Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lowbrowAvatar border
TS
lowbrow
PHDI Lumajang pastikan bukan umat Hindu yang memasang sesaji di DAS Semeru
PHDI Lumajang pastikan bukan umat Hindu yang memasang sesaji di DAS Semeru

Ketua Perisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Lumajang Edy Sumianto menanggapi permasalahan sesaji di atas Daerah Aliran Sungai (DAS) Gunung Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, yang disepak dan dibuang oleh seorang laki-laki, dipastikan yang memasang atau meletakkan sesaji bukan dari umat Hindu.

"Kegiatan tersebut bukan dari kalangan umat Hindu, maka dari itu umat Hindu tidak bertindak sebelum tahu data dan fakta sebenarnya di lapangan,'' kata Edy Sumianto seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Efendi Murdiono, Rabu (12/1).

Dijelaskan Edy Suminto bilamana di Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo dekat DAS itu ada patmasari karena sebelumnya ada warga setempat beragama Hindu dan sekarang warga tersebut telah ikut transmigrasi. Direncanakan sebelumnya patmasari tersebut untuk dipindahkan atau bila mendapatkan ijin pemerintah di lakukan rehab.

"Sebelum erupsi Gunung Semeru terjadi ada rencana untuk memindahkan patmasari atau membangun kembali bila itu mendapat restu dari pemerintah", ucap Edy.

Terkait persoalan penyepakan dan pembuangan sesaji oleh seorang laki-laki yang terekam amatir, pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan penanganan agar segera melakukan klarifikasi. Bagi umat Hindu kata Edi yang akan mendukung dan menerima keputusan tersebut.

"Kami mendukung langkah pemerintah soal pembuangan sesaji, namun apapun keputusannya tetap kami hormati", tutur Edy.

Sementara itu Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan kepada masyarakat, relawan dan aparat keamanan yang masih lokasi untuk mencari agar cepat mengklarifikasi atas perlakuannya.

"Aksi yang bisa membuat retaknya nilai hormat menghormati antar agama selama ini terjaga tetap terjaga tidak sampai ada permasalahan", tutur Thoriq.

Mengingat kondisi saat ini pemerintah kabupaten Lumajang fokus terhadap penanganan pasca erupsi Gunung Semeru dari segala aspek tidak hanya Hunian Sementara (Huntara).

Relawan yang datang ke Kabupaten Lumajang Jawa Timur misi utama adalah kemanusiaan dalam penanganan korban Awan Panas Guguran (APG) Semua bukan untuk yang lainnya, sehingga kondisi yang sudah dilakukan oleh oknum relawan tidak terulang dikemudian hari di tempat lainnya.

https://elshinta.com/news/256442/202...-di-das-semeru
muhamad.hanif.2
pilotugal2an541
pilotugal2an541 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
945
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.