Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abee.Avatar border
TS
abee.
Apa agan yakin udah bisa hidup mandiri secara finansial?
emoticon-CoolHalo, Gan! emoticon-Cool


Kalau udah masuk usia dewasa, biasanya seseorang bakal ngadepin fase di mana semua hal harus dilakukan sendiri. Menjadi mandiri emang gak mudah, tapi merupakan keharusan, terutama kalo kita mau menjalani hidup tanpa tergantung pada orang lain. Jadi orang yang mandiri secara finansial juga membutuhkan kesiapan khusus. Karena kita bukan hanya harus bisa mengatasi segala hal yang berhubungan dengan keuangan, tetapi juga bisa meyakinkan kalau kondisi finansial kita bakal bertahan hingga waktu lama.

Terus, Apa agan yakin udah bisa hidup mandiri secara financial? Apa yang perlu dilakuin buat bisa hidup mandiri secara financial? Cekidot, Gan!



1. Cari pekerjaan
Mendapatkan pekerjaan dan gaji setiap bulannya merupakan tahapan penting untuk bisa mandiri secara finansial. Kita bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan, atau lebih super lagi kalau mendapatkan gaji yang lumayan besar dari pekerjaan itu. Bila pekerjaan sudah ditangan, maka kita akan lebih mudah mengatur hidup kita dan rencana keuangan ke depan. Termasuk rencana investasi, menabung, berasuransi dan lain-lain.



2. Hindari ketergantungan pada orang tua
Ternyata masih ada orang yang meskipun sudah bekerja tetapi masih mengandalkan orang tua soal finansial. Alasan soal gaji yang kecil dan tidak cukup menjadi penyebab mengapa bantuan orang tua tetap dibutuhkan. Padahal menjadi mandiri adalah lepas dari beban orang tua yang selama ini mensubsidi kita kaaan.
Kita perlu mengurangi ketergantungan ini dan mulailah mengatur keuangan sendiri. selama kita bisa mengatur gaji dengan baik, Bukannya gak masalah gaji kecil?



3. Mulai Tinggal Sendiri
Kalo finansial kita sudah meyakinkan, kenapa kita gak belajar hidup mandiri dengan mencari tempat tinggal sendiri? Ini semacam capaian terbesar kalau kita udah siap untuk menyelesaikan semua masalah, termasuk masalah keuangan. Risikonya kita harus mengatur semuanya sendiri, termasuk membayar ragam kebutuhan di luar pengeluaran kita selama ini dan tidak membebani orang tua. Tapi seandainya kita masih pengen tinggal sama orang tua, kita bisa juga membantu mereka dengan mengambil bagian dalam pembayaran listrik, air atau belanja kebutuhan bulanan.



4. Punya Tabungan dan Asuransi
Maksud dari tabungan di sini yaitu kita memiliki sejumlah simpanan yang bisa membuat kita bertahan seandainya ada masalah keuangan. Namanya hidup kan sering sulit ditebak. Jadi baiknya kita berjaga-jaga dengan uang tabungan. Untuk asuransi, apalagi asuransi keshatan ini memang sebaiknya dimiliki, karena kalau sakit, biaya yang akan dikeluarkan bisa jadi akan lebih besar daripada uang yang kita keluarkan untuk membeli asuransi. Saya sendiri pakai asuransi cigna karena ada sistem cashless yang bisa dipakai di 700 rumah sakit, jadi kalau sakit gak harus selalu pakai uang tabungan lebih dulu baru diganti klaim untuk reimbursement.



5. Punya tambahan pendapatan
Buat yang ingin mandiri secara finansial, mungkin akan mencoba mencari alternatif solusi yang bisa menambah isi dompet. Jadi kalau mendadak jobless atau resign, gak perlu panik karena masih punya pekerjaan lain yang selalu mensupport kehidupan. Walaupun gak seberapa, yang penting bisa menutupi kebutuhan tiap bulannya.



5 hal diatas itu yang menurut saya bisa jadi cara untuk hidup mandiri secara finansial. Apa agan yakin udah bisa hidup mandiri secara financial?


0
1.9K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.