptasi. Jika tidak, bukan hanya akan ketinggalan zaman melainkan juga akan tergilas roda ekonomi digital," papar Bamsoet.

Keterlibatan Bamsoet meramaikan pasar NFT bertujuan untuk mendorong generasi muda untuk aktif memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang menunjang sektor ekonomi digital. NFT adalah aset digital yang menggunakan teknologi Blockchain yang mendukung Bitcoin, Ethereum, dan aset kripto lain untuk merekam transaksi di dalamnya.

NFT akan mewakilkan barang berharga yang unik dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Barang yang bisa dijadikan sebagai aset NFT berupa foto, video, aset game, musik, dokumen, dan lain sebagai. Harga jual yang didapatkan bergantung faktor subjektif, seperti kreativitas, kualitas aset, hingga reputasi si pemilik.


Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Minggu, 6 Februari 2022 - 16:06 WIB
Judul Artikel : Bamsoet Jual 3 Video di OpenSea, Uangnya untuk Bangun Masjid
Link Artikel : https://www.viva.co.id/digital/digil...-bangun-masjid
Oleh : Lazuardhi Utama,Misrohatun Hasanah


--------
Untuk saat ini, Membangun masjid mungkin adalah aktivitas yang sia sia. Masjid di Indonesia sudah terlalu banyak karen Overbuild dalam 10 tahun terakhir. Memperbagus masjid juga merupakan tindakan sia sia karena jama'ah semakin kesini semakin sedikit.

Yang justru harus di khawatirkan adalah terjadinya bubble masjid dimana supply lebih besar dibanding demand dan akan banyak masjid yang tidak dipakai lagi karena tidak adanya biaya operasional.

Dan jangan Lupa:

Bertambanya masjid hanya akan menambah jumlah TOA yang semakin membuat polusi suara.... emoticon-Blue Guy Bata (L)
meooong
muhamad.hanif.2
aldonistic
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.2K
54
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.