• Beranda
  • ...
  • Education
  • 5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

bajer.dinar212Avatar border
TS
bajer.dinar212
5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!



Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya para siswa biasanya melanjutkan studi untuk kuliah. Namun banyak yang belum mengetahui alasan pentingnya berkuliah itu sendiri.

Kuliah merupakan proses untuk mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah. Jika detikers lulusan SMA/MA maka dapat melanjutkan jalur sarjana, sedangkan untuk lulusan SMK dapat memilih jalur vokasi (diploma) karena lebih banyak praktek.



Nah sebenarnya apa pentingnya dari berkuliah itu sendiri? Simak penjelasan berikut yang dirangkum dari laman Binus University.

5 Alasan Kuliah Itu Penting:


1. Peluang Kerja Semakin Besar



Makin tinggi pendidikan seseorang maka kesempatan berkarier juga akan semakin luas. Hal ini dikarenakan banyaknya kualifikasi perusahaan yang mengisyaratkan lulusan diploma hingga S1 dalam suatu bidang pekerjaan.

Dengan begitu kuliah menjadi penting karena dapat membuka karier seseorang.


2. Meningkatkan Soft Skill



Selama berkuliah juga belajar untuk mengembangkan soft skill. Soft skill itu dapat mencakup kepercayaan diri, komunikasi, pemikiran kritis, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu dengan berkuliah, kalian juga akan diberikan kemampuan untuk melihat masalah dan melakukan analisis mengenai metode apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah.


3. Mengembangkan Minat



Menurut survei yang dilakukan Times Higher Education menjelaskan alasan utama siswa berkuliah karena ingin mempertajam bidang yang sedang dipelajari. Selama berkuliah, dosen akan menerangkan suatu obyek dan membahasnya lebih dalam.

Dari penjelasan dosen tersebut dapat menemukan minat dan bakat secara lebih mendalam.


4. Kesempatan Memiliki Banyak Teman



Alasan mengapa kuliah penting adalah untuk menemukan relasi baru dan membuka jaringan pertemanan dengan luas. Kalian juga akan belajar dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sama dengan kalian.

Karena kesamaan latar belakang tersebutlah, kalian dapat bertukar informasi dan berbagi pengalaman untuk mendapatkan banyak kesempatan dan belajar hal-hal baru.

Siapa tahu teman kuliah kalian dapat menjadi partner kerja kalian!


5. Lebih Siap Kerja



Dengan memiliki empat hal seperti yang dijelaskan di atas, kalian akan lebih siap menghadapi dunia kerja. Jika kemampuan kalian sudah berkembang makin baik. Maka kalian juga dapat melakukan negosiasi gaji sesuai dengan kemampuan dan gelar.

Selain itu kalian juga bisa menyelesaikan masalah di kantor sesuai dengan metode dan keahlian yang kalian dapatkan selama kuliah. Dengan memiliki gelar dan ilmu selama berkuliah, kalian dapat memilih karier yang sesuai dengan minat.


Sumber : https://www.detik.com/edu/detikpedia...swa-wajib-tahu
yanginiusername
reid2
Bgssusanto88
Bgssusanto88 dan 10 lainnya memberi reputasi
5
3.9K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.