Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mercedes Benz OF 917 - Bus Buatan Jerman dengan Cita Rasa Jepang

deni.kaAvatar border
TS
deni.ka
Mercedes Benz OF 917 - Bus Buatan Jerman dengan Cita Rasa Jepang
Di segmen bus medium tidak banyak merek Eropa yang menawarkan produknya, segmen ini biasanya diisi oleh bus merek Jepang, seperti Isuzu, Mitsubishi dan Hino. Tapi pada tahun 2017 lalu, Mercedes Bemz mencoba bermain di segmen bus medium tersebut dengan menghadirkan Mercedes Benz OF 917. Bus ini kemudian juga ditampilkan dalam acara Busworld South East Asia 2019, Rabu (20/3/2019). Waktu itu OF 917 dibalut bodi Patriot garapan Morodadi Prima.

Seri OF 917 merupakan medium bus berchassis panjang yang dapat mengangkut penumpang mencapai 33-40 orang. Bus ini memiliki dua pilihan panjang, yakni 4.250 mm dan 8.566 mm. Seperti judul thread ini, bus ini pinya cita rasa Jepang, karena bus dibekali mesin buatan Mitsubishi. Tak heran memang, mengingat sebagai besar saham Mitsubishi dimiliki oleh Mercedes Benz.

Cita rasa Mitsubishi itu bisa kita lihat pada penggunaan mesin, biasanya Mercedes Benz memakai seri OM, yang lazim ditemui pada varian bus besutan Jerman tersebut. Tetapi pada seri OF 917, memakai seri 4D34 yang lazimnua ditemui di produk Mistsubishi. Strategi ini merupakan trik cerdik Mercedes Benz, mengingat orang Indonesia sudah familiar dengan produk Mitsubishi. Selain itu Mercedes Benz masih bisa menguasai pasar bus bermesin depan, tetapi dengan merek yang berbeda.


Quote:



Lalu bagaimana cara membaca kode bis ini ? Berikut TS berikan sedikit informasi untuk membaca kode OF 917.

Quote:



Sekilas bus ini tampak lebih panjang daripada bus medium biasa, meskipun panjang tapi bus ini masih menggunakan ban ukuran bus medium. Jika kita bertemu dengan bus ini di jalan akan mudah untuk mengenalinya, karena overhang belakang bus ini jauh lebih panjang daripada overhang depan. Meski memakai mesin Jepang, bus ini masih punya cita rasa Jerman. Hal itu terlihat dari diberikannya full airbrake system, seperti bus Mercedes Benz lainnya. Rem juga sudah dingkapi fitur auto slack adjuster.

Soal mesin, Mercedes-Benz OF 917 dibekali mesin diesel 4D34i, Euro 3 Turbo Charger dan Intercooler, dengan kapasitas meisn 3.900 cc, 4 segaris. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 170 PS pada putaran mesin 2500 rpm dan torsi maksimal 520 Nm pada putaran mesin 1500 - 2000 rpm. Tenaga itu lantas dikimpoikan dengan transmisi manual 6 kecepatan.


Quote:



OF 917 pun kini sudah banyak diapakai oleh PO bus ternama di Indonesia, mulai dari Harapan Jaya, Pandawa 87, Satu Nusa, Safarai Dharma Raya, Pelita Indah, Armada Jaya Perkasa dll. Selain digunakan untuk bus pariwisata, PF 917 juga banyak diapakai untuk kebutuhan bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi).

Yang menarik pada November 2021 lalu, Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) selaku agen pemegang merek kendaraan niaga Mercedes Benz meluncurkan the newly-improved OF 917 yang dipasang ke bodi Suites Combi buatan karoseri Laksana, pada 9 November 2021.

Peluncuran ini merupakan bagian dari acara Kontes Desain Livery dan Interior Bus Mercedes Benz OF 917 yang diselenggarakan DCVI lewat Instagram. Dan pemenang dari kontes tersebut adalah karoseri Laksana dengan bodi bus bernama Suites Combi.


Quote:



Yang menarik dari desain baru OF 917 buatan Laksna ini adalah bagian interiornya, di mana bus memakai perpaduan suites bus dan konfigurasi tempat duduk. Di bagian depan ada 12 physical distancing seat dan di bagian belakang ada 8 suites cabin.

Pada suites cabin, menggunakan bangku yang bisa direbahkan sampai 150 derajat. Terdapat juga fasilitas USB charger, individual lamp, cup holder, serta monitor LCD layar sentuh. Bagian suites cabin ini tidak jauh berbeda dengan desain suites class yang dibangun Laksana pada chassis bus besar.

Bagian kabin bus juga terdapat fitur yang memenuhi protokol kesehatan. Seperti pengukur suhu tanpa sentuh dan bio Smart Air Circulation System buatan Laksana yang menggabungkan penyaringan udara dengan sinar UV, HEPA Filter, dan cabin filter.


Quote:



Ubahan pada chassis OF 917 yakni pada bagian mesin mencakup bagian cylinder head, rocker arm, dan juga camshaft. Mercedes Benz menyebut jika penyempurnaan ini akan meningkatkan umur mesin. Pada bagian poros belakang, suspensi, dan sistem pengereman juga dilakukan penyempurnaan.

Sebelumnya pada awal tahun 2021, OF 917 mendapatkan upgrade pada mesinnya, upgrade tersebut membuat performa mesin menjadi lebih baik. Mesin OF 917 sendiri dilengkapi Engine Management (ECU), teknologi Common Rail, dan Euro 3. Hal tersebut membuat mesin turbo 3.900 cc dieselnya akan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik dan emisi gas buang lebih rendah.



Referensi Tulisan: bus-truck.id, Kompas.com, gridoto.com
Sumber Foto: sudah tertera
jlamp
Cucigosok
davecchio
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.