valkyr9
TS
valkyr9
Tony Blair Puji RI : Bisa Satukan Negara di Dunia hingga Dihormati AS-China



JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, menilai Indonesia mampu menyatukan negara-negara di dunia, khususnya dalam aksi yang membawa dampak terhadap global.

Pasalnya, menurut Blair, Indonesia menjadi negara yang dihormati oleh negara-negara ekonomi besar, tak terkecuali AS dan China yang sempat melakukan perang dagang (trade war) saat pemerintahan AS dipimpin oleh Donald Trump.

"Presidensi Indonesia di G20 memiliki peluang yang sangat besar di saat AS dan China tengah berkompetisi. Indonesia yang dihormati dan dihargai oleh kedua negara tersebut (Indonesia) dapat menyatukan negara-negara di dunia," kata Blair dalam Inception Meeting B20 di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Asal tahu saja, Indonesia memang menjadi mitra dagang besar kedua negara itu. Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), pangsa terbesar impor Indonesia per Desember 2021 diungguli oleh China dengan share mencapai 34,68 persen, diikuti Jepang 7,45 persen, dan AS sebesar 5,25 persen.

Di sisi lain, Blair mengungkapkan, Presiden Joko Widodo dianggap merupakan pemimpin yang memiliki visi yang jelas, utamanya untuk masa depan Indonesia.

Salah satu visinya adalah menempatkan Indonesia menjadi lima ekonomi teratas di dunia.

"Presiden Jokowi adalah pemimpin yang saya kagumi. Dia memiliki visi yang jelas untuk masa depan Indonesia," ucap Blair.

Lebih lanjut, Blair tak menampik bahwa Presidensi G20 mampu mewujudkan Indonesia menjadi salah satu negara berpendapatan tinggi (higher income country).

Blair puji Indonesia masuk 5 besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak

Mengenai vaksinasi, Indonesia masuk jajaran lima besar negara dengan tingkat akselerasi vaksin tinggi di dunia. Pemerintah menargetkan vaksinasi dosis primer atau dosis lengkap selesai pada kuartal II-2022.

Adapun vaksinasi booster sudah dimulai pada 12 Januari 2022. Hal ini membuat RI selangkah lebih maju dalam distribusi vaksin kepada masyarakat.

"Kita tahu bahwa banyak negara berkembang yang tidak memiliki fasilitas memadai dalam menyediakan pasokan vaksin. Indonesia masuk dalam jajaran lima besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia," ungkap Blair.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Eksekutif Institut Tony Blair untuk Perubahan Global ini juga menuturkan, pemerintah Inggris memiliki minat untuk bermitra dengan RI dalam penanganan kesehatan.

Saat ini, RI memiliki ambisi untuk pembuatan dan pengembangan vaksin di dalam negeri dengan serangkaian kemitraan baru dengan para produsen vaksin di dunia.

"Saya tahu Pemerintah Inggris sangat tertarik untuk bermitra dengan Indonesia dalam tugas ini untuk membangun teknologi baru. Khususnya penggunaan data yang baru, dapat merevolusi cara kita meneliti mengembangkan percobaan, dan menyediakan vaksin, dan terapi lainnya," tandas Blair.

https://money.kompas.com/read/2022/0...page=all#page2

Luar biasa.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Dipuji tidak terbang.. Dihina tidak tumbang.. emoticon-Malu (S)

#Eh.. Salah kasih quote.. Kirain berita tentang pak anies.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
serapionIeoogeessviniest
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
13
3.7K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.