machinAvatar border
TS
machin
Ini Alasan Gaya Rambut Samurai Botak Setengah atau Chonmage

Chonmage | Google Images

Apakah ada penggemar samurai di KasKus? Aku salah satunya. Tapi bukan sebagai penggemar radikal yang sampai memiliki semua hal yang berbau samurai. Hanya suka gitu aja. Ndak sampai menyembahnya atau mengagungkannya. Hehe.

Chonmage | Sumber


Karena aku suka dengan samurai, ada satu hal yang seringkali bikin aku penasaran. Itu rambut kenapa botak setengah gitu sih? Kenapa nggak dipotong seluruhnya gitu aja? Mungkin kalau jamannya samurai dulu, potong rambut seperti itu terlihat keren ya. Kalau sekarang, mungkin jadi aneh bagi sebagian orang.
Quote:


Chonmage | Sumber

Potong rambut ini dipopulerkan pada masa Sengoku (“Periode negara-negara yang berperang”, 1467–1615) ketika perang masih sering dilakukan oleh panglima perang lokal untuk menyerang dan menguasai suatu pulau. Samurai adalah sosok penting pada masa ini dan Chonmage adalah kebanggaan bagi para samurai. Selain itu, dengan menunjukkan potong rambut seperti ini, secara tidak langsung, samurai menunjukkan bahwa dia siap bertarung kapan saja.
Gaya potong rambut seperti ini masih digunakan pada masa Edo yang sudah tidak ada peperangan sama sekali, tapi hanya digunakan oleh para samurai saja. Meskipun secara fungsi, sudah tidak berguna lagi, namun gaya rambut ini menjadi simbol jabatan di birokrasi. Dan secara tidak langsung, para pengguna potong rambut ini akan dianggap sebagai orang penting pada masa itu.

Kaisar Meiji | Google Images

Kemudian, Chonmage menghilang dari sejarah ketika pemerintah kekaisaran Jepang memerintahkan semua orang untuk memotong rambut mereka dengan gaya barat setelah Restorasi Meiji tahun 1868. Samurai juga menghilang dari sejarah pada masa ini, saat Jepang membuka negaranya untuk orang asing (orang barat) dan memulai masa industrialisasinya.
Dari sini aku mengambil pelajaran dengan cara pikir orang Jepang melalui cara mereka memotong rambut mereka. Meskipun ini tidak untuk semua orang Jepang saat itu, namun filosofi potong rambut seperti ini adalah menggunakan yang diperlukan dan membuang yang tidak diperlukan tanpa merusak dan merugikan orang lain bahkan tidak merusak lingkungan.
--
Terimakasih sudah membaca trit ringan ini.
Sehat & bahagia selalu.emoticon-rose
Sumber terlampir.


EriksaRizkiM
emineminna
azroqysakti
azroqysakti dan 31 lainnya memberi reputasi
32
14.4K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.