Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bajer.dinar212Avatar border
TS
bajer.dinar212
6 Tokoh dan Artis Lulusan ITB, Ada Presiden hingga Artis



Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Kampus dengan 50 program studi ini masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa.

ITB berada di peringkat 3 terbaik lembaga pemeringkatan Internasional QS atau Quacquarelli Symonds World University Ranking (WUR) 2022. Artinya, ITB adalah kampus berkualitas hingga menjadi pilihan calon mahasiswa.

Hal tersebut tentunya tidak bikin heran, karena alumni ITB terbukti punya karir cemerlang. Beberapa figur terkenal di Indonesia pernah mencicipi bangku kuliah di Kampus Ganesha tersebut.

Daftar para tokoh dan artis lulusan ITB


1. Sukarno



Presiden pertama RI melanjutkan pendidikan tinggi di Bandung setelah menyelesaikan studi setingkat SMA-nya di HBS (Hogere Burger School), Surabaya. Dia memilih kuliah di kampus ITB jurusan teknik sipil.

Bung Karno dinyatakan lulus ujian Insinyur dari Ilmu Teknik pada tanggal 26 Mei 1926. Selanjutnya Bapak Proklamator RI itu diwisuda pada Dies Natalis ke-6 TH tanggal 3 Juli 1926.


2. BJ Habibie



Selepas menjadi siswa SMA, Bacharuddin Jusuf Habibie Habibie melanjutkan studi sebagai mahasiswa ITB. Dia mulai kuliah pada 1954 di jurusan teknik mesin.

Presiden ketiga RI menunjukkan banyak ketertarikan pada pesawat terbang dan sempat ikut klub aeromodelling. Setelah dari ITB, Habibie melanjutkan kuliah ke Technische Hochschule di Aachen, Jerman Barat.


3. Onno W. Purbo



Onno Widodo Purbo atau lebih dikenal publik sebagai Onno W. Purbo adalah seorang tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi asal Indonesia. Selain pakar, Onno juga dikenal sebagai penulis, pendidik, dan pembicara seminar.

Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro dan lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.

Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional dan percaya filosofi copyleft (sumber terbuka), banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet.

Sebagai aktivis Onno dikenal dalam upayanya memperjuangkan Linux. Karya inovatifnya diantaranya adalah Wajanbolic, sebagai upaya koneksi internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan internet murah, serta penerapan Open BTS.


4. Ridwan Kamil



Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kuliah di Institut Teknologi Bandung dengan jurusan arsitek. Selepas lulus, Ridwan Kamil melanjutkan S2 di University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

Ridwan Kamil atau Kang Emil sebelumnya aktif sebagai dosen ITB. Dia memangku jabatan fungsional asisten ahli dengan kelompok keahlian perancangan arsitektur di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK).


5. Joko Anwar



Sutradara kenamaan Indonesia, Joko Anwar, ternyata pernah kuliah di jurusan Teknik Penerbangan ITB. Dia lulus tahun 2019 dan sempat menjadi wartawan serta kritikus film sebelum menjadi seorang sineas.

Joko Anwar mulai dikenal publik saat karyanya yang berjudul Arisan mendapat sambutan baik masyarakat. Film produksi 200 ini menyabet Best Movie di MTV Indonesia Movie Award dan Film Terbaik di FFI pada 2004.


6. Pandji Pragiwaksono



Dikenal sebagai komika sekaligus penulis, Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo ternyata menempuh pendidikan tinggi di jurusan Desain Produk Industri Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kariernya cukup cemerlang di dunia entertainment setelah jadi penyiar radio dan acara reality show, dia menjadi host dan juri Stand Up Comedy Indonesia, komika, aktor, penulis, rapper, kreator siniar, dan sutradara.

Nah, itulah sederet tokoh dan artis Indonesia yang kuliah di ITB. Apakah gan sist ingin mengikuti jejak mereka?


Sumber :

- https://www.detik.com/edu/edutainmen...n-hingga-artis

- https://www.inspiraloka.com/alumni-itb/

- https://id.wikipedia.org/wiki/Onno_W._Purbo
emineminna
kaycaem
kuciank
kuciank dan 13 lainnya memberi reputasi
14
11K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.