cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengenang 5 Nokia QWERTY Terpopuler Ketika Masa Kejayaan Blackberry Wannabe


Blackberry memutuskan untuk menyuntik mati perangkat lawas mereka pada 4 Januari 2022 yang lalu. OS itu memang sudah cukup usang setelah pada 2013 yang lalu mengalami kejatuhan karena tak mampu bersaing. Padahal di masa jayanya, vendor asal Kanada ini telah mempengaruhi banyak hal dalam teknologi mobile phone. Salah satunya adalah desain qwerty yang sempat booming pada era akhir 2000an.

Bahkan, Nokia yang saat itu masih menjadi raja lebih memilih meniru desain Blackberry ketimbang membuat desain yang lain. Nokia juga sempat mengeluarkan seri berdesain qwerty baik itu untuk smartphone maupun feature phone biasa.

Nah, berikut ini adalah sejumlah seri Nokia yang dulu sempat digemari anak muda karena desainnya yang mirip Blackberry.

1. Nokia C3



Diluncurkan pada 2010, Nokia C3 memiliki desain trendi dan juga fitur yang cukup mumpuni di zamannya. Meskipun bukan smartphone, tapi Nokia C3 sudah dilengkapi beberapa aplikasi sosial media berbasis Java seperti Facebook yang saat itu sedang dalam masa awal kejayaannya. Dulu Nokia yang satu ini juga bisa Whatsapp.

2. Nokia E63



Kalau yang satu ini sudah bisa disebut smartphone dan menggunakan OS Symbian khas Nokia. Diluncurkan pada 2008, Nokia E63 sudah mendukung jaringan 3G dan kamera depan sehingga bisa digunakan untuk video call. Tentu saja video call zaman itu cukup mahal harganya, tidak murah seperti sekarang.

3. Nokia X2-01



Produk Nokia ini diluncurkan pada 2010 untuk kalangan menengah ke bawah, makannya jaringannya pun masih belum mendukung 3G. Namun sudah berbasis Java sehingga bisa memainkan berbagai games Java yang jumlahnya cukup banyak. Karena saat itu ponsel qwerty tengah digandrungi, hp ini pun cukup laris di pasaran.

4. Nokia E72



Dulu, punya Nokia E72 saja sudah bergaya seperti sultan. Maklum, hp ini adalah smartphone dengan OS Symbian yang sudah 3 dan speknya cukup mumpuni untuk masanya. Dulu hp ini ditujukan untuk segmen mid range, mungkin kalau sekarang setara dengan Realme 8 atau Poco seri X.

5. Nokia Asha Series



Di akhir masa jayanya, Nokia juga sempat sempat meluncurkan berbagai feature phone sederhana yang menyasar para anak muda yaitu Nokia Asha. Meski ada yang layar sentuh, tapi yang paling digemari adalah yang qwerty yang ada beberapa model berbeda dan variasi harga. Lagi-lagi Nokia unggul dalam segi desain untuk seri yang satu ini. Nokia Asha dirilis saat Android mulai bergeliat dan berperang dengan iOS. Seri Asha jadi seri terakhir Nokia sebelum kejatuhannya dari singgasana dan ditendang oleh Samsung.



Nah, gan. Ayo tunjukan Nokia qwerty yang mana yang pernah agan punya? emoticon-Big Grin

Quote:
zerauw
jhon.artng24
iblast867583
iblast867583 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
16.6K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.