provocator3301Avatar border
TS
provocator3301
17 Material Termahal Di Dunia


Selama berabad-abad, banyak orang percaya bahwa emas adalah salah satu bahan paling mahal di dunia. Namun, ini sepenuhnya salah.
Berikut sudah saya rangkum material-material termahal yang ada di dunia ini :


16. Saffron - $11 per gram

Di dalam saffron terkandung beberapa komponen kimia yaitu picrocrocin, crocin dan safranal. Kualitas saffron dipengaruhi oleh 3 komponen kimia tersebut. Picrocrocin, crocin dan safranal dikenal mahal karena mampu menimbulkan rasa, warna, dan aroma khas saffron.

15. Gold - $56 per gram

Berbagai situasi yang terjadi seperti politik, ekonomi, krisis, resesi, atau perang adalah salah satu pemicu naik dan turunnya harga emas. ... Dalam kondisi ekonomi dan politik yang kacau balau, emas seringkali dianggap sebagai penyelamat. Makanya saat terjadi krisis atau perang, biasanya harga emas akan melonjak naik.

14. Rhodium - $58 per gram

Rhodium Salah satu logam mulia yang harganya lebih mahal dari emas adalah rhodium. Keberadaannya yang langka menjadi faktor kenapa harga logam yang satu ini sangat mahal. Ada tiga negara yang menjadi sumber rhodium, yaitu Afrika Selatan, Rusia, dan Kanada.

13. Platinum - $60 per gram

Tingkat kepadatan platinum menjadi salah satu penyebab tingginya harga logam ini di pasaran, termasuk setelah dijadikan sebagai perhiasan. Jika dibandingkan dengan kepadatan emas, platinum bahkan jauh lebih padat. Tingkat kepadatan ini akan membuat platinum lebih berat, jika dibandingkan dengan emas.

12. Methamphetamine - $100 per gram

Metamfetamin adalah obat stimulan sistem saraf pusat yang bisa digunakan untuk mengobati gangguan hiperaktif (ADHD) pada anak-anak, yang ditandai dengan gejala perilaku hiperaktif dan impulsif, mudah terganggu, serta sulit berkonsentrasi.


11. Rhinoceros's horn - $110 per gram

Cula badak menjadi incaran para pemburu gelap karena derasnya permintaan dari Asia. Dalam pengobatan tradisional di beberapa negara Asia, cula ini diyakini memiliki kandungan obat, walaupun secara klinis tidak terbukti.
Penjualan cula badak sangat menggiurkan karena harganya bisa mencapai US$5.550 atau Rp68 juta per ons di pasar gelap, lebih mahal dari emas dan platinum.





10. Heroin - $130 per gram

Heroin atau putaw adalah narkoba yang diproses dari morfin, yaitu zat alami dari ekstrak benih biji tanaman poppy varietas tertentu. Menurut hasil survey BNN, Heroin merupakan jenis narkoba peringkat ke-4 yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia.

9. Cocaine - $236 per gram

Obat yang harganya mahal tapi tidak akan ada gunanya bagimu. Bubuk kristal putih ini adalah narkotika yang sangat berbahaya. Harganya yang lebih tinggi, dibandingkan dengan yang di atas, dijelaskan oleh 'kemurnian' dan kealamiannya.

8. LSD - $3,000 per gram

Zat narkotika psikoaktif,  yang sangat mahal. Proses pembuatan obat semi-sintetik ini cukup sulit, yang menjelaskan biayanya.

7. Plutonium - $4,000 per gram

Logam radioaktif berat namun rapuh berwarna putih keperakan. Penggunaannya bervariasi dari produksi senjata nuklir dan bahan bakar hingga sumber energi untuk pesawat ruang angkasa.

6. Painite - $9,000 per gram

Painite adalah salah satu mineral borat paling langka di dunia. Pertama kali ditemukan dan dinamai oleh ahli mineral asal Inggris Arthur C.D Pain. Awalnya, dia mengira batu mulia ini adalah safir.  
Painite yang biasanya digunakan untuk cincin pertunangan supermewah ini berasal dari Myanmar. Karena sangat langka, painite dibanderol 300.000 dolar AS atau Rp4,3 miliar per gram.   

5. Taaffeite - $20,000 per gram or $4,000 per carat

Taaffeite dinobatkan sebagai batu mulia pertama di dunia yang ditemukan dalam bentuk segi tertentu. Ia juga punya kemampuan untuk membiaskan cahaya menuju dua arah. Selain itu kandungan Magnesium dan Beryllium yang ada di dalamnya-lah yang membuat harganya sangat mahal.


4. Tritium - $30,000 per gram

Tritium buatan manusia bisa dibanderol dengan harga USD 30.000 atau Rp 350 juta tiap gram-nya. Tritium juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi utama PLTN dan generator berbasis neuron.

3. Diamond - $55,000 per gram

Setelah menggali intan yang masih berbentuk batu kerikil biasa dari kerak bumi, batu intan ini kemudian diproses menjadi berlian asli yang indah berkilau. ... Seluruh proses ini adalah salah satu alasan mengapa berlian asli begitu mahal. Selain itu, ukuran dan kualitas berlian juga memainkan peran utama pada harga berlian.


2. Californium - $25-27 million per gram

Tentu ada alasannya dong kenapa Californium bisa berbanderol begitu mahal. Penyebabnya sendiri tak lain karena material satu ini tak tersedia secara alami.

Soal proses penciptaan, Californium memang dicipta dengan sangat rumit dan melewati proses yang tak hanya sekali atau dua kali saja.



1. Antimatter - $62.5 trillion per gram

Jika kalian tahu berapa harga antimatter, pasti kalian akan terkejut. Antimatter ternyata memiliki nilai 65 triliun per gramnya. Ingat, per gram! Alasan kenapa antimatter bisa begitu mahal karena antimatter sangat sulit untuk dibuat. Perlu biaya yang sangat besar untuk bisa menghasil antimatter.




Polling
0 suara
Kapan Pandemi Ini Berakhir ?
eno.niken
howard.sumanto
bayi.kafir
bayi.kafir dan 37 lainnya memberi reputasi
36
8.2K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.