Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mobil88buaranAvatar border
TS
mobil88buaran
Mobil Terbakar Saat Isi Bahan Bakar, Inilah Penyebabnya
Mobil Terbakar Saat Isi Bahan Bakar, Inilah Penyebabnya
Mobil Terbakar Saat Isi Bahan Bakar, Inilah Penyebabnya

Kejadian mobil terbakar saat isi bahan bakar (BBM) seringkali terjadi di SPBU dan penyebabnya bisa bermacam-macam. Hal ini sebenarnya sudah berusaha dihindari oleh pihak SPBU dengan menaruh larangan seperti tidak dibolehkan merokok, menggunakan telepon seluler, mengabadikan atau mengambil gambar, dan lainnya. Demikian pula dengan kondisi tangki, seperti dimensinya harus standar atau tidak dimodifikasi, dan tidak diperkenankan memborong BBM dalam jumlah tertentu.
Tapi tetap saja ada kejadian yang menyebabkan mobil terbakar saat sedang mengisi bahan bakar, seperti yang belum lama ini terjadi. Penyebabnya cukup unik, hanya karena sang pengemudi membuka pintu dan keluar, tiba-tiba tak lama setelah selang nozzel tersambung ke tangki mobil dan terjadi proses pengisian, api langsung menyambar keluar dan membakar mobil serta mesin dispenser pengisian BBM tersebut.
 
Bagaimana Api bisa Menyambar?
Ternyata pintu mobil yang terbuka mempermudah akumulasi uap BBM masuk dan bersentuhan dengan salah satu sumber panas yang ada di dalam mobil, bisa dari HP yang berdering, rokok, atau mesin kendaraan yang masih menyala. Atau bisa juga dari perangkat dengan elektromagnetik yang ada di dalam mobil.
Tak dipungkiri juga kendaraan bermotor hubungannya sangat erat dengan listrik yang mengandung panas dan bahan bakar. Oleh karena itu sebaiknya segala sesuatu yang dapat memicu keduanya bertemu dihindari sebisa mungkin.
Pada setiap SPBU pasti selalu menyimpan bahaya tersembunyi berupa ancaman kebakaran. Pasalnya setiap SPBU ini mengusung segitiga api yaitu udara, panas, bahan bakar. Nah, terbentuknya api atau kebakaran selalu berkaitan erat dengan tiga unsur tersebut. Ketiga elemen tersebut jika bertemu sudah dapat dipastikan kebakaran tak bisa dihindari. Setiap kamu mendatangi SPBU untuk mengisi BBM ancaman kebakaran ini selalu ada, tinggal menunggu pemicu yang menyebabkan terjadinya percikan api.
Misalnya saat isi bensin kamu tidak mematikan smartphone, tidak harus menggunakan ya tapi hanya dengan membiarkan smartphone kamu menyala juga bisa membawa radiasi yang memicu terjadinya kebakaran. Bisa juga dari faktor kelistrikan pada kendaraan kamu yang sudah tidak standar sehingga peluang terjadinya korsleting cukup besar.
 
Uap Dari Tangki Bahan Bakar
Kebiasaan menggoyangkan kendaraan saat isi bensin pun dapat memicu kebakaran di SPBU terjadi. Banyak orang Indonesia yang percaya jika menggoyang-goyangkan kendaraan adalah cara supaya setiap tangki bensin dapat terisi sepenuhnya. Sebaiknya kebiasaan ini tidak lagi dilakukan ya.
Ditambah lagi dengan tangki bensin itu sendiri yang ada di mobil kamu, juga bisa menjadi penyebab kebakaran. Karena tangki bensin itu mengandung uap dari BBM yang bisa memicu terjadinya percikan api. Kalau kamu membuka tutup tangki bensin, pasti akan ada bunyi tanda kalau uap tersebut keluar dari tangki BBM mobil kamu.
Nah, dalam kondisi cuaca panas, mesin panas, otomatis uap tersebut juga semakin tinggi tekanannya. Akan berbahaya bila membuka tutup tangki saat akan mengisi bahan bakar. Maka sebaiknya kamu membuka tangki bensin sebelum melakukan pengisian. Hal ini bisa dilakukan ketika sedang antre menunggu giliran.



sumber account official web mobil88

     
Beli mobil tanpa interaksi langsung karena lagi physical distancing?
@mobil88_buaran punya solusi untuk Anda yaitu Layanan COD (Car On Delivery)
 
Apa saja layanan yang dapat Anda dapatkan
 
1. Gratis showing mobil ke rumah / kantor Anda
2. Showing tanpa booking Fee
3. Tambahan Garansi mesin 1000 KM / 30 hari
4. Bisa Tukar Tambah
5. Mobil yang tersedia sudah dibersihkan dengan cairan disinfektan sehingga aman dari bakteri dan virus
 
 
Mobil88 Buaran
Jl. Radin Inten II No.1 Buaran, Jakarta Timur
(SEBELAH PLAZA BUARAN - EX BIOSKOP BUARAN)
 
#mobil88 #mobil88astra #mobil88buaran #mobilbekas #staydirumah #dirumahajachallenge #kerjadirumah#astrainternational #mobil88jakarta #astraword #covid19 #like4like #coronavirusindonesia #jakarta #infojkt #jktinfo #mobilbekas #mobilbekasjakarta #jualmobil #jualmobiljakarta #toyotaid #keluarga #bersatumelawancorona #astrauntukindonesia #PSBB #dirumahaja #jakartabarat #jakartapusat #rawamangun #PSBBbekasi #PSBBdepok #psbbbogor #tipssehat


Diubah oleh mobil88buaran 21-04-2020 03:29
as1313
tata604
tata604 dan as1313 memberi reputasi
2
1K
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4KASKUS Official
25KThread12.6KAnggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.