adhie1185Avatar border
TS
adhie1185
Menghindari Rem Blong Saat Mau Bayar Tol Ini Tipsnya
Illustrasi (Image: iStock)

Saat ini, pembayaran tol sudah menggunakan uang elektronik untuk mempermudah dan mempercepat transaksi dibandingkan transaksi memakai uang tunai. Gerbang tol ini terdiri dari beberapa pintu, termasuk khusus untuk kendaraan kecil atau pun besar. Adanya transaksi via uang elektronik ini membuat segelintir pengendara mengabaikan keselamatan berkendara. Namun karena fungsi gerbang yang cukup sederhana, beberapa orang ada yang kerap menyepelekannya dengan memindahkan gigi transmisi ke posisi netral saat mau berhenti untuk membayar tol.

Penyebabnya adalah mereka letih atau terburu-buru, ungkap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana. “Kalau free wheel pasti pengemudi mengandalkan rem kaki 100 persen, kalau sepatu remnya panas, bisa rem blong,” 
Jenis kecelakaan ringan lainnya adalah pengemudi mengerem mendadak atau bahkan menabrak ke arah separator atau tembok karena salah atau telah menginjak rem.

Sony mengatakan cara untuk menghindari rem blong ketika di gerbang tol, pertama adalah dengan mengurangi kecepatan dengan mengangkat kaki dari pedal gas sekitar 100 meter dari gerbang tol. “Manfaatkan engine brake agar perlambatannya mulus dan kerja sepatu rem tidak berat,” kata Sony.

Tips menghindari rem blong kedua adalah dengan menurunkan gigi secara bertahap sembari menginjak rem secara perlahan. Cara terakhir adalah menginjak rem dan kopling untuk menurunkan kecepatan saat kendaraan hendak berhenti.Dengan cara tersebut, pengendara dapat mengetahui kondisi rem kendaraannya.

Apabila kendaraan mengalami rem blong, pengemudi dapat menarik rem tangan untuk menurunkan momentum kendaraan. Agar tidak memberi dampak buruk ke yang lain, pengemudi juga wajib menyalakan hazard dan membunyikan klakson. Dengan informasi melalui klakson tersebut, kendaraan di depan bisa menghindar atau mewaspadai kendaraan pengemudi yang mengalami rem blong tersebut.



jlamp
ariemail
ariemail dan jlamp memberi reputasi
2
742
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.