• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jangan Sampe Salah Tipe! Inilah Tipe-Tipe Berjabat Tangan Beserta Maknanya

serbaserbi.com
TS
serbaserbi.com
Jangan Sampe Salah Tipe! Inilah Tipe-Tipe Berjabat Tangan Beserta Maknanya
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

emoticon-Hai

Hai semua!
Jumpa lagi dengan thread @serbaserbi.com

Kita semua tahu bahwa ilmu psikologi sangat luas dan dalam. Lewat tipe tulisan tangan seseorang saja, kita bisa menilai bagaimana karakter orang tersebut. Atau dengan melihat cara seseorang tersenyum, kita dapat mengetahui perasaannya. Dan begitu pula dengan berjabat tangan. Hanya dengan berjabat tangan, kita bisa paham ada pesan dan kesan tertentu yang ingin disampaikan seseorang. Lantas, sudahkah Gansis tahu dengan tipe-tipe jabat tangan beserta maknanya? Jika belum, simak thread ini sampai habis!

Dead Fish


Foto:di sini

Ya, jabat tangan ikan mati. Sesuai namanya, jabat tangan tipe ini terasa kaku, dingin, dan tanpa energi. Bahkan tidak ada sensasi apapun seperti tekanan dan remasan. Jabat tangan seperti ini terkesan tidak percaya diri. Jika mau, Gansis bisa membalas jabatan tangan seperti ini dengan kedua tangan guna menyalurkan energi, rasa percaya diri, dan kesan akrab.

Limp Fish

Selain ikan mati, ada juga namanya jabat tangan ikan lemas. Hampir serupa dengan dead fish, tapi yang ini lebih buruk. Orang dengan jabat tangan tipe ini benar-benar mengulurkan tangannya dengan lemas. Kesan yang ditimbulkan tentu sangat buruk, seakan-akan si pengulur tangan enggan untuk berjabat tangan. Jika Gansis bertemu orang seperti ini, sebaiknya jabat tangannya dengan singkat saja lalu lepaskan.

Fingers Only


Foto:di sini

Dibanding tipe ikan-ikan di atas, fingers only jauh lebih parah, Gansis. Di mana pada tipe ini, seseorang hanya mengulurkan jarinya saja untuk berjabat tangan. Jika bertemu yang seperti ini, Gansis bisa membalas jabatannya dengan menggenggam jari-jari tersebut pada celah berselaput antara ibu jari dan telunjuk. Jangan lupa berikan sedikit tekanan untuk menambah kesan hangat. Ngomong-ngomong, ini hanya saran. Hindarilah berjabat tangan tipe ini dengan orang baru atau klien. Gansis tidak ingin, kan, menghancurkan relasi dan interaksi cuma karena tipe jabat tangan yang salah? Jadi, jangan lakukan!

Sweaty Palms

Ciri-ciri tipe ini adalah, tangan terasa dingin, lembab, dan berkeringat ketika berjabat tangan. Itu pertanda bahwa seseorang sedang gugup bahkan ketakutan. Bisa jadi karena lawan jabat tangannya memang menakutkan, atau seseorang yang benar-benar dia idolakan. Jika Gansis memiliki tipe seperti ini, jangan lupa untuk menyimpan sapu tangan kecil di kantong celana. Laplah tangan sebelum berjabat tangan agar tidak terlalu lembab. Atau, jika Gansis berjabat tangan dengan orang seperti ini, tepuklah bahunya untuk menyalurkan ketenangan bahwa tidak ada yang perlu digugupkan.

The Dominant


Foto:di sini

Seseorang dengan sifat dominan kerap menunjukkan sisi dominannya guna menundukkan orang lain, termasuk dalam berjabat tangan. Si dominan akan berjabat tangan dengan mengulurkan tangannya di bawah telapak tangan lawan, sehingga ia menggenggam telapak tangan dari bawah. Tak hanya itu, ia akan memberi tekanan yang cukup kuat bahkan sedikit tarikan agar lawan mendekat ke hadapannya. Sehingga dengan jabat tangan seperti ini, si penjabat terkesan seperti si penunduk yang tak terkalahkan.

Double Handed


Foto:di sini

Double, ganda. Sesuai namanya, jabatan tangan tipe ini menggunakan dua tangan. Dalam situasi tertentu, double handed sangat bagus untuk digunakan karena memberi kesan akrab dan intim. Namun jika digunakan pada orang baru atau seseorang yang tak terlalu akrab denganmu, ini akan meninggalkan kesan 'sok akrab' yang tak nyaman, atau kesan; berusaha untuk melewati batas privasi seseorang. So, hati-hati.

No Eye Contact Handshake

Ada dua kemungkinan bila seseorang berjabat tangan dan menghindari kontak mata. Pertama, orang itu dilanda gejala kecemasan sosial. Kedua, orang itu tidak yakin akan janji atau kesepakatan yang tengah disepakati. Well, jangan lupakan kontak mata dalam berinteraksi, ya, Gansis.

The Miss

Ada orang yang ketika berjabat tangan, ia akan menarik tangannya buru-buru lebih dulu, maka orang seperti itu dinamakan dengan tipe jabat tangan 'the miss', jabat tangan ala nona-nona yang merasa terancam saat berjabat tangan dengan pria-pria buaya yang berusaha menggodanya.

Long Handshake

Yaitu ketika dua orang berjabat tangan cukup lama sambil menggoyangkan tangan ke atas dan ke bawah. Biasanya diiringi kontak mata yang intens. Jika ada seseorang yang menjabat tangan Gansis seperti itu, pertanda bahwa orang tersebut ingin mengakrabkan diri dengan Gansis. Atau, bila orang tersebut sudah lama Gansis kenal, artinya orang tersebut nyaman berhubungan dengan Gansis.

The Sociable Handshake


Foto:di sini

Sociable handshake adalah tipe jabat tangan yang ideal digunakan dalam lingkungan sehari-hari. Biasanya orang-orang ekstrovert berjabat tangan seperti ini, yaitu jabat tangan sejajar dan erat. Tipe ini menyiratkan keramahan dan keakraban.

The Two Hander Shake


Foto:di sini

Yaitu, ketika dua orang berjabat tangan dengan tangan kanan, tangan kirinya memegang pergelangan tangan, lengan, siku, bahkan bahu lawan jabat tangannya. Tipe seperti ini kerap digunakan oleh para politisi dan sering disebut tipe jabat tangan manipulatif dan bermakna ganda. Ini seakan menunjukkan ketulusan di antara ketidaktulusan, atau memamerkan persahabatan dalam permusuhan. Kadang benar-benar murni, kadang lagi hanya manipulasi belaka.

***

Kedengarannya sepele, tetapi sebetulnya, berjabat tangan sangat berpengaruh dalam proses interaksi yang kita lakukan. Gestur dan postur tubuh ketika berjabat tangan adalah mode komunikasi non verbal yang menyiratkan banyak makna. Misal, ketika Gansis membantu seseorang, lalu orang tersebut menjabat tangan Gansis dengan tipe Long Handshake, dapat disiratkan bahwa orang tersebut tengah berterima kasih dengan tulus kepada Gansis. So, jangan abaikan jabat tangan. Oh iya, beritahu saya, tipe mana yang saya lewatkan atau lupa saya cantumkan dalam list, okay.

Sekian

Terima kasih sudah mampir

Jangan lupa rate, cendol, komen, dan share!

Dan follow instagram saya @diavanillakim

Sumber: 1, 2, 3

Wassalam

emoticon-Malu
Diubah oleh serbaserbi.com 11-01-2022 08:36
garpupatahasamboiganeno.niken
eno.niken dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.4K
80
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.