Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
[What If] Bagaimana Jika Kejujuran/Kebohongan Lenyap dari Dunia?


Terkadang saya sering mendengar keluhan bahwa di dunia ini tak lagi ada orang yang jujur. Terkadang saya juga sering mendengar orang-orang berharap agar semua orang bisa saling jujur satu sama lain. Nah, anggap saja harapan itu menjadi kenyataan, kira-kira apa yang akan terjadi jika kebohongan lenyap dari dunia ini?
Bayangkan jika seorang penjual gorengan tidak bisa berbohong dan seorang pembeli bertanya padanya, "Om, ini bakwannya baru dimasak nggak?"

"Ohh, itu bakwan sisa semalam yang digoreng ulang. Bakwan sisa semalam dibuat pakai tepung sisa dua hari lalu dan tepung dua hari lalu dibelinya seminggu yang lalu yang dijual diskon karna hampir expired. Alot!"




Akhirnya Anda pun tak jadi membeli bakwan dan dagangan si penjual gorengan jadi tak laku karna tak ada yang mau membelinya. Percaya atau tidak kebanyakan pedangang sering kali tidak jujur tentang barang dagangannya sehingga ketidakmampuan untuk berbohong akan membuat pendapatan menurun.

Namun anehnya, jika seseorang tidak bisa berbohong maka bukan berarti seseorang tersebut harus berkata jujur. Jika ada pembeli bertanya apakah bakwannya baru dimasak atau tidak maka si penjual bisa saja menjawab "iya, baru dimasak" yang mana memang benar baru dimasak, dimasak untuk ketiga kalinya. Atau bisa saja penjual menjawab dengan agak ambigu seperti "nggak baru-baru amat" atau "masih anget kok."



Itulah cerdiknya manusia, meski tak bisa berbohong namun manusia selalu menemukan cara lain untuk menipu sehingga meskipun semua orang tak bisa berbohong Anda tetap tak bisa mempercayai apa yang orang-orang katakan. So sad.

Lalu bagaimana jika kejujuran lenyap dari dunia ini? Ya…. Nggak ada masalah. Jika Anda tahu orang-orang tak bisa berkata jujur maka Anda hanya perlu lakukan kebalikannya. Jika penjual gorengan berkata gorengannya sudah dingin maka Anda tahu itu masih panas, jika pengemis tua di jalan bilang dia sangat kenyang maka Anda tahu dia lapar.



Tapi tau nggak apa yang lucu? Lucunya adalah, dunia akan jauh lebih baik jika semua orang hanya bisa jujur atau hanya bisa bohong. Coba bandingkan dengan kehidupan jaman sekarang dimana kita tak tahu mana yang jujur dan mana yang bohong, semuanya kacau. Jika semua orang hanya bisa jujur maka setidaknya kita bisa meyakinkan dengan bertanya secara detail. Jika semua orang hanya bisa bohong maka kita hanya perlu melakukan sebaliknya.

Tapi beginilah kenyataan. Jika seseorang berkata A maka kebenarannya mungkin saja B atau malah Z. Tak ada yang pasti sehingga kita harus selalu menjaga diri dengan memilih siapa saja yang bisa Anda percaya. Pilihlah teman, jangan takut meragukan seseorang karna hanya dengan itulah Anda bisa mengenal mereka lebih jauh.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
gta007
tomkosi312
yanginiusername
yanginiusername dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.4K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.