Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Terkenal Sumber Pesugihan, Ternyata Ini Beberapa Alasan Orang Datang ke Gunung Kawi

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Terkenal Sumber Pesugihan, Ternyata Ini Beberapa Alasan Orang Datang ke Gunung Kawi
Terkenal sebagai gunung sumber pesugihan, benarkah ziarah ke Gunung Kawi bisa menjadi kaya raya?


Ingin menjadi kaya raya tapi malas kerja dan hanya berpangku tangan, mungkin jalan satu-satunya untuk mencapai kekayaan adalah dengan mencari pesugihan atau ngipri.

Entah pesugihan itu sebuah mitos kepercayaan atau benar-benar fakta ada dan dapat dibuktikan, namun kebanyakan orang Indonesia percaya bahwa laku pesugihan itu ada.

Mulai dari mendatangi dukun atau orang pintar sampai pergi ke tempat-tempat yang dipercaya keramat, dilakukan oleh orang-orang yang sudah mulai putus asa untuk menjadi kaya tapi tidak kunjung kaya raya.

Gunung Kawi, mungkin Agan dan Sista sudah tidak asing dengan nama gunung yang berada di daerah Malang, Jawa Timur ini.

Gunung Kawi menjadi salah satu tempat yang digadang-gadang sebagai sumber pesugihan yang nama tempatnya telah dikenal sampai ke pelosok penjuru Indonesia bahkan sampai orang-orang luar Negeri mulai dari Malaysia, Singapura sampai beberapa Negara bagian Asia Tenggara lainnya yang nekat datang ke Gunung Kawi untuk mencari pesugihan.




Di gunung Kawi sendiri sebenarnya terdapat dua makam sosok penting dari masa lampau yang dikeramatkan yaitu Kanjeng Kyai Zakaria II dan juga Raden Mas Imam Soedjono.

Dua leluhur ini adalah dua orang bangsawan yang ikut Pangeran Diponegoro menentang penjajah dan kabur ke Gunung Kawi untuk menyebarkan agama Islam dengan berdakwah.

Selain itu menurut kabar dan sejarah yang ada, Kanjeng Kyai Zakaria II dan juga Raden Mas Imam Soedjono juga mengajarkan banyak keterampilan kepada masyarakat sekitar gunung Kawi, mulai dari ilmu bercocok tanam, pengobatan, dan masih banyak lagi.

Itulah sebabnya banyak orang yang datang untuk berziarah ke makam Kanjeng Kyai Zakaria II dan juga Raden Mas Imam Soedjono.

Melihat informasi tersebut lantas benarkah semua yang datang ke Gunung Kawi untuk mencari pesugihan?

Tentu itu tidak sepenuhnya benar ya GanSis, karena banyak orang yang datang ke tempat ini dengan niat berziarah, berdoa agar dilancarkan rezeki, dan hidup berkecukupan.


sumber gambar

Meskipun seperti itu tidak dipungkiri memang ada orang-orang yang memiliki niat tidak baik saat datang ke gunung Kawi yaitu untuk mencari pesugihan GanSis.

Di gunung Kawi terdapat sebuah pohon yang bernama pohon Dewa Ndaru atau pohon Kesabaran.

Menurut kepercayaan yang ada, siapapun orang yang kejatuhan ranting, dahan, daun atau buah dari pohon Dewa Ndaru maka mereka akan beruntung. Itulah sebabnya banyak orang berebut apapun yang jatuh dari pohon Dewa Ndaru tersebut.

Selain itu ritual-ritual yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan tidak diketahui oleh pengunjung juga ada di gunung Kawi GanSis. Ritual inilah yang dipercaya sebagai ritual pesugihan yang dicari oleh orang-orang yang memang datang ke gunung Kawi untuk mencari pesugihan.

Fyi GanSis, di gunung Kawi ini gambaran toleransi beragama terlihat sangat kental.

Terdapat beberapa tempat ibadah di Gunung Kawi yang saling berdekatan dan semua masyarakat rukun sejak zaman dahulu kala.

Agan dan Sista sudah pernah ke gunung Kawi?
Apa niat dan tujuan GanSis, liburan, ziarah, melihat pemandangan gunung Kawi yang indah, atau mencari pesugihan agar cepat kaya raya?

Monggo berbagi cerita dan pengalaman Agan dan Sista seputar pesugihan di kolom komentar!




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
nomorelies
rony25
El.Diablo
El.Diablo dan 8 lainnya memberi reputasi
9
7.1K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.