• Beranda
  • ...
  • Music
  • Lagu JKT48 Enggak Cuma Senang-Senang Aja. Nih Lagu-Lagu Sadgirl-nya

cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Lagu JKT48 Enggak Cuma Senang-Senang Aja. Nih Lagu-Lagu Sadgirl-nya
Konten Sensitif


Cangkeman.net - Nama Idol Group JKT48 mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia yang kebanyakan para remaja di tahun 2011an dengan lagu hists-nya, Heavy Rotation. Lagu yang di dalam video klipnya memperlihatkan sebuah acara kelulusan SMA ini mampu membuat candu bagi kalangan pecinta musik. Nama Melody JKT48 pun ikut populer karena hadirnya dia di dalam video klip tersebut dan juga karena dia disebut sebagai kapten dari JKT48.

Viralnya lagu Heavy Rotation beserta sang kaptennya, Melody, membuat popularitas JKT48 semakin naik di dunia musik. JKT48 juga mulai menghadiri beberapa acara musik di televisi yang mana di masa itu adalah masa-masa televisi masih asik untuk ditonton.

Idol Group yang memiliki kepanjangan "Joyful Kawai Try To Be The Best" ini memiliki konsep lagu yang rata-rata mengandung unsur kisah cinta seseorang. Meski kebanyakan lagunya meruapakan terjamahan dari lagu kakaknya yang di Jepang, AKB48, namun JKT48 tetap memiliki penerimaan yang cukup baik di Indonesia sebagai Idol Group  yang memiliki kesan ceria. ramah, dan menggambarkan jiwa anak muda pada umumnya.

Meski memiliki kesan ceria, namun ada beberapa lagu JKT48 yang sangat relate dengan perasaan para perempuan patah hati atau para sad girl nih. Berikut lagu-lagunya.

1. Fortune Cookie yang Mencinta
Saya yakin, lagu ini termasuk lagu yang populer dan dikenal banyak orang selain lagu Heavy Rotation, pada masanya. Lagu yang memiliki nama Jepang Koisuru Fortune Cookie ini sebanarnya memiliki vibes ceria karena musiknya yang asik sekali hingga mungkin kita tidak menyangka ada unsur kesedihan dalam lagu ini. Unsur kesedihan pada lagu ini dapat kita lihat pada lirik awalannya yang terdapat kalimat "Walaupun diri ini menyukaimu, kamu seperti tak tertarik kepadaku, siap patah hati kesekian kalinya".

Kita bisa liat, dari lirik di atas ada sebuah perasaan tidak percaya diri seorang perempuan saat ia menyukai laki-laki. Bahkan ia sudah bersiap-siap untuk patah hati.

Pada lagu ini juga terdapat kalimat bahwa lelaki itu menyukai perempuan yang berkepribadian baik, tapi tetap saja penampilannya yang terpenting. Hal itu semakin membuat lagu ini semakin menyedihkan jika kita melihat fakta memang biasanya lelaki mengutamakan untuk melihat penampilan dari perempuan. Hal ini membuat beberapa perempuan menjadi tidak percaya diri untuk mengungkapkan rasa suka pada seseorang, tapi dipendem sendiri juga akhirnya ngenes.

Eh, tapi para sad girl, kalian jangan merasa paling ngenes kalau mengalam hal-hal yang disebutkan di atas, karena pada akhir lirik lagu ini berbunyi "Janganlah menyerah dalam menjalani hidup, akan datang keajaiban yang tak terduga". Jadi, hidup ini selalu ada keajaiban yang datang tiba-tiba. Tunggu saja keajaibannya, barangkali esok perasaan ini segera terbalaskan.

2. Gomenne, Summer (Maafkan, Summer)
Untuk lagu kedua ini juga sama, memiliki kesan yang ceria dan energik dan tidak memperlihatkan perasaan seorang sad girl. Lagu ini juga cukup terkenal karena menjadi lagu yang nongol  di iklan musim panas Pocari Sweat.

Kenapa lagu ini bisa dikatakan lagu sad girl juga? Karena di lagu ini sebenarnya menceritakan seorang perempuan yang terjebak friendzone dengan teman laki-lakinya. Nah, di lagu ini diceritakan kalau si perempuan dan teman lelakinya sedang duduk di pinggir geladak pantai sembari memandang ombak pantai. Saat duduk berdampingan itu lah, diceritakan dalam lagu ini bahwa si perempuan melihat wajah teman lelakinya dari samping terlihat menggemaskan dan rasa-rasanya jadi ingin iseng menyentuhnya.

Belum selesai, pada lirik reff-nya juga berbunyi "Maafkan summer, cinta ini meskipun hanya teman, terasa sedih". Yah terlihat jelas sih kalau si perempuan memiliki rasa tersendiri pada temannya. Namun temannya sudah terlalu dekat dengannya dan hanya menganggapnya sebagai teman, enggak lebih.

Untuk yang pernah berada di posisi perempuan tadi pasti paham lah yah rasanya ketika menikmati keindahan dari ciptaan Tuhan, tapi hanya bisa mengaguminya saja. Another level of kedungsak-dungsak menutupi rasa cinta sampai sesak.

3. Temodemo No Namida (Air Mata Perasaan yang Tak Tersampaikan)
Dilihat dari judulnya saja sudah teramat nyesek yah, betapa sedihnya perasaan yang tidak tersampaikan sampai harus mengeluarkan air mata.

Lagu ini sendiri berada dalam album Pajama Drive dan lagi-lagi menceritakan tentang seorang perempuan yang menukai laki-laki namun sayangnya tidak bisa tersampaikan. Nyeseknya terdapat pada lirik "Walau ku ingin bertemu, wlau ku menyukaimu, kau bahkan tidak menoleh ke arahku". Nyesek ga tuh.

Intinya sih lagu ini menceritakan kalau si perempuan mengagumi orang yang disukai dari kejauhan, dan orang tersebut sama sekali tidak tau akan hal itu.

Sebenarnya dalam lagu ini, selai kisahnya yang galau banyak juga loh lirik-lirik yang bisa dijadikan semangat jikalau perasaan kita tidak bisa disampaikan ke seseorang. Seperti pada lirik yang menurut saya paling bagus, di mana si perempuan dikatakan tidak akan melupakan langkah kenangan saat bertemu denganya. Biasanya seorang perempuan selalu begitu sih, selalu mengingat-ngingat hal-hal yang sederhana, termasuk saat bertemu dengan lelaki yang dikaguminya.

So, ini lagu emang feel-nya dapet banget mengambarkan seorang sad girl. Dari mulai musiknya yang lumayan sedih, nadanya yang galau, hingga liriknya yang terkesan sedang curhat emang paling cocok untuk para sad girl ketika sedang galau.

4. Futari Nori No Jitensha (Bersepeda Berdua)
Teruntuk yang pernah naksir dengan teman sekelasnya waktu sekolah, direkomendasikan sekali untuk mendengarkan lagu JKT48 yang satu ini. Sensasi lagunya enak sekali untuk didengarkan. Bukan sedih, tapi malah semangat. Namun, sudah pasti seperti banyaknya kisah cinta pada umumnya dengan teman sekelas, pasti hanya bisa dirasakan diam-diam saja walaupun doi sering ngajak ngobrol bareng.

Yah lagu ini kurang lebih menceritakan hal-hal yang sama seperti percintaan teman sekelas. Jadi lagu ini bercerita tentang dua orang yang berteman satu kelas sedang menaiki sepeda berdua saat jalan pulang yang memang kebetulan rumah mereka searah. Namun bagi si perempuan, teman laki-lakinya itu lebih dari sekadar teman pulang sekolah bersama. Tapi sayanganya, si perempuan juga menganggap kalau dirinya hanya seperti angin lalu dan merasa cintanya tak terbalaskan, sehingga di sini si perempuan hanya bisa pasrah saja. 

Meskipun makna dan cerita pada lagu ini cukup sedih, tapi jika mendengarkan lagunya sih dijamin enggak akan merasakan sedih-sedihnya. Tapi, cocoklah buat meneganang masa-masa naksir teman sekelas dulu.

5. Kimi To Boku No Kankei (Hubungan Kau dan Aku)
Lagu ini dulu dibawakan oleh Melody dan Nabilah JKT48. Musiknya benar-benar enak. Pada lagu ini, kisahnya lebih nyesek dari lagu-lagu sebelumnya. Karena lagunya menceritakan tentang perempuan yang menyukai laki-laki, namun laki-lakinya menyukai perempuan lain. Naasnya, lelaki ini malah sering curhat pada perempuan yang menyukainya itu. Pada lirik "Selalu dirugikan juga menyedihkan tapi tak mengapa bagiku, walau bagaimanapun asal kau bahagia, aku juga merasa bahagia" Sangat mempresentasikan sad girl banget, walau terkesan seperti orang bodoh karena jatuh cinta cinta dengan orang yang sedang jatuh cinta kepada orang lain. Tapi kenyataanya memang begitu sih, kadang cinta membuat orang menjadi bodoh lalu membuat alibi dengan mengatakan bahwa cinta tak harus memiliki.

Nah, itulah lagu-lagu JKT48 yang menggambarkan perasaan seorang sad girl. Sebenarnya masih banyak lagi lagu JKT48 yang menarik dan membuat candu. Apalagi banyak yang liriknya yang relate dengan kehidupan para ABG yang bisa dijadikan healing penghilang stres atau menjadi penyemangat hidup.

Tulisan ini ditulis oleh Asri Candra Wanodya di Cangkeman pada tanggal 15 Desember 2021
a.w.a.w.a.w
Aramina
sonn3n
sonn3n dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.8K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
Music
icon
19.7KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.