ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Konfigurasi 1-1-1 Pada Bus Zaman Now, Tetap Aman!
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar konfigurasi 1-1-1 pada bus zaman sekarang di masa pandemi nih.


Pada masa pandemi, kita dianjurkan untuk menerapkan social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini ditujukan supaya virus tidak mudah menular dan rantai penyebaran virus terputus.

Tak terkecuali di dalam transportasi umum, termasuk juga di dalam bus. Masalah yang timbul dengan konfigurasi 2-1 dan 2-2 adalah kapasitas penumpang yang menjadi sangat sedikit apabila menerapkan social distancing.


Untuk konfigurasi 2-2 sendiri, kapasitas yang bisa ditampung hanyalah 50% karena dalam satu row hanya boleh ada 2 penumpang yang jaga jarak, meskipun kapasitasnya per row adalah 4 penumpang.

Konfigurasi 2-1 memang agak mendingan namun masih tetap rendah. Hanya bisa menampung sekitaran 66% penumpang karena dalam satu row, yang mestinya isinya 3, hanya bisa diisi 2 orang penumpang. 


Nah, karoseri dan PO pun menghadirkan solusi untuk masalah ini, kapasitas penuh namun tetap aman dan tetap menerapkan social distancing. Konfigurasi kursi 1-1-1, yup!

Dahulu, konfigurasi kursi 1-1-1 tidak dipakai karena dianggap sangat tidak praktis, memiliki gang yang sempit dan mempunyai kapasitas lebih sedikit. Namun sekarang, dalam kondisi pandemi, konfigurasi 1-1-1 justru sangat berguna.


Memang, kapasitasnya jauh lebih sedikit dibanding konfigurasi 2-2, namun dibanding konfigurasi 2-2 dan 2-1 dengan social distancing, konfigurasi 1-1-1 mampu menampung penumpang dengan jumlah 50% lebih banyak. 

Karoseri-karoseri ternama Indonesia juga sudah membuat banyak body dengan konfigurasi 1-1-1 ini. Misalnya Laksana, dengan social distancing bus yang sudah dirilis sejak pertengahan 2020 lalu. Atau Adiputro dengan New Normal Bus, dan juga karoseri-karoseri lain pun ada.


Konfigurasi ini bisa dipakai di bus eksekutif dan bus super eksekutif. Bus ekonomi pun tentunya juga bisa, kalau PO mau. Saat ini, memang konfigurasi 1-1-1 sudah cukup populer digunakan, di berbagai PO di Indonesia.

Bus dengan konfigurasi ini juga banyak yang sudah dilengkapi dengan filter-filter udara guna membersihkan udara agar lebih bersih dan aman dari virus. Misalnya Air Purifier, HEPA Filter, dan lain sebagainya. 


Tidak hanya single-decker, bus Double Decker ada juga yang konfigurasinya seperti ini. Misalnya Jetbus 3+ SDD milik PO Gunung Harta yang memiliki konfigurasi kursi full 1-1-1 di lantai atas dan di belakang sleeper class, di dek bawah.

Rute-rute bus yang melayani penumpang di Pulau Jawa, yang menggunakan bus berkonfigurasi 1-1-1 tergolong cukup banyak. Namun memang kebanyakan AKAP, untuk AKDP yang rutenya didalam provinsi masih jarang.


Nah, itulah isi thread ane yang membahas seputar konfigurasi bus 1-1-1. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 123
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
knoopy
tololmenahun
oulaaa
oulaaa dan 27 lainnya memberi reputasi
28
5.3K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.