legend712Avatar border
TS
legend712
Al Naslaa, Batuan yang Terbelah dengan Sempurna


Al Naslaa memang sebuah batu. Namun ia memiliki keunikan dan menjadi salah satu formasi geologis yang paling menarik dalam sejarah.

Pasalnya, keunikan batuan besar yang ada di Oasis Tayma Arab Saudi ini adalah belahan yang membelah batu ini menjadi dua.  Dengan garis lurus yang nyaris sempurna dan presisi.
Celah hasil belahan tersebut benar-benar menghasilkan garis tegak lurus bagai potongan. Tanpa ada tonjolan asimetris bak belahan batu pada umumnya.

Hal unik lainnya, Al Naslaa terlihat seimbang dan kokoh di atas alas yang terlalu kecil jika bandingannya dengan ukuran Al Naslaa yang besar dan berat. Alas tersebut juga sebuah batuan yang terbentuk secara alami.

Bagian depan batunya halus bagaikan di ampelas. Yang tak kalah unik, jika melihat dari dekat, akan terlihat sebuah gambar seseorang dengan kudanya di permukaan Al Naslaa. Hingga kini gambar yang ada pada batuan tersebut masih menjadi misteri bagi para ahli.


Gambar kuda dan orang di Batu Al Naslaa


Mengenai sejarahnya, formasi Al Naslaa memang telah ada sejak zaman kuno, dan tentunya ia membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menghasilkan bentuk seperti itu.

Para ahli memang bingung, namun mereka berasumsi bahwa belahan vertikal yang nyaris sempurna itu adalah hasil dari fenomena alam. Seperti hasil dari pasir yang tertiup angin hingga hujan. Belahan batu yang halus itu juga memiliki sebab alami, ia muncul akibat pergerakan tektonik.

Namun ada ilmuwan lain yang berpendapat bahwa belahan Al Naslaa ini karena pergeseran tanah hingga menyebabkan batu terbelah. Dan ada yang mengatakan bahwa Al Naslaa adalah tanggul gunung berapi dari beberapa mineral yang mengeras.

Meski banyak teori dari para ahli yang masuk akal, namun ada pula segelintir orang yang berspekulasi bahwa batu tersebut adalah hasil karya alien. Dan ada pula yang mengatakan ia adalah hasil karya peradaban kuno.

Dan mengenai spekulasi seputar gambar misterius yang ada di permukaan batu, dulunya wilayah Oasis Tayma pernah menjadi tempat tinggal bagi banyak orang. Baik pedagang hingga keluarga Kerajaan Babilonia.

Di masa-masa kehidupan itulah mereka berinteraksi menggunakan media dengan berbagai cara. Dari sinilah para ahli berasumsi bahwa gambar yang ada di permukaan batu merupakan hasil karya masyarakat di zaman kuno, sebagai media komunikasi.

Hingga kini, sejarah Al Naslaa belum dapat dipastikan secara pasti. Sebagai informasi, batuan menawan yang memiliki tinggi sekitar 6 meter dan lebar 9 meter ini diperkirakan telah berusia 4.000 tahun.

Sumber Disini gan !!
hengkidermawan
emineminna
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
9.1K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.