Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

smersh64Avatar border
TS
smersh64
Dugaan Pelecehan Seksual Pimpinan Kampus di Jateng Serba Rahasia
Sukoharjo -Kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh pimpinan salah satu kampus di Jawa Tengah belakangan ini menjadi sorotan publik. Ironisnya, korbannya merupakan mahasiswa yang ikut program Bidikmisi. Jumlah korbannya tak hanya 1, tapi mencapai 5 orang.

Dugaan pelecehan seksual ini kali pertama diungkap oleh Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek, Lukman.

Usai menjadi pembicara dalam Forum Komunikasi Pimpinan Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah VI di Hotel Best Western Solo Baru, Lukman menyampaikan telah menerima beberapa aduan mengenai pelecehan seksual di kampus tersebut.

Namun, Lukman enggan membeberkan lebih jauh mengenai kasus asusila tersebut dengan berbagai pertimbangan.

"Banyak yang WA ke saya telah menjadi korban pelecehan seksual. Tapi tidak mau menyebut nama, hanya terindikasi di Jateng. PT (Perguruan Tinggi) di Jateng yang terindikasi pimpinannya melakukan pelanggaran PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual)," ungkap Lukman kepada wartawan di Sukoharjo, Selasa (25/1/2022).

Lukman menyampaikan, kasus ini memang tidak diungkap ke publik. Hal itu bukan untuk menutup-nutupi, tapi semata-mata untuk menjaga kondisi psikologis korbannya.

"Kalau di-blow up kasihan kampusnya, alumninya. Bukan berarti kita diam, itu sudah di-follow up tapi kita tidak menyebut nama PT, korban," tutur Lukman.

Kasus asusila ini juga sudah menjadi perhatian di Kemendikbud Ristek dan sudah masuk dalam tahap investigasi.

"Ini harus berhati-hati, ini sudah dicermati oleh Kementerian. Ini sedang dilakukan investigasi," papar Lukman.

Lukman juga menyampaikan, kasus pelecehan seksual itu paling mencolok. Pasalnya, korban dari perbuatan pimpinan kampus itu tidak hanya 1 mahasiswa saja, tetapi cukup banyak.

"Kami sangat menghindari menyebut nama (perguruan tinggi), ini ada 1 kasus yang ditangani tapi besar, korbannya banyak," ungkapnya.

"Korbannya itu mahasiswa program Bidikmisi KIP (Kartu Indonesia Pintar), ditekan, diintimidasi. Saya tidak mau menyebut nama (kampus), hanya terindikasi di Jateng," terang Lukman.

Polda Jateng sudah koordinasi

Polda Jateng sudah berkoordinasi dengan pihak Kemdikbud Ristek. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy mengatakan dari hasil koordinasi itu diketahui pihak kampus juga telah melakukan penelusuran internal terkait dugaan pelecehan seksual oleh pimpinannya.

"Belum pengaduan, kemarin itu dari Polda berkoordinasi dengan Dikti, pengawas Dikti. Mereka ternyata sudah melakukan langkah, salah satunya menginterogasi. Ada beberapa yang merasa menjadi korban. Mereka sudah secara internal, kita mendorong agar melapor," kata Iqbal saat dihubungi wartawan, Kamis (27/1/2022).

(bai/dil)

SUMUR

PARAH, IKI WIS KETERLALUAN emoticon-Mad, sebrengsek brengseknya gua dulu di kampus gua cuma merokok, menyiram teman beda jurusan pakai air mineral, makan makanan punya teman, mukulin teman dan ngebentak adik angkatan karena yang bersangkutan ndak mau minggir.

MAHASISWI

Konten Sensitif








Konten Sensitif








OKNUM PIMPINAN KAMPUS



BINI OKNUM PIMPINAN KAMPUS

Konten Sensitif


Konten Sensitif


Konten Sensitif
Diubah oleh smersh64 29-01-2022 12:58
gabener.edan
servesiwi
azluriver
azluriver dan 5 lainnya memberi reputasi
4
2.8K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.