Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Movies
  • Wah, Film Bisu Setan Jawa Tayang Terbatas di YouTube sampai 17 Januari

jahemerah01Avatar border
TS
jahemerah01
Wah, Film Bisu Setan Jawa Tayang Terbatas di YouTube sampai 17 Januari


Setan Jawa, film bisu hitam-putih garapan sutradara Garin Nugroho  ditayangkan secara terbatas di YouTube The Japan Foundation Asia Center hingga 17 Januari 2022. Video berdurasi 1 jam 22 menit itu merupakan rekaman pertunjukan Setan Jawa di Yurakucho Asahi Hall Tokyo, Jepang pada 2 Juli 2019.

Dalam penayangan filmnya, Setan Jawa ditampilkan bersamaan dengan konser 3D yang dirancang oleh desainer suara Yasuhiro Morinaga. Pertunjukan itu dibuka oleh seniman Gunawan Maryanto yang menjadi vokalis sekaligus pembaca puisi serta mantra-mantra Jawa.

Film bisu ini juga didukung oleh penari-penari Indonesia yaitu Luluk Ari Prasetyo, Heru Purwanto, dan Dorothea Quin, yang akan merespons dan merepresentasikan film serta suara melalui gerakan tari, termasuk penampilan KOM_I, vokalis band Wednesday Campanella dari Jepang.

Setan Jawa sendiri merupakan sebuah film bisu hitam putih yang kental akan mitologi Jawa. Dalam setiap penayangannya, film ini diiringi langsung dengan orkestra gamelan Indonesia karya Rahayu Supanggah yang dimainkan oleh 20 pengrawit (pemusik gamelan).

Melalui film ini, Garin mencoba membangkitkan mitologi Jawa melalui genre horor kontemporer dengan mengambil inspirasi dari film bisu klasik, Nosferatu oleh Friedrich Wilhelm Murnau. Setan Jawa secara dramatis menekankan mistisme dan romantisme dari kisah cinta dan pengorbanan.

Baca : Season Terakhir Mulai Tayang, This is Us Akan Berakhir pada Mei 2022

Dalam praktiknya, pertunjukan ini merupakan sebuah karya yang menggabungkan beragam seni seperti virtual arts, teater, tari, fesyen hingga musik yang saling melengkapi. 

“Menariknya dari tradisi film bisu, Setan Jawa dapat menjadi suatu karya seni yang kemudian dapat lebih dieksplorasi dari musik yang mengiringinya, sehingga menjadi sebuah pertunjukan yang dapat diinterpretasi,” katanya mengutip dari laman Indonesia Kaya, Kamis (6/1/2022).

Setan Jawa sendiri bercerita tentang cinta dan tragedi kemanusiaan dengan latar waktu awal abad ke-20 yang ditandai lahirnya era industri yang menyisakan kemiskinan di tanah Jawa. 

Seiring dengan meluasnya kemiskinan, cara-cara mistik untuk meraih kekayaan pun kian tumbuh subur di masyarakat saat itu, salah satunya Pesugihan Kandang Bubrah. Pesugihan ini adalah suatu cara mistik untuk mendapat kekayaan dari iblis, namun harus membayarnya dengan berubah menjadi tiang penyangga rumah saat ajalnya tiba.

Setan Jawa sendiri ditampilkan pertama kali dalam acara world premiere di Opening Night of Asia Pacific Triennial of Performing Arts di Melbourne pada Februari 2017.

Sumber : https://hypeabis.id/read/9586/film-b...pai-17-januari
Diubah oleh jahemerah01 07-01-2022 06:45
belibeli69
serapionIeo
Cucigosok
Cucigosok dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread18KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.