Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

momok2002Avatar border
TS
momok2002
Seni Menanam Bonsai Pohon Jambu

Bagi sebagian orang kegiatan menanam pohon adalah hobi, ada juga sebagai pekerjaan karena berdagang tanaman baik hias atau tanaman jenis yang lain. Banyak dikenal orang di Indonesia adalah seni menanam dengan cara bonsai, bonsai adalah menanam tanaman dengan membentuk ranting dan daun tanaman agar terlihat indah, bonsai lebih sering dikenal dengan tanaman mini karena ditanam di dalam pot dan pohon yang dibonsai biasanya menjadi berukuran kecil dari pada biasanya, namun terlihat indah, apalagi jika berbuah warna warni akan semakin indah.



Kali ini ane akan membahas cara menanam pohon dengan seni bonsai, khususnya menggunakan tanaman jambu. Kenapa memakai jambu, karena mudah didapat dan mudah tumbuh, namun jika menanan untuk di jadikan bonsai belum tentu semudah menanam secara umum atau di kebon / halaman rumah.


Berikut kurang lebih bahan-bahan menanam bonsai dengan pohon jambu biji:
1. Pot yang diinginkan sesuai selera sebaiknya agak besar,
2. Tanah secukupnya kalau bisa 50% tanah liat (komposisi akan dijelaskan dibawah),
3. Bibit tanaman jambu baik jambu air, jambu kerikil,atau jambu klutuk.

Setelah bahan-bahan disiapkan maka perlu diperhatikan yaitu menyiapkan pot yang telah diisi tanah, dilansir dari harianmerapi.com (14/12/2019) adapun komposisi media tanam berupa tanah antara lain tanah 25%, pasir malang 50%, dan kotoran kambing seperti bubuk 25%, tanah yang dipakai adalah tanah liat atau bisa juga tanah biasa namun dicampur dengan tanah liat, alasan memilih tanah liat agar tanaman bonsai dalam pot tidak mudah goyah karena tanaman bonsai mudah stres hingga layu jika akarnya sering goyang, inilah alasan sebagian orang bahwa menanam bonsai itu sulit, termasuk ane yang kurang sabar menunggu tanaman menjadi besar.

Selanjutnya setelah media untuk tanaman telah disiapkan berupa campuran tanah dalam pot hal yang selanjutnya dilakukan adalah menanam bibit bonsai tersebut (jambu), dialansir dari bibitonline.com ketika memasukan bibit tanaman kedalam media tanam (pot) jangan lupa untuk memotong akar tunggangnya sedikit, serta potong juga separuh dari lebar daun, pemotongan daun dilakukan agar menghindari penguapan yang berlebih.



Setelah delakukan penanaman bibit pohon jambu tersebut baik jambu kerikil maupun klutuk, maka kebutuhan nutrisi tananam harus di jaga dengan rutin menyiram dan memberi pupuk secukupnya dan tepat pemberiannya. Agar tanaman bonsai berbuah lebat maka perlu pemberian pupuk campuran pupuk kandang, PPC, dan NPK secara berkala. Pupuk kandang haruslah lebih banyak dari pada pupuk yang lain, berikan setiap 6 bulan. Untuk ppc diberikan setiap bulan, dan BPK setiap 4 bulan, tetaplah memberi pupuk meski tanaman telah berbuah untuk menjaga tanaman agar tetap baik.


Untuk membentuk cabang anda dapat membentuk dengan kawat sesuai dengan selera, dan untuk cabang yang kurang disukai gan sist dapat memotong nya dengan hati-hati, untuk masalah membentuk pohon bonsai ini memang membutuhkan jiwa seni, menurut ane hasil antara satu orang dengan orang yang lain akan berbeda, tergantung pengalaman dan juga bakat setiap orang itu sendiri.


Gimana gan sist apakah tertarik mencoba menanam bonsai jambu, atau tanaman lain seperti pohon asam jawa, sebenarnya masalah tanam menanam ini sekedar hobi dan mengisi waktu luang bagi sebagian orang, dan tidak jarang juga karena kesibukan maka kegiatan tanam-menanam ini terbengkalai hingga tidak terurus akhirnya ditinggal dech, seperti ane sendiri gan, pernah mencoba buat bonsai asam jawa tapi lupa gak keurus, namun masih ada tanaman lain yang dipot berupa tanaman hias, tapi sudah lama jadi lupa dulu siapa yang menanam sekarang masih ada dan batang nya dah besar menjadi bonsai (menurut ane sih) meski bentuknya gak sebagus buatan profesional.


Waktu ane kecil juga suka iseng-iseng mencangkok tanaman, kalo tidak salah mencangkok pohon jambu juga pohon mangga (kalo tidak salah ingat), ada yang berhasil ada yang gagal. Kalau buat bonsai sih coba-coba aja menanam di pot namun karena butuh waktu cukup lama untuk merawat maka bentuk nya biasa-biasa saja, apa lagi waktu kemarau lupa disiram kering dech tanamannya. Sekali lagi gan untuk merawat bonsai ini butuh konsistensi dalam merawat, karena jika udah bosen tidak ayal tanaman tersebut jadi tidak ke urus dan gagal dech, tapi ane yakin bagi yang bener-bener suka dan ada waktu luang itu tidak masalah dalam sebuah konsistensi merawat tanaman bonsai. Sekian info sedikit tentang tanaman bonsai dari ane gan semoga aja berhasil jika agan dan sist mau mencoba, ada kurang lebihnya ane minta maaf karena bukan ahli tanaman, hanya sharing dari baca dan coba-coba gan. Kalo suka share tulisan ini ya gan …..


Sumber :

https://www.harianmerapi.com/lifesty...-goyahkan-akar
https://bibitonline.com/artikel/tips...ndah-dan-mudah
https://attvideo.com/watch/program-a...ambu-biji.html

Sumber Gambar :
https://bibitonline.com/artikel/tips...dah-dan-mudah
https://bukalapak.com

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.