• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Insecure? Coba Jawab Pertanyaan Ini dan Jelaskan Mengapa Kamu Masih Insecure

digitalbox344Avatar border
TS
digitalbox344
Insecure? Coba Jawab Pertanyaan Ini dan Jelaskan Mengapa Kamu Masih Insecure
Situasi ketika seseorang merasa tidak aman dapat disebut juga dengan insecure. Menurut Atika Dian Ariana, dosen Fakultas Psikologi UNAIR, insecure merupakan rasa tidak aman, tidak mampu, tidak yakin terhadap kemampuan diri sendiri sehingga memicu ketakutan, kecemasan, atau emosi negatif sejenis.

Perasaan insecure yang kamu rasakan akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan yang kamu jalani sehari-hari, oleh karena itu dari pada terus merasa insecure, coba pikirkan pertanyaan-pertanyaan ini dan alasan kenapa kamu masih merasa insecure.



1. Apa Yang Menjadi Kelemahanmu?
Belajarlah untuk bisa menerima kelemahan atau kekurangan dirimu karena jika kamu bisa menerima kekurangan yang ada maka kamu akan dengan mudah menerima kelebihanmu, dan sebaliknya jika kamu hanya berfokus pada mengapa kamu tidak bisa melakukan satu hal saat orang-orang di sekitarmu bisa melakukannya maka kelebihan yang kamu punya akan tertutup dan tidak terlihat.

2. Siapa Orang Yang Ingin Kamu Dengarkan?
Pasti ada banyak orang yang mengomentari hidupmu, entah itu memberi semangat, saran, kritik atau bahkan ada juga orang yang berusaha menjatuhkanmu. Kamu tidak perlu mendengarkan semua perkataan yang ditujukan untukmu, dengarkanlah apa yang hanya ingin kamu dengarkan dan abaikan sisanya yang menurutmu negatif dan akan mematahkan semangatmu.

3. Apa Yang Bisa Kamu Ikhlaskan?
Kehidupan yang kita semua jalani pasti ada saat-saat di mana situasi menjadi seperti yang tidak diharapkan. Untuk membebaskan perasaan insecure yang kamu rasakan akibat perkataan buruk orang lain, cobalah untuk belajar mengikhlaskan. Mulailah lembaran baru dalam hidup dengan merelakan apa yang sudah berlalu, anggaplah itu sebagai pelajaran yang kamu petik dari kehidupan ini.

4. Beban Apa Yang Sedang Kamu Pikirkan?
Pikirkan apa yang sedang menjadi bebanmu saat ini, dari sekian banyak beban yang kamu pikirkan, masalah mana yang sering terbayang hingga malam hari sampai membuatmu sulit terlelap karena hati yang tidak tenang? Cobalah untuk menyelesaikannya satu persatu sehingga masalah tersebut dapat mengurangi beban pikiran yang selama ini membuatmu insecure.

5. Kehidupan Seperti Apa Yang Ingin Kamu Jalani?
Setaip orang memang memiliki kehidupan yang berbeda-beda, sudahkah kamu memikirkan ingin menjalani hidup yang seperti apa? Hal yang perlu kamu ketahui adalah apa yang cocok dan nyaman bagi orang lain belum tentu sesuai dengan dirimu sendiri, jadi nikmatilah kehidupan yang kamu miliki sekarang dan jangan membandingkannya dengan milik orang lain yang menurutmu lebih nyaman.



Apakah pertanyaan-pertanyaan di atas sudah membuat kamu tersadar dengan apa saja yang membuat dirimu insecure? Sudahkah kamu lebih mengenal dirimu sendiri?

Percayalah bahwa dirimu itu sama unggulnya dengan orang lain, tidak ada satu hal pun dari dirimu yang pantas untuk kamu sesali karena hal itulah yang sebenarnya menjadi daya tarikmu dan yang membedakan dirimu dengan orang lain.

Jadilah dirimu sendiri dan abaikan standar orang lain, tetap bahagia dan jangan lupa untuk bersyukur hari ini ya!




---
Referensi
[Apa yang Buat Kamu Insecure? Yuk, Jabarkan dan Selesaikan]
cheria021
zerauw
chayoonri001
chayoonri001 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.4K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.