• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Perawatan Harian Eksterior Mobil yg Sering Terlewatkan (Cek Sekarang Sblm Menyesal)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Perawatan Harian Eksterior Mobil yg Sering Terlewatkan (Cek Sekarang Sblm Menyesal)


[ HT# 908 ]

Memiliki kendaraan khususnya mobil yang terawat luar dan dalam tentu menjadi kebanggaan kita, pede kemanapun kita pergi. Selain tetap 'glowing' bagian luar tapi juga super nyaman di dalamnya, tidak peduli meski sekelas mobil elcegece sekalipun, kalau terawat semua orang pasti suka.

Beberapa perawatan dasar eksterior seperti rajin mencuci adalah hal yang paling lumrah, bahkan jika ada waktu dan biaya perawatan ke salon pun bisa dilakukan. Tapi meskipun begitu buat kita yang belum pernah samasekali ke salon atau detailing mobil berikut hal-hal lain yang tidak boleh dilewatkan untuk dilakukan perawatan bahkan jika perlu dilakukan penggantian part.

Anehnya bagian ini sebenarnya kita ketahui setiap hari tapi seringkali terlewati. Apa saja, yuk kita kepoin dimulai dari yang mudah dilihat:


KEPOIN KESATU
Karet Wiper. Bagian pengusap air pada kaca depan dan belakang mobil biasa kita kenal dengan wiper ini terdapat bagian karet yang berwarna hitam dan memanjang. Karet inilah yang bertugas menyapu bersih air di permukaan kaca.




Seiring waktu elasitas dan kerja karet wiper semakin tidak maksimal. Sering terpapar panas akan mempercepat usia karet wiper dan diperlukan penggantian. Setelah mencuci mobil luangkanlah waktu untuk memeriksa bagian karet ini apakah masih lentur dan utuh atau tidak.


KEPOIN KEDUA
Karena posisinya ada di belakang biasanya lampu rem, lampu sein, lampu mundur, dan lampu plat nomor jarang kita cek kalau mungkin saja salah satunya sudah mati. Pengecekannya pun sangat mudah, bisa kita lihat langsung, lewat pantulan tembok, atau minta bantuan orang lain untuk melihatnya.




Saran saya jika salah satu bagian saja yang mati segeralah dilakukan penggantian. Ini amat penting karena berhubungan langsung dengan faktor keselamatan diri sendiri dan orang lain, terutama pengendara dibelakang kita yang ceroboh atau sedang tidak fokus bisa tahu kemana kita akan bermanuver.


KEPOIN KETIGA
Bagian yang amat mudah di lihat dan dicek keberadaannya juga adalah tutup pentil. Meski terlihat sepele ternyata tutup pentil sangat penting untuk bantu menjaga kestabilan psi angin dalam ban terutama disaat mobil berkecepatan tinggi atau suhu ekstrem.




Adanya tutup pentil selain meminimalisir angin bisa keluar karena karet pentil mungkin sudah bocor pentil ban kini juga menunjang penampilan, bahkan sekarang sudah ada tutup pentil yang berfungsi juga sebagai sensor tekanan angin dan suhu ban. Paling apes, adalah jika ada petugas menilangmu dengan alasan ban mobil tidak dilengkapi tutup pentil.


KEPOIN KEEMPAT
Memeriksa tiap sisi panel body mobil dan nat body mobil juga perlu dilakukan di waktu-waktu tertentu. Kita tidak tahu kondisi mobil saat kita tinggal di parkiran atau dijalan hal diluar sepengetahuan kita bisa saja terjadi.




Yang paling sensitif adalah bagian sisi panel tertentu terdapat goresan akibat gesekan, senggolan, bahkan benturan yang akibatnya cat mobil terlihat tidak bagus atau malah cacat. Goresan dalam keadaan wajar bisa diakali dengan melakukan pemolesan sederhana saja.

Sedangkan nat panel body yang tidak rata bisa menurunkan penampilan mobil dan ada indikasi bekas perbaikan mungkin akibat benturan keras. Nat bawaan pabrik yang tidak rata akibat hal ekstrem tadi biasanya menurunkan harga jual mobil juga.


KEPOIN KELIMA
Yang tidak juga boleh dilewatkan sekarang adalah melihat kondisi dan posisi knalpot mobil apakah ada bagian yang tidak sesuai dan terjadi perubahan akibat usia mobil yang sudah cukup tua.




Knalpot yang mudah bergerak dari tempatnya, sudah berkarat bahkan sampai ada bagian yang bolong pada leher knalpot harus segera dilakukan penggantian. Knalpot yang sering bergerak akibat lepas dari pengaitnya akan beresiko lepas dijalan dan membahayakan orang lain. Jika tidak segera dilakukan penggantian tenaga mobil akan lemot dan boros bensin akibat knalpot yang bocor.


KEPOIN KEENAM
Memeriksa bagian pijakan, foot step dan towing. Dalam kondisi tertentu bagian pijakan mungkin sudah mulai banyak goresan alas kaki bahkan terdapat 'luka dalam' akibat sudut tepian catnya terkelupas, ini sangat tidak enak dilihat. Untuk itu sebelum hal itu terjadi lebih jauh sebaiknya tambahkan lembar seperti sill plate agar bagian pijakan tetap terlindungi.


Konten Sensitif


Bagian foot stepdan towing belakang juga perlu di cek apakah masih menyangga dengan kuat, apakah ada bagian yang mulai berkarat, periksa juga bagian braketnya apakah kondisinya masih aman atau tidak. Hal ini biasanya banyak ditemukan pada pemasangan foot step after market.


KEPOIN KETUJUH
Bagian emblem 3d, karena bentuknya kecil bagian ini kadang juga sering terlewat dari pengamatan harian kita. Sudut-sudut emblem atau logo kendaraan jika sering terlewat akan terdapat jamur ataupun kerak yang menumpuk sehingga tampilan emblem tidak lagi menarik atau bahkan mungkin emblem kondisinya akan terlepas.




Perawatan dibagian ini sebaiknya terus dilakukan karena jika sudah terlanjur berjamur atau berkerak dalam akan sulit dihilangkan karena memiliki sudut sempit dan kedalaman yang sulit dijangkau oleh tangan dalam perawatan keseharian.


KEPOIN KEDELAPAN
Bagian akhir dari tulisan ini adalah ban serep. Jujur saja bagian ini nyaris tidak kita tengok jika kita tidak sedang membutuhkannya. Ban serep meskipun tidak digunakan sebaiknya dilakukan pengecekan terutama ban serep yang letaknya di luar.




Setidaknya 3 bulan sekali turunkan dan periksa kondisi ban apakah ada perubahan secara fisik, tekanan angin ban atau tidak, jika ada air menggenang pada cover ban sebaiknya segera dibuang. Saran dari teman bengkel saya sebaiknya ban serep diisi angin nitrogen karena suhu udaranya cenderung stabil dan membuat umur ban jadi lebih panjang.

Tambahan yang tidak kalah penting adalah periksalah bagian pengait ban serep luar apakah ada bagian yang berkarat atau ada tanda-tanda perubahan. Lakukan perbaikan atau penggantian karena akan berbahaya jika ban serep sampai lepas dari tempatnya dan berbahaya bagi pengendara lain.




Sebuah opini
Sumur. Teman bengkel langganan
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 14-01-2022 08:41
Araka
asamboigan
cor7
cor7 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.3K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.