jawaban1Avatar border
TS
jawaban1
3 Fakta Wacana Tarif KRL Naik hampir 100% Jadi Rp 5.000
Jakarta - Usulan kenaikan tarif KRL Commuter Line mengemuka. Hal itu saat ini sedang dibahas di Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.
Kenaikan yang berlaku akan terjadi pada tarif dasar 25 kilometer pertama perjalanan KRL. Sementara itu, untuk tarif perjalanan setiap 10 km setelahnya tidak mengalami kenaikan.

Kasubdit Penataan dan Pengembangan Jaringan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Arif Anwar mengatakan alasan utama penyesuaian tarif KRL karena belum pernah naik sejak 2015.

"Tarif KRL sudah tidak alami penyesuaian sejak tahun 2015. Tarif 25 km pertama Rp 3.000 dan 10 km berikutnya Rp 1.000 telah lama tidak naik," ungkap Arif dalam diskusi publik virtual yang diadakan Instran, Rabu (12/1/2022).

Baca juga:
Tenang! Tarif KRL Naik Jadi Rp 5.000 Masih Dikaji
Mau tahu lebih banyak soal wacana tarif KRL mau naik ini? Simak 3 fakta penting yang dirangkum detikcom di bawah ini.

1. Besaran Usulan Kenaikan
Arif Anwar menjelaskan Tarif yang akan naik adalah tarif dasar sejauh 25 kilometer (km) untuk tarif KRL. Bila awalnya tarif KRL untuk 25 km pertama hanya Rp 3.000, rencananya dinaikkan menjadi Rp 5.000, atau tepatnya naik Rp 2.000.

Sementara itu, untuk tarif lanjutan KRL 10 km berikutnya tetap di angka Rp 1.000. Tidak mengalami kenaikan.

"Nah ini dari hasil survei tadi ini masih ada tahap diskusi juga. Kita akan usulkan penyesuaian tarif kurang lebih Rp 2.000 pada 25 km pertama. Jadi kalau yang semula sebesar Rp 3.000 untuk 25 km ini jadi Rp 5.000," papar Arif.

Baca juga:
Tarif KRL Commuter Line Naik Jadi Rp 5.000 Mulai April 2022?
Dalam bahan paparan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, rencana kenaikan tarif KRL diberlakukan pada 1 April 2022. Tertulis juga bahwa tarif KRL belum pernah naik sejak 2015.

Arif mengatakan angka kenaikan tarif KRL ditentukan sesuai dengan survei ability to pay-willingnes to pay (ATP/WTP) yang dilakukan oleh pihaknya. Survei itu dilakukan untuk melihat kemampuan dan keinginan membayar dari masyarakat untuk ongkos KRL Commuter Line.

Dari survei yang dilakukan pihaknya di Jabodetabek, rata ATP atau kemampuan membayar masyarakat adalah sebesar Rp 8.486 untuk ongkos KRL. Sementara WTP alias keinginan untuk membayar masyarakat pada moda Commuter Line sebesar Rp 4.625.

Survei itu dilakukan pada 6.841 orang di Jabodetabek. Mulai dari lintas Bogor, Bekasi, Serpong, hingga Tangerang.

2. Masih Dikaji
Jangan dulu panik, wacana kenaikan ini masih berupa usulan belum menjadi sebuah keputusan. Dia menyatakan usulan ini masih didiskusikan. Malah mungkin untuk mencapai keputusan menaikkan tarif KRL jalannya masih panjang.

Usulan tersebut masih harus didiskusikan dan disetujui terlebih dahulu oleh pimpinan Ditjen Perkeretaapian, belum lagi ke Menteri Perhubungan.

"Ini masih terus didiskusikan dan juga diajukan ke pimpinan. Setelah mendapatkan izin, baru minta persetujuan pak Menteri," ungkap Arif.

Dia mengatakan pihaknya mengusulkan wacana ini bisa terwujud tahun. Perihal kapan pastinya, semua masih dalam tahap diskusi dan kajian mendalam di internal Kementerian Perhubungan.

"Untuk kapannya, yang jelas kita usulkan tahun ini dan memang sedang didiskusikan di Dirjen Perkeretaapian," ungkap Arif.

3. Simulasi Kenaikan Tarif
Sebesar apa kenaikan tarif KRL bila naik menjadi Rp 5.000 pada 25 km pertama? detikcom mencoba melakukan simulasinya pada beberapa rute-rute KRL yang ramai.

Mulai dari rute Stasiun Bogor-Jakarta Kota, rute ini panjangnya 54,8 km dari ujung ke ujung. Dengan tarif yang berlaku saat ini harga tiketnya senilai Rp 6.000, bila tarif naik akan menjadi Rp 8.000.

Sementara itu untuk rute Bekasi-Jakarta Kota dengan panjang 26,5 km, harga tiketnya saat ini Rp 4.000 dan bakal naik jadi Rp 6.000.

Kemudian, untuk rute Serpong-Tanah Abang, saat ini harga tiketnya sebesar Rp 3.000 dengan panjang rute Rp 24,2 km. Bila tarifnya dinaikkan maka harga tiket akan menjadi Rp 5.000.

Sama halnya seperti rute Tangerang-Tanah Abang sepanjang 22,9 km, saat ini harga tiketnya cuma Rp 3.000. Bila tarif dinaikkan akan jadi Rp 5.000.




detikcom


Naiknya hampir 100 persen di trayek 25km pertama yang memang jadi target pasar  utamanya emoticon-Frown
seher.kena
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan seher.kena memberi reputasi
2
1.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.