• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenali Cara Unik Budaya Di Kuwait Untuk Nongkrong Yang Disebut Diwaniyah

adhie1185Avatar border
TS
adhie1185
Kenali Cara Unik Budaya Di Kuwait Untuk Nongkrong Yang Disebut Diwaniyah
Di Kuwait, ternyata terdapat budaya nongkrong yang cukup unik dan patut dicoba.
Budaya nongkrong di Kuwait tidak berbeda jauh dengan di Indonesia, baik saat nongkrong sore atau malam, bahkan sering hingga pagi adalah hal yang sering dilakukan oleh kaum pria di Kuwait.




Gak jauh beda dengan di Indonesia, duduk nongkrong sambil minum kopi sembari bermain gitar, main kartu, atau bahkan merokok. Nah, kebiasaan inilah yang sering disebut atau dikenal dengan nama Diwaniyah.
Tapi perbedaan antara nongkrong di Kuwait dan di Indonesia adalah musimnya. Di Indonesia kaum pria tidak mengenal musim. Kalau mau nongkrong, ya nongkrong aja.
Namun, kaum pria di Kuwait mengenal musim. Karena mereka hanya akan terlihat sering nongkrong di musim-musim sejuk datang, seperti bulan November hingga bulan April.

Dalam melakukan Diwaniyah, kaum pria Kuwait memiliki cara tersendiri yaitu dengan menggabungkan beberapa kursi yang saling berhadapan di dalam rumah atau di pinggir jalan.
Kadang juga dengan menggunakan tenda yang didirikan di tengah gurun. Kebiasaan di perkotaan Diwaniyah dibangun di dalam gedung, di dalam hotel atau di dalam perkantoran. 
Kalau kalian sedang berada di Kuwait dan menemukan susunan kursi dibentuk lingkaran, bisa dipastikan jika itu adalah tempat untuk Diwaniyah.


Diwaniyah atau Dewaniyah ini adalah inti dari budaya bersosial dan berpolitik pada masyarakat Kuwait tempo dulu. Namun, tetap dilestarikan karena mengandung nilai positif, seperti membangun komunikasi, keakraban, bertukar issue, dan permasalahan sehari-hari.
Hampir sama seperti di Indonesia, Diwaniyah adalah ajang untuk bersilaturahmi antar sosial di masyarakat, baik kelas bawah seperti di pos ronda atau gang sempit, maupun kelas elit seperti di kafe-kafe mahal dan hotel berbintang. 

Diwaniyah dibedakan menjadi 3 tipe.

Diwaniyah Tipe Keluarga

Diwaniyah Keluarga merupakan bentuk budaya di Kuwait. Dan aslinya dipakai di kehidupan sehari-hari untuk berkumpulnya keluarga, handai taulan, maupun menjamu tamu. Biasanya dilakukan di dalam rumah atau halaman rumah.

Diwaniyah Tipe Politik

Diwaniyah jenis ini baru berkembang setelah Kuwait mengeluarkan kebijakan bebas berpolitik pada tahun 2000-an. Biasa dilakukan di lokasi atau tempat-tempat strategis.
Dinding ruangannya pun akan dipenuhi dengan berbagai macam poster parpol juga para politikusnya, terutama ketika akan terjadi pemilihan anggota kabinet.


Diwaniyah Tipe Umum

Diwaniyah tipe ini akan terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung ke dalamnya.

Diwaniyah ini akan dipesan oleh kelompok tertentu untuk nongkrong sambil main kartu (Janjifa), merokok khas Arab Shisha (Hookah) atau menonton pertandingan olahraga di TV bersama-sama.

Restoran tradisional yang memberi fasilitas diwaniyah ini banyak sekali ditemukan di Kuwait. Yang pastinya akan di dilengkapi dengan Shisha serta masakan-masakan ala Kuwait.



Seperti itu lah budaya nongkrong/kumpul-kumpul di Kuwait, jadi pas kita kesana udh gak heran lagi/bingung kapan waktunya ngajak nongkrong.

Sumber
goeltom25338186
sutanjuga
ik54n54
ik54n54 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.1K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.